Walaupun lahan di rumahmu minim, kamu masih bisa lho menanam 9 jenis tanaman buah dalam pot ini! Bahkan tanaman-tanaman berikut ini juga bisa ditanam di dalam rumah, dan panen dengan cepat!

tanaman bunga dalam pot - rumah123.com

Memiliki tanaman buah di rumah pasti menjadi impian setiap pecinta buah. Tak perlu mengeluarkan bujet besar untuk menyetok persediaan buah, kamu tinggal memetik buah yang telah panen dari depan rumah.

Tapi, bagaimana jika pekarangan rumah tak cukup besar untuk menampung tanaman buah yang akan tumbuh? Tenang, masih ada kok 9 jenis tanaman buah dalam pot yang cocok untuk ditanam di rumah dengan lahan terbatas. 

Tanaman buah dalam pot ini bahkan bisa ditanam di dalam ruangan

Bahkan kamu bisa loh menanam jenis-jenis tanaman buah dalam pot ini di dalam rumah. Penasaran apa saja jenis tanaman buah tersebut? Ini daftarnya!

Jeruk 

Hampir semua varietas jeruk, baik itu jeruk nipis, jeruk limau, atau jeruk lainnya bisa tumbuh dengan mudah di dalam pot. Perawatannya pun mudah, kuncinya adalah pot yang digunakan harus memiliki lubang drainase yang baik. Penyiraman dan pemberian pupuk yang konsisten juga bisa memengaruhi pertumbuhan tanaman jeruk.

Baca juga: Perawatannya Mudah, Ini 5 Tanaman Aquascape yang Cocok untuk Pemula

Stroberi

Selain rasanya yang digemari banyak orang, buah stroberi juga merupakan buah yang mudah untuk ditanam di pot kecil. Pot yang digunakan disarankan memiliki diameter minimal 15 cm. Untuk tanaman stroberi, pastikan tanaman diletakkan di tempat yang mudah terkena sinar matahari. Sebab, stroberi bisa tumbuh dengan baik jika berada di bawah sinar matahari selama 6-8 jam. 

Jambu biji

Pohon jambu biji memang biasanya tumbuh tinggi, bahkan hingga mencapai 6 meter. Namun apabila dilakukan perawatan dan pemangkasan rutin, jambu biji juga bisa ditanam dalam pot. Jambu biji juga termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan bisa beradaptasi dengan cepat.

Tomat

Banyak yang mengira bahwa tomat masuk ke dalam kategori sayuran. Padahal, tomat merupakan tanaman buah. Persentase kesuksesan tanaman buah dalam pot satu ini cukup besar, karena proses penanamannya terbilang mudah. Cukup dengan menyebarkan benih tomat di pot, dan hanya butuh waktu tiga bulan untuk membuatnya tumbuh.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Sedang Populer di Kalangan Pecinta Berkebun

Blueberry

Mirip dengan tanaman jambu biji, tanaman buah dalam pot blueberry juga harus melalui proses pemangkasan rutin, agar bisa tumbuh dengan pendek di dalam pot. Idealnya, tanaman blueberry ditanam pada pot berukuran 50 cm dengan kedalaman pot 45 cm. 

Cabe

Mengingat harga cabai semakin mahal, akan lebih hemat jika kamu memetiknya sendiri dari halaman rumahmu. Cabe bisa tumbuh dengan baik di dalam pot tanpa memerlukan ruang yang luas. Kamu bisa membeli bibit cabe unggul, menyemaikan bibit tersebut, memindahkannya ke dalam pot ketika bibit mulai berkecambah, memupuk, dan memanennya.

Buah tin

Buah tin atau yang bernama lain buah ara ini sangat cocok untuk tumbuh di daerah yang beriklim hangat. Buah tin juga bisa ditanam pada lahan yang sempit seperti pot. Untuk mendapatkan hasil panen terbaik, letakkan pot pada tempat yang banyak sinar matahari.

Kiwi

Kiwi yang dijual di pasaran memang terkenal mahal. Untuk itu, bagaimana kalau kamu menanamnya sendiri di rumah? Sebab, ternyata buah kiwi juga bisa tumbuh dengan baik di dalam pot.  Terdapat varietas kiwi yang bisa tumbuh dengan pendek, ukuran buah lebih kecil dan lebih manis.

Anggur

Buah anggur juga bisa ditanam di dalam pot. Tapi pastikan pot yang digunakan berukuran cukup besar dan kokoh, dan dapat mendukung sulurnya yang kuat. Semua varietas anggur memang bisa ditanam di dalam pot, tapi untuk menghindari pertumbuhan yang kelewat tinggi, sebaiknya kamu memilih varietas anggur yang tumbuh kecil.

Dengan tanaman buah dalam pot, tak perlu repot lagi deh ke pasar untuk membeli buah favoritmu!

Itu dia 9 jenis tanaman buah dalam pot yang bisa panen dengan cepat. Selain itu, tanaman-tanaman di atas juga bisa ditanam pada lahan terbatas. Nah, kira-kira setelah membaca artikel ini, kamu mau menanam jenis tanaman yang mana?

Bagikan: 3034 kali