Jalan Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Telah Menyiapkan 71 Rest Area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Sepanjang Jalan Tol Trans Jawa. Bagi Kamu yang Mudik Lebaran Jangan Lupa Untuk Memanfaatkannya (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal menyiapkan 71 rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di sepanjang jalan Tol Trans Jawa. Bagi kamu yang berencana mudik lebaran dan balik pada Lebaran 2019, cari tahu di mana lokasinya agar perjalanan kamu semakin lancar.

Sebanyak 71 rest area atau TIP ini terbagi pada dua jalur. Ada 35 TIP di jalur A yaitu Jakarta-Jawa Timur, sementara ada 36 rest area pada jalur B yaitu Jawa Timur-Jakarta.

Situs Tirto.id mengutip pernyataan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit menyatakan bahwa jarak rest area di jalur A sekitar 20 kilometer, sementara jarak TIP di jalur B sekitar 23 kilometer.

Baca juga: Sistem Mana Yang Dipakai di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran: Ganjil Genap Atau One Way?

Jarak TIP terjauh ada ruas jalan tol Kertosono-Mojokerto sepanjang 52 kilometer. Danang menyatakan kalau pemudik harus memerhatikan hal ini lantaran menyangkut persiapan bahan bakar atau BBM dan juga bekal makanan dan minuman.

Sepanjang jalan Tol Trans Jawa dari Merak, Banten hingga Probolinggo, Jawa Timur tersedia 55 Tempat Istirahat dan Pelayanan. Rest area ini terbagi menjadi dua tipe yaitu A dan B.

Ada 30 rest area tipe A dan 25 tipe B. Tempat Istirahat dan Pelayanan Tipe B memiliki fasilitas ATM Center (anjungan tunai mandiri) termasuk untuk pengisian ulang kartu tol elektronik atau e-toll, kamar kecil atau toilet, warung, minimarket, musala, restoran, ruang terbuka hijau, dan sarana parkir.

Baca juga: Kereta Bandara Yogyakarta Sudah Beroperasi, Buat yang Mudik Jangan Lupa Naik

Sedangkan untuk tipe A, ada tambahan fasilitas lainnya. Fasilitas ini adalah klinik kesehatan, bengkel, dan juga SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum).

Bagi kamu yang berencana melakukan perjalanan mudik dan balik pada Lebaran 2019 ini, pastikan kamu melakukan banyak persiapan. Salah satunya mengetahui di mana saja rest area atau TIP.

Jadi kamu bisa memperkirakan di mana mengisi bahan bakar, menambah saldo e-toll, membeli makanan dan minuman, beristirahat salat, dan lainnya.

Baca juga: Tidak Usah Khawatir Ya, PT KAI Tambah Kereta Untuk Mudik Lebaran 2019

Jangan memaksakan diri saat mengemudi. Biasakan untuk berhenti di Tempat Istirahat dan Pelayanan untuk salat dan kemudian beristirahat.

Selama bulan Ramadan 2019 ini, situs properti Rumah123.com menyajikan sejumlah artikel menarik dan informatif terkait puasa dan mudik Lebaran.

Bagikan: 1395 kali