Friends Happiness Enjoying Dinning Eating Concept Ilustrasi: Rumah123/iStock

Di Indonesia, acara buka puasa di rumah sudah menjadi tradisi. Biasanya acara ini diadakan oleh keluarga, teman-teman, atau kolega dan rekan kerja.

Tak jarang acara ini menjadi ajang temu kangen dan silaturahim bagi mereka yang sudah lama tidak berjumpa.

Maraknya acara buka puasa bersama membuat berbagai tempat makan menjadi padat. Solusinya adalah mengadakan acara berbuka puasa di rumah.

Saat kamu ditunjuk sebagai tuan rumah acara ini, apa sajakah yang harus kamu lakukan?

Pertama tentunya rapikan rumah. Setidaknya sapu, pel, dan bersihkan debu di rumah dengan vacuum cleaner. Jika kamu memiliki cadangan, kamu dapat mengganti gorden dan sarung bantal pada sofa dengan yang baru dicuci.

Rumah yang nyaman tentunya akan membuat tamumu nyaman, sebaliknya, rumah yang berantakan akan memberikan kesan yang tidak menyenangkan di benak tamumu.

Baca juga: Ngabuburit di Rumah, Bisa Ngapain Ya?

Pikirkan pula masakan apa yang akan kamu hidangkan pada para tamu. Apakah kamu akan memasaknya atau membelinya. Jika kamu memilih untuk memasaknya, ada baiknya kamu membersihkan dapurmu setelah usai memasak.

Pel lantai dapurmu dan lap sisa minyak bekas memasak di sekitar kompormu. Bila perlu, semprotkan pengharum ruangan agar tidak ada bau bekas memasak tersisa.

Jika peserta acara buka puasa di rumahmu cukup banyak, tak ada salahnya memanfaatkan teras rumah. Pastikan kamu telah memangkas rumput yang sudah tinggi dan terlihat tak terawat pada teras rumahmu demi kenyamanan tamumu.

Dengan kiat-kiat tersebur, aktivitas berbuka puasa di rumahmu pun akan jadi lebih nyaman dan menyenangkan. (Wit)

Bagikan: 1639 kali