Selain membersihkan gigi, ada segudang manfaat pasta gigi yang lain - Rumah123.com Selain membersihkan gigi, ada segudang manfaat pasta gigi yang lain - Rumah123.com

Hampir tak ada orang di dunia ini yang tak membutuhkan pasta gigi di kehidupan sehari-harinya. Pasta gigi berfungsi untuk membersihkan, memutihkan, mencerahkan, area gigi dan lidahmu. Tapi, tahukah kamu bahwa pasta gigi memiliki segudang manfaat lain? Mulai dari membersihkan area rumah, hingga untuk kecantikan, siap-siap kaget dengan 9 manfaat pasta gigi yang jarang kamu ketahui berikut ini!

1. Menyelamatkan CD, DVD, dan piringan hitam yang tergores

Walaupun segalanya sudah serba digital, konsep nostalgia semakin digandrungi banyak orang. Gak menutup kemungkinan, kamu mulai membongkar kembali koleksi CD, DVD, dan piringan hitam lamamu untuk mengulang kembali memori indah masa kecilmu. Apabila koleksimu mulai tergores, gak perlu sedih dan panik karena takut benda tersebut memiliki banyak goresan sehingga tak bisa berfungsi kembali. Oleskan pasta gigi pada bagian yang tergores, niscaya goresan tersebut akan memudar!

2.  Mengembalikan warna putih pada sepatu yang kotor

Sepatu putih memang bisa kamu mix & match dengan berbagai outfit. Tapi jika digunakan untuk kegiatan sehari-hari, dapat dipastikan sepatumu akan cepat kotor. Apalagi di musim hujan seperti belakangan ini. Jika kamu gak mau keluar uang tambahan untuk memutihkan kembali sepatumu, kamu bisa kok memanfaatkan pasta gigi untuk membersihkannya kembali. Cukup oleskan pasta gigi ke area kotor menggunakan kain, dan voila! Warna putih sepatumu akan kembali seperti semula.

Baca juga: Aneh Sih, Tapi 5 Cara Ini Bisa Bikin Panci & Wajan Bersih Seperti Baru

3.  Menghilangkan bau pada wastafel

Apakah kamu menyikat gigi di wastafel? Jika pasta gigi jatuh ke wastafel, jangan langsung menyiramnya! Ambil spons dan gosok ke arah wastafel. Bahan pasta gigi yang abrasif bertindak seperti pembersih kamar mandi, sehingga bisa menghilangkan bau tak sedap dari wastafel.

4. Membuat perhiasan perak dan berlian berkilau

Hampir semua toko perhiasan menyediakan jasa untuk membuat perhiasan berkilau. Tentu saja, butuh uang tambahan untuk menggunakan jasa ini. Padahal, kamu cukup menggunakan sedikit pasta yang ditaruh di atas sikat gigi bekas untuk membersihkan perhiasan perak dan berlian. Bilas dan lap dengan kain hingga bersih selesai disikat, perhiasanmu pun akan kelihatan mewahnya!

Baca juga: 6 Titik Paling Kotor di Rumah Ini Justru Sering Dilupakan!

5.  Menghilangkan lecet pada sepatu dan jam tangan

Pasta gigi memang sangat ampuh untuk menghilangkan lecet. Selain pada CD atau piringan hitam, kamu juga bisa menghilangkan lecet pada sepatu dan jam tangan dengan menggunakan pasta gigi. Caranya pun sama, cukup oleskan sedikit pasta gigi dan lap menggunakan kain bersih. 

6.  Menghilangkan lengket pada setrika

Apakah setrika milikmu sering lengket, tak lagi mulus dan bersih? Hal ini tak hanya menghambat kinerja setrika untuk merapikan  pakaian, melainkan juga bisa meninggalkan noda pada pakaian. Lantaran sifatnya yang abrasif, kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan lengket pada setrika. 

7. Mencegah munculnya kabut pada kacamata renang

Hobi renang atau menyelam? Kacamata renang yang berembun bisa membuat penglihatan di bawah air terganggu. Untuk menghindari hal ini terjadi, coba oleskan pasta gigi pada kacamatamu, dan dijamin setelahnya tak akan ada kabut yang menempel di sana!

8.  Menghapus spidol permanen

Punya anak yang sedang aktif-aktifnya menulis atau menggambar di dinding? Pasti kamu akan panik ketika mereka ternyata menggunakan spidol permanen untuk menyalurkan hobinya. Tapi hal tersebut tak akan jadi masalah lagi karena ternyata, pasta gigi bisa menjadi solusi untuk ini. Cukup gosokkan pasta gigi putih ke area yang terkena spidol permanen. Gosok menggunakan kain lap bekas hingga noda hilang.

9.  Menghapus cat kuku

Tak sempat membeli aseton untuk menghapus cat kuku? Manfaatkan saja pasta gigi di kamar mandimu. Oleskan pasta gigi ke kuku yang mau dibersihkan, lalu sikat perlahan. Kukumu pun akan kembali bersih.

Bagikan: 1093 kali