Pohon buah- Rumah123.com Biro Arsitek Vietnam, Vo Trong Nghia Architects Mendesain Rumah yang Unik. Ada 28 Pohon Buah di Atas Atap, Sementara Dinding Memakai Material Tanah yang Dipadatkan (Foto: Rumah123/Dezeen)

Rumah ini memiliki sejumlah fitur unik yaitu memiliki pohon buah di atap rumah dan juga mempunyai dinding dari material tanah yang dipadatkan. Seperti apa kisah hunian unik ini?

Biro arsitek asal Vietnam, Vo Trong Nghia Architects mendesain rumah ini. Hunian tersebut berada di kawasan Dong Anh, Hanoi, Vietnam.

Lokasi rumah ini berada di sebuah kawasan privat yang berisi restoran dan sejumlah villa. Lantaran lokasi rumah yang aman dan terpencil, arsitek merancang bangunan dengan taman terbuka dan juga desain interior yang terhubung dan selaras dengan area luar ruang di sekitarnya.

Baca juga: Desain Rumah yang Merespon Angin, Matahari, dan Pohon

Pohon buah- Rumah123.com Hunian Ini Memiliki Enam Kamar Tidur, Dua Kamar Tidur Berada di Lantai Dua. Pemilik Memiliki Keluarga Besar (Foto: Rumah123/Dezeen)

Hunian ini terdiri dari dua bagian yang saling terhubung. Atapnya didesain untuk mengatasi musim hujan dengan intensitas curah hujan yang tinggi.

Salah satu bagian rumah bertingkat dua. Hunian ini memiliki enam kamar tidur, enam kamar mandi, satu kamar di antaranya untuk asisten rumah tangga. Kebetulan, pemiliki rumah ini memiliki anggota keluarga yang banyak.

Fasilitas lainnya di rumah ini adalah dapur, ruang makan, ruang duduk, taman di dalam rumah, dan ruang penyimpanan. Ruang duduk dan ruang makan menyatu dalam konsep open space.

Baca juga: Ternyata, Rumah Pohon Paling Instagramable Itu Ada di Bali Lho

Pohon buah- Rumah123.com Arsitek Menempatkan 28 Kotak Berisi Pohon Buah di Atas Atap. Selain Itu, Ada Pepohonan di Sekitar Rumah Sehingga Hunian Menyatu dengan Lingkungan Sekitar (Foto: Rumah123/Dezeen)

Beranda dan Pohon Buah di Atap

Lantai dua rumah ini tidak hanya berisi kamar tidur, kamar mandi, dan ruang duduk, melainkan juga beranda. Selain itu, ada juga sejumlah tempat berbentuk kotak yang berisi pohon buah.

Arsitek mendesain 28 kotak serupa. Keberadaan pohon buah ini ditujukan agar taman bisa menyatu dengan suasana sekitarnya yang penuh dengan pepohona.

“Jumlah pohon buah yang ada di atap, juga pohon di taman terbuka sekitar rumah, ini menjadikan betapa pentingnya lingkungan yang hijau, keren, dan ramah bagi orang,” ujar Vo Trong Nghia Architects seperti dikutip oleh situs desain Dezeen.

Vo Trong Nghia Architects memang dikenal sebagai biro arsitek yang mendesain rumah dengan pohon. Firma ini memang berinisiatif untuk membantu memperkenalkan kembali ruang hijau di kawasan padat penduduk di Vietnam.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 7 Alasan Ga Beli Hunian dengan Halaman Penuh Pohon

Pohon buah- Rumah123.com Vo Trong Nghia Architects Menggunakan Material Tanah yang Dipadatkan. Teknik Ini Masih Digunakan di Vietnam Dalam Membangun Rumah Tradisional (Foto: Rumah123/Dezeen)

Dinding Dibuat dari Material Tanah yang Dipadatkan

Dinding rumah ini memang tebal. Mau tahu berapa tebalnya? 35 cm (centimeter). Kebetulan material yang digunakan adalah tanah yang dipadatkan. Teknik memadatkan tanah merupakan proses tradisional yang biasanya digunakan saat membangun rumah di kawasan Barat Laut Vietnam.

Proses ini memang tidak mudah. Tanah dipadatkan sehingga menjadi dinding yang kuat. Keunggulan material ini untuk tembok rumah adalah rumah tetap hangat saat musim hujan dan sebaliknya, tetap dingin ketika musim kemarau.

Vo Trong Nghia Architects mendesain tembok yang tebal ini agar bisa menopang rumah yang memiliki dua lantai. Arsitek mengambil beragam jenis tanah dari sejumlah tempat berbeda yang berjarak 30 km dari rumah.

Lapisan tanah ini kemudian disaring, dibentuk seperti bubuk, dan dicampur dengan semen dan sejumlah zat lainnya. Setelah itu, seluruh material ini dipadatkan. Material tanah padat ini mempunyai pola unik yang bisa dilihat baik dari dalam atau pun dari luar rumah.

“Tujuan penggunaan material ini adalah ingin mempromosikan keunggulan dan membatasi kekurangan dinding dari material tanah yang dipadatkan, tentunya dengan memanfaatkan teknologi modern dan mesin,” kata Vo Trong Nghia Architects.

Baca juga: Desain Rumah Pohon Modular Ini Mirip Karakter Animasi Minions

Pohon buah- Rumah123.com Dinding Rumah Memiliki Ketebalan Hingga 35 Cm. Tekstur Tanah yang Dipadatkan Bisa Terlihat Dari Luar Dan Dalam Rumah (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 2168 kali