jalan tol- rumah123.com Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danang Parikesit Menyatakan Ada Sembilan Jalan Tol Yang Akan Diresmikan Hingga Akhir 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Sembilan ruas jalan tol akan diresmikan hingga akhir 2019. Seluruh jalan tol ini tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Situs berita online Detik.com mengutip pernyataan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danang Parikesit yang mengungkapkan bahwa ada sembilan ruas jalan yang siap diresmikan hingga akhir tahun.

Jalan tol pertama yang siap untuk diresmikan adalah Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 2 ruas Jalan Raya Bogor – Kukusan sepanjang 5,5 kilometer. Pembangunan jalan tol ini telah mencapai 100% dan siap diresmikan pada Agustus 2019.

Jalan Tol Cijago ini mempunyai tiga seksi. Seksi I bermula dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor. Seksi II dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan. Seksi II dari Kukusan hingga Cinere.

Ruas Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Jalan tol kedua yang akan diresmikan adalah Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km. Jalan tol ini merupakan bagian dari Trans Sumatera dan akan diresmikan pada September 2019.

Sebenarnya, Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sudah digunakan secara fungsional saat mudik Lebaran 2019. Saat itu, jalan tol belum berbayar.

Jalan tol ini menghubungkan Lampung dengan Sumatera Selatan. Ruas tol ini menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia mengalahkan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km dan juga Cipali (Cikopo-Palimanan) sepanjang 116 km.

Tol Pertama di Sulawesi Utara

Tol selanjutnya yang akan diresmikan adalah Jalan Tol Manado-Bitung seksi 1-2A ruas Manado-Danowudu sepanjang 22,5 km. Ruas ini menjadi jalan tol pertama di Sulawesi Utara.

Jalan tol ini dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Keberadaan jalan tol ini memperpendek jarak tempuh Manado-Bitung dari 90-120 menit menjadi 30 menit.

Ruas tol selanjutnya yang akan diresmikan adalah Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2 ruas Samboja-Samarinda sepanjang 66,4 km. Kedua seksi masih dalam tahap penyelesaian akhir. Rencananya, dua ruas tol ini akan diresmikan pada Oktober 2019.

Baca juga: Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Selesai Pada September 2019

Jalan Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,14 km menjadi jalan tol kelima yang akan diresmikan. Selanjutnya adalah Tol Pandaan-Malang seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 5,1 km. Pandaan-Malang berada di Jawa Timur.

Danang menyatakan bahwa kedua ruas jalan tol ini yaitu Kunciran-Serpong dan Pandaan-Malang bisa beroperasi pada November 2019.

Dua ruas tol yang masuk Trans Sumatera akan beroperasi menjelang akhir 2019. Jalan Tol Kayu Agung-Palembang seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km menjadi jalan tol ketujuh yang siap diresmikan.

Baca juga: Yogyakarta Akan Punya Tiga Jalan Tol, Salah Satunya Jalan Tol Yogyakarta-Solo

Pada urutan kedelapan, ada Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di Riau. Jalan tol sepanjang 33,6 km sudah memasuki pembangunan tahap terakhir.

Terakhir adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Japek 2) sepanjang 36,4 km. Jalan tol layang ini dibangun di atas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 dimulai dari simpang susun Cikunir hingga Karawang. Ruas tol ini memisahkan pengguna jalan tol jarak jauh dengan pengguna jarak dekat.

Para pengendara yang ingin menempuh jarak jauh dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 ini dan kemudian turun di ujung jalan tol layang.

Bagikan: 1187 kali