Foto: Rumah123/Getty
   

Kalau udah punya rumah terus apa? Ya pindah dong ke rumah baru. Acara pindahan bisa jadi momen yang menyenangkan kalau kamu persiapkan dengan baik. Bayangkan! Kamu akan menata ruangan-ruangan di rumahmu sesuai seleramu. Tapi, bukan berarti pindahan itu gak bakal ada kendalanya lho!

Berikut ini apa saja yang harus kamu lakukan agar pindah rumah bisa berjalan lancar dan menyenangkan?

Gak Perlu Belanja Abis-abisan

Karena rumah baru, kamu kan belum tau barang-barang apa aja yang kamu butuhkan. Jadi, gak perlu juga kamu belanja besar-besaran, apalagi kalau sampe ngabisin bujet besar. Pelan-pelan aja saat mengisi rumah baru dengan perabotan.

Pelan-pelan baru kamu akan tahu benda apa ajakah yang benar-benar kamu butuhkan untuk rumah barumu. Semisal setelah beberap alama ternyata kamu lebih membutuhkan perlengkapan dapur ketimbang perlengkapan mandi.

Baca juga: Tips Pindah Rumah: Ga Perlu Stres Saat Pindahan

Utamakan Kamar Tidur

Kamar tidur sangat penting. Itu tempatmu untuk melepas lelah setelah seharian bekerja. Perhatikan barang-barang apa aja yang akan kamu tempatkan di runagan ini. Pikirkan juga warna cat dindingnya yang nyaman buat kamu.

Tak Harus Beli Satu Set Furnitur

Meskipun harga yang ditawarkan miring, kamu gak harus beli satu set furnitur untuk mengisi rumah barumu. Belilah barang yang kamu butuhkan saja. Belilah barang baru kalau kamu benar-benar membutuhkannya. Selektif terhadap barang akan menghindarkanmu dari menumpuk barang-barang yang gak dipakai.

Lakukan Sendiri

Lakukan sendiri kegiatan beres-beres rumah dan menaruh kembali barang-barangmu di rumah baru. Cicil sedikit demi sedikit barang yang akan kamu pindahkan dari rumah lama ke rumah baru mulai 2 hingga 4 minggu sebelum Hari H. Kalau kamu gak punya banyak waktu untuk melakukan semuanya sendiri, jangan sungkan-sungkan minta bantuan orang lain. bantumu.

Baca juga: Pindahan ke Rumah Baru Gak Pake Repot

Garage Sale

Pada saat beres-beres rumah, kamu mungkin akan menemukan barang-barang lama yang sudah tak lagi kamu butuhkan. Eits, jangan langsung di buang, jual saja. Bikin aja garage sale di rumah lamamu untuk menjual barang-barang yang akan kamu pakai lagi. Uang yang terkumpul dari acara ini lumayan untuk nambahin biaya pindaganmu ke rumah baru.

Mengepak Barang-barang di Rumah Lama

Bukan sekadar mengepak barang-barang nih, tapi sambil juga menyortir mana barang yang harus dibawa dan mana yang harus ditinggalkan. Kalau barang-barang kamu banyak banget dang a juga bakla digunakan di rumah baru, ya buka garage sale aja atau menjualnya secara online.

Efektif Mengemas Barang

Mengepak barang bisa kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum Hari H kepindahan. Saat mengepak barang, kamu bisa saja punya waktu lebih banyak untuk memilah dan memisahkannya. Kamu juga tak harus tergesa-gesa saat melakukannya, bukan?

Pisahkan barang-barang dari yang besar sampai pernak-pernik kecil, pecah-belah, buku-buku, dan yang lainnya. Jika ada barang usang yang sekiranya tak lagi bermanfaat, sebaiknya kamu buang saja.

Baca juga: Punya Nyali Buat Pindah ke Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia?

Tips Mengepak Barang

Pertama, siapkan tali pengikat, lakban, busa, serpihan koran bekas dan kardus berbagai ukuran.

Kedua, lakukan pemilahan barang-barang menjadi tiga bagian, yakni yang akan dibawa, dibuang atau didonasikan, dan yang dapat dijual untuk garage sale. Pemilahan barang sebaiknya dilakukan seminggu sebelum pindah rumah.

Ketiga, barang dengan ukuran besar, seperti lemari, sofa dan tempat tidur, dapat dipindahkan lebih dahulu.

Keempat., selum dimasukkan ke dalam kardus, barang elektronik dan pecah belah dibungkus dengan lapisan busa dan serpihan koran bekas untuk menjaga keutuhannya.

Kelima, semua barang yang sudah dipak, diberi lakban, diikat erat, dan diberi label jenis barang.

Keenam, Pilih jasa transportasi yang sudah terbiasa untuk membantu proses pindah rumah, sehingga keamanan barang tetap terjaga.

Baca juga: Ga Susah Kok Buat Beradaptasi Kalau Pindah Rumah

Gak Perlu Sewa Mobil

Apabila kamu memiliki mobil pribadi, sebaiknya jangan sewa mobil untuk pindah. Angkut satu per satu barangmu dan gunakan mobil pribadi sebagai transportasi pindahanmu. Bila kapasitas mobil tidak mencukupi untuk mengangkut seluruh barangmu pada satu kali jalan, kamu bisa mengangkutnya beberapa kali. Kedengarannya memang lebih ribet. Tapi, jelas lebih murah kan?

Bagikan: 961 kali