rumah di jogjakarta

Investasi di Yogyakarta merupakan salah satu hal yang sangat menarik, mengingat kota gudeg ini menyimpan segudang keunikan.

Selain menjadi kota wisata, ternyata investasi di Yogyakarta kian diminati oleh banyak orang termasuk investasi properti. 

Suasana tenang menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi menarik bagi orang yang ingin menikmati hidup pasca pensiun.

Tak ayal, jika wisatawan domestik maupun mancanegara memiliki minat yang sangat kuat untuk menetap di Yogyakarta.

Lantas, apa saja keuntungan investasi di Yogyakarta sebagai salah satu kota terbaik di Indonesia? Simak pembahasannya bersama-sama!

Berbagai keuntungan Investasi di Yogyakarta untuk jangka panjang 

Ada beberapa pertimbangan penting yang menjadikan investasi di Yogyakarta sebagai magnet jangka panjang.

Kamu pun bisa merencanakan Yogyakarta sebagai tempat untuk menikmati hidup dengan referensi berikut : 

1. Tata kota yang rapi 

kali code yogyakarta

Alasan penting orang memilih untuk berkunjung maupun investasi di Yogyakarta ada pada tata kotanya yang sangat rapi.

Pasalnya, Yogyakarta memiliki kepadatan rata-rata yang lebih rendah sebagai kota besar lainnya seperti Jakarta maupun Surabaya.

Adapun, Yogyakarta dikelilingi oleh RingRoad Utara, Selatan, Timur, dan Barat sebagai penghubung kota ini termasuk ke Jawa Tengah.

2.  Harga properti yang masih terjangkau 

Perlu kamu ketahui, harga properti di Yogyakarta secara umum masih cukup terjangkau sehingga investasi di Yogyakarta masih sangat relevan untuk jangka panjang.

Berdasarkan listing di Rumah123, harga rumah di Yogyakarta cenderung variatif, yakni mulai di bawah Rp500 jutaan dengan luas tanah yang cukup memadai untuk keluarga kecil.

Selain harga properti yang masih terjangkau, rumah-rumah tersebut bisa kamu sewa sebagai homestay maupun rumah tinggal apabila kamu sedang bersinggah di kota ini.

3.  Biaya hidup tergolong murah

kali code yogyakarta Sumber: DetikTravel

Perlu kamu ketahui, Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia dengan biaya hidup yang masih cukup terjangkau.

Di kota ini, kamu bisa menyewa sebuah rumah kos dengan biaya kurang lebih Rp500 ribu dengan fasilitas yang sangat memadai.

Selain biaya hunian yang cukup terjangkau, biaya makan dan lain-lain juga cukup terjangkau, bahkan dengan uang Rp10 ribu saja kamu sudah bisa makan dengan kenyang.

Adapun, UMR wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta 2021 adalah Rp1,765,000, yang masih tergolong rendah jika dibandingkan wilayah lainnya di Pulau Jawa.

4.  Transportasi yang sangat memadai 

Sebagai salah satu kota besar, Yogyakarta juga memiliki sarana transportasi yang sangat memadai dan mempermudah kamu dari titik A ke titik B.

Ada beberapa transportasi yang bisa kamu gunakan secara efektif, mulai dari becak maupun Trans Jogja yang menghubungkan antara Kabupaten Sleman, Bantul maupun Kota Yogyakarta.

5.  Sarana pendidikan yang sangat baik 

universitas di yogyakarta

Selain dikenal sebagai kota wisata, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pendidikan di Indonesia, terlebih kota ini sangat menyenangkan untuk bersekolah.

Terdapat beberapa kampus unggulan yang menjadi destinasi calon mahasiswa, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta maupun UPN Veteran Yogyakarta.

6.  Keramah tamahan penduduk asli Yogyakarta 

Tak hanya nilai investasi jangka panjang, keramah tamahan penduduk lokal juga menjadi faktor penting sebagai pertimbangan investasi di Yogyakarta.

Keramah tamahan penduduk lokal asli Yogyakarta disebabkan karena kota ini memiliki tingkat stress yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan penduduk di kota lainnya.

Hal tersebut menjadikan kota ini sangat ramah, murah senyum dan sederhana, sehingga sangat cocok untuk menikmati waktu setelah masa pensiun.

7.  Kaya akan destinasi wisata 

kali code yogyakarta Sumber: Team Touring

Kota ini tidak pernah sepi dari pengunjung karena kaya akan berbagai destinasi wisata yang sangat menarik.

Tak hanya mengunjungi wisata di perkotaan yang sarat akan makna, kamu juga bisa mengunjungi wilayah pantai maupun pegunungan dengan suasana yang menyenangkan.

Faktor ini menjadikan investasi di Yogyakarta tidak hanya ditujukan untuk rumah tinggal, melainkan juga usaha komersial termasuk industri perhotelan maupun pariwisata.

8.  Fasilitas publik yang nyaman dan berdekatan

Seluruh fasilitas dan ruang publik dirancang dengan sebaik mungkin, sehingga pengunjung dapat bersinggah dengan nyaman.

Bahkan fasilitas umum, termasuk ruang publik seperti pasar tradisional memiliki kualitas yang sangat baik.

9.  Memiliki unsur seni dan budaya tinggi

kali code yogyakarta Sumber: Jatim Times

Sebagai salah satu kota wisata, Yogyakarta dikenal menjunjung nilai seni dan budaya Jawa yang cukup kuat.

Kamu bisa melihat berbagai agenda kesenian maupun kebudayaan yang lekat dengan unsur Yogyakarta.

Tak hanya bentuk budaya, unsur seni yang kuat juga terlihat jelas dari berbagai desain arsitektur tradisional yang terjaga dengan sangat baik.

Itulah beberapa keuntungan investasi di Yogyakarta sebagai tempat tinggal saat ini maupun di masa mendatang sebagai destinasi untuk menikmati waktu pensiun.

Yuk, cari tahu inspirasi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123

"Cari tahu referensi rumah idaman bersama Grand Galaxy City di sini selengkapnya."
Bagikan:
831 kali