Ilustrasi Jaringan Listrik (Foto: Rumah123/News.com.au)

Dalam satu pekan terakhir, ada dua orang yang meninggal dunia akibat tersetrum listrik. Kamu nggak boleh lupa untuk memeriksa jaringan listrik di rumah kamu ya. Pastikan yang memeriksanya adalah teknisi listrik.

Kompas.com melansir bahwa seorang pria bernama Aliman (34) meninggal tersetrum listrik di sebuah rumah di Kampung Kranggan, Jatisampurna, Pondok Gede, Bekasi pada Selasa (05/03/2019). Saat itu, Aliman yang merupakan teknisi air conditioner sedang memasang AC bersama rekannya Sodik (30).

Ketika memasang AC, korban tidak mematikan arus listrik di rumah tersebut. Setelah berada di dalam loteng selama 20 menit, korban tidak turun. Rekannya memeriksa ke loteng dan menemukan korban telah meninggal dengan memegang besi.

Baca juga: Mitsubishi Pasarkan Piranti Listrik Pintar untuk Mobil dan Rumah, Katanya Bisa Irit Duit Lho

Rekan korban langsung meminta bantuan pemilik rumah dan warga sekitar untuk menurunkan korban dari loteng. Warga juga melaporkan kejadian kepada pihak kepolisian.

Pada hari yang sama, Rafly tewas tersetrum setelah tidak sengaja memegang pagar rumah di depan sekolahnya yang ternyata teraliri listrik. Rafly merupakan siswa SMP At-Taufiq, Semper Timur, Jakarta Utara.

Sementara itu, dua orang terluka yaitu Heru dan Cheffi. Heru adalah teman sekolah Rafly, sedangkan Cheffi adalah guru korban.

Baca juga: Awas, Kebakaran Karena Korsleting Listrik, Rutin Periksa Jaringan Listrik Ya

Pihak kepolisian menduga aliran listrik berasal dari lampu penerangan yang dililitkan ke pagar rumah. Lampu penerangan diambil dari tiang listrik.

Nah, ini peringatan buat kamu ya. Cek selalu jaringan listrik secara berkala. Kamu bisa menggunakan jasa teknisi listrik.

Teknisi listrik harus memeriksa jaringan listrik di seluruh bagian rumah. Jangan sampai ada insiden serupa terjadi di rumah kamu ya gaes.

Baca juga: Rumah Ketua DPR Terbakar, Penyebab Diduga Korsleting Listrik

Bagikan: 1520 kali