Foto: Rumah123/realestate.com.au

Rumah tua, apa yang ada di benakmu mendengar dua kata itu? Ada perasaan ga enak bukan? Kalau bukan berkesan suram, ya serem alias horor. Apalagi kalau kamu baru saja nonton film Pengabdi Setan yang baru dirilis sudah menjaring setengah juta penonton itu.

Seperti halnya rumah baru, rumah tua pun sebenarnya merupakan instrumen investasi yang bisa berimbal hasil tinggi. Bagi kamu yang mau memulai berbisnis properti, rumah tua pun tak kalah menguntungkannya lho.

Baca juga: Belajar dari Pengabdi Setan, Pintu Rumah Lebih dari Satu, Perlu Gak Sih?

Kamu bisa mengotak-atik rumah tua agar ga horor seperti di rumah Pengabdi Setan. Langkah pertama, tentunya mencatat bagian mana saja yang perlu perbaikan atau renovasi. Harga beli rumah dan biaya renovasi merupakan komponen modal awal yang bisa kamu perhitungkan nanti saat menjualnya.

Yang ga boleh kamu lupa saat ingin membeli rumah tua adalah letaknya bukan lokasi rawan banjir. Udah rumahnya tua, kalau banjir mulu ya hororlah pastinya! Jangan lupakan pula untuk memeriksa legalitas rumah tua tersebut. Kalau sedang diperebutkan anak-cucu atau keturunan si empunya rumah ya kudu waspada. Namanya juga rumah tua, mungkin banyak ahli warisnya.

Kamu wajib cek keberadaan Surat Hak Milik (SHM), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), juga tanahnya tentunya. Pastikan bahwa rumah tua tersebut tidak akan menjadi obyek sengketa di kemudian hari.

Baca juga: Ruangan Ini Bukan Tempat Setan!

Jangan lupakan juga penampakan dari rumah tua itu. Kalau warna catnya sudah memudar atu warnanya cenderung horor, kamu bisa mengecatnya kembali dengan warna cerah semisal putih  atau krem. Tampilan rumah yang berwarna cerah sudah pasti jauh dari kesan horor rumah Pengabdi Setan.

Pada akhirnya penampilan rumah tuamu itu akan berpengaruh pada harga jualnya. Semakin menarik tampilan rumah, semakin tinggi pula harganya. Kalau perlu, kamu tambahkan elemen atau ornamen interior yang ga horor. Semisal lampu gantung atau hiasan lain di rumah tua itu yang tampak jadul kamu ganti dengan yang bergaya modern dan kontemporer. Nah, kini tampilan rumah tuamu tak seseram rumah Pengabdi Setan.

Bagikan: 890 kali