Seluruh Rangkaian Kereta MRT Telah Berada di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Foto: Rumah123/Jhony Hutapea)

Seluruh rangkaian kereta MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu) sudah berada di depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Secara keseluruhan ada 96 unit kereta atau gerbong.

MRT memiliki 16 rangkaian kereta. Setiap rangkaian terdiri dari 6 unit kereta. Semuanya sudah dikirimkan melalui pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dan kemudian ditempatkan di depo.

Metrotvnews melansir bahwa kereta ini diproduksi oleh Nippon Sharyo yang masuk dalam konsorsium Sumitomo Corporation, pemenang lelang pembuatan kereta. Nippon Sharyo berdiri sejak 1896.

Baca juga: MRT Jakarta Diberi Nama Ratangga, Artinya Apa Sih

Nippon Sharyo dikenal sebagai produsen kereta ekspres seperti Shinkansen, kereta subway (kereta bawah tanah), kereta commuter line, dan juga kereta mass rapid transit.

Dua rangkaian pertama MRT sudah tiba di Jakarta pada April 2018. Lantas, empat rangkaian berikutnya tiba pada Agustus 2018.

Kemudian disusul oleh tiga rangkaian kereta MRT selanjutnya pada Oktober 2018. Pengiriman kereta MRT kembali diterima pada November 2018. Terakhir, empat rangkaian kembali tiba pada Desember 2018.

Baca juga:  Hmm, Kira-kira Berapa Ya Tarif MRT dan LRT

PT MRT yang menjadi pengelola MRT akan melakukan serangkaian uji coba hingga Februari 2019. Uji coba pengoperasian MRT juga mencakup pengujian dan pemeriksaan rangkaian kereta, sinyal, dan juga instalasi listrik.

“Kemudian uji coba saat ini sudah dilakukan yakni uji coba operasi mulai 24 Desember. Pengujian meliputi pemeriksaan listrik, kereta, dan sistem. Semuanya di tes oleh kontraktor hingga Februari,” ujar Direktur utama PT Mass Rapid Transit ( MRT) Jakarta, William P. Sabandar seperti dilansir oleh Kompas.com.

Satu rangkaian MRT diperkirakan mampu mengangkut 1.950 penumpang. Nantinya, jarak antar rangkaian pada jam sibuk hanya lima menit, sementara pada jam tidak sibuk, jarak antar rangkaian adalah sepuluh menit.

Baca juga:  Waduh, 3 Bulan Lagi Beroperasi, MRT Malah Bermasalah Soal Pembebasan Lahan

MRT yang beroperasi merupakan fase pertama dari Lebak Buluk ke Bundaran Hotel Indonesia. Jaraknya sekitar 16 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Wah, jadi nggak sabar untuk bisa naik MRT ya. By the way, mulai dari sekarang cari dong hunian yang dekat dengan akses transportasi umum.

Bagikan: 1245 kali