Tulisan I amsterdam Dicopot Karena Terlalu Menarik Perhatian Turis (Foto: Rumah123/Dezeen)

Kalimat I amsterdam yang berada di luar Rijkmuseum, Amsterdam, Belanda akhirnya dicopot. Kalimat dituding jadi cara mempromosikan turisme massal dan jadi ajang selfie.

I amsterdam menjadi salah satu tempat selfie paling keren di ibu kota Belanda. Ikon dengan warna merah dan putih itu dicopot oleh pemerintah Kerajaan Belanda. Pemerintah berharap setelah pencopotan ini, jumlah turis di kawasan ini berkurang.

Sebelumnya, ada petisi dari anggota dewan kota Femke Roosma. Dia menyatakan terlalu banyak orang di kawasan ini dan tanda I amsterdam memberikan pesan yang salah mengenai nilai kota.

Baca juga: Bangunan Casa Vicens Beneran Instagramable Lho!

Kalimat ini pertama kali dipasang pada 2004. Tujuannya sebagai bagian dari kampanye pemasaran oleh biro komunikasi KesselsKramer. Awalnya, mereka “merayakan warga Amsterdam dengan segala keberagaman”.

I amsterdam memang ikonik. Media Inggris, Telegraph melansir kalau ada 6.000 selfie dilakukan setiap hari di depan kalimat ini.

Banyak yang mengkritik kalau orang-orang lebih suka berselfie di luar ketimbang masuk ke museum untuk memberikan apresiasi terhadap karya seni.

Baca juga:  Dubai Frame Selesai Dibangun, UEA Punya Ikon Baru yang Instagramable

Namun, banyak juga kecewa dan protes setelah ikon itu dihilangkan. Mereka mengunggah foto dan berkampanye lewat hashtag #IAmsterdam. Mereka yang protes tentunya yang punya foto selfie.

Kalimat I amsterdam ini akan disimpan untuk direnovasi. Sebenarnya, ada kalimat sama dengan ukuran berbeda yang ditempatkan di bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda.

Hmm, kalau di Indonesia malah berbeda ya. Banyak kalimat atau kata yang menunjukkan tempat dipasang terutama di destinasi wisata. Buat yang sering traveling pasti tahu.

Baca juga:  Procida, Kota Warna di Italia. Instagramable Banget!

Bagikan: 516 kali