Modern home office interior. 3d render. Pictures in frames was painted by me in photoshop.

Ruang tempat bekerja sedikit banyak akan memengaruhi kinerja kerja Anda. Ruang kerja yang nyaman dapat membuat Anda lebih produktif ketika bekerja. Dengan mendesain ruangan kerja secara tepat, bekerja di rumah akan terasa nyaman tanpa harus mengganggu dan terganggu dengan anggota keluarga lainnya.

Bagi Anda yang bekerja dari rumah, inilah tips dari kumpulan.info untuk membuat ruang kerja Anda lebih nyaman.

Letak 

Anda mungkin bisa bekerja di tempat tidur, ruang keluarga atau bahkan ruang makan. Namun, bekerja pada ruangan-ruangan tersebut akan menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi. Alhasil, pekerjaan Anda mungkin tidak sempurna. Selain itu, hal itu dapat mengganggu anggota keluarga lain yang sedang membutuhkan ruangan tersebut.

Sebaiknya memang Anda punya ruangan khusus untuk bekerja di rumah. Lalu, di manakah letak yang tepat untuk ruang kerja? Menentukan letak ruang kerja ternyata tak sulit. Anda dapat memanfaatkan ruang kosong di bagian rumah Anda yang tidak digunakan atau kamar tidur yang belum digunakan.

Ruangan yang dibutuhkan untuk bekerja tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup untuk meletakkan meja dan kursi. Bahkan area di bawah tangga juga bisa cocok dijadikan ruang kerja yang cukup nyaman. Jika ruangan cukup besar, Anda dapat menambahkan rak dan buku-buku serta berbagai hiasan yang sesuai dengan karakter Anda yang dapat membuat Anda merasa nyaman.

Sirkulasi

Tentunya ruangan kerja harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik jika ruangan memiliki bukaan dan ventilasi yang baik. Jika diperlukan, dapat dipasang penyejuk udara: AC, kipas angin, atau exhaust fan. Pastikan kapasitas penyejuk udara sesuai dengan ukuran ruangan. Kapasitas yang terlalu tinggi untuk ruangan yang kecil dapat membuat suhu terlalu rendah, begitu pula sebaliknya.

Sirkulasi udara pada ruang kerja adalah hal penting agar ruangan nyaman untuk bekerja. Selain sirkulasi udara, penting juga memperhatikan orang yang mengisi ruang kerja tersebut. Jika ada karyawan, pintu masuk ruang kerja sebaiknya berbeda dengan pintu masuk rumah. Ruangan kerja juga sebaiknya dapat diakses langsung dari teras rumah, tanpa perlu masuk dulu ke dalam rumah, sehingga tidak mengganggu penghuni rumah.

Peralatan Kerja

Peralatan kerja yang wajib ada adalah meja dan kursi. Namun, diperlukan juga beberapa penunjang kerja seperti komputer, telepon, buku-buku, rak buku, tempat penyimpanan filing, dekorasi untuk mempercantik ruangan. Peralatan kerja ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan Anda.

Ukuran peralatan kerja harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Jika ruangan tidak terlalu besar, sesuaikan dengan ukuran meja dan kursi yang akan digunakan. Untuk memaksimalkan fungsi peralatan ruang kerja, maka dapat menggunakan perabotan yang didesain sendiri daripada membeli perabotan yang sudah jadi.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan perabotan multifungsi, misalnnya menggunakan kursi tunggu yang dapat menjadi media penyimpanan. Selain menyesuaikan dengan ukuran, pemilihan peralatan kerja harus memenuhi kenyamanan dan keselamatan penggunanya. Misalnya dengan memilih kursi kerja yang tidak terlalu keras, tidak terlalu empuk, dan tidak menyebabkan sakit pinggang.

Ukuran dan bentuk peralatan kerja yang salah dapat menyebabkan ruangan yang terkesan sempit atau mengurangi kenyamanan dalam bekerja.

Peletakan Peralatan Kerja

Posisi untuk meletakkan peralatan kerja berpengaruh dalam menciptakan kenyamanan bekerja dan sirkulasi penghuni ruangan. Rencanakan di mana peralatan akan diletakkan agar tidak mengganggu aktivitas atau sirkulasi orang. Segi kenyamanan juga wajib diperhatikan.

Jangan meletakkan komputer membelakangi jendela, karena akan menyilaukan saat Anda melihat layarnya. Posisi yang paling baik adalah komputer diletakkan di samping jendela.

(Wit)

Baca juga: Nyaman Bekerja di Rumah

Bagikan: 1691 kali