Ketahui permasalahan yang biasanya ada pada mesin cuci sebelum kamu menggunakannya untuk mencuci baju!

Masih banyak yang keliru saat mencuci baju di mesin cuci - Rumah123.com Masih banyak yang keliru saat mencuci baju di mesin cuci - Rumah123.com

Jaman sekarang, kebanyakan orang menganggap mencuci baju merupakan hal yang mudah dikerjakan karena mayoritas sudah menggunakan mesin cuci. Mesin cuci memang dapat meringankan beban mencuci, tetapi ternyata mencuci menggunakan mesin cuci juga ada tekniknya.

Mencuci baju di mesin cuci ada aturannya, sayang masih banyak yang keliru!

Tidak hanya sekadar menaruh pakaian, ada aturannya supaya tetap menjaga baju kamu supaya tidak cepat rusak atau kusam. Sayangnya, masih banyak orang yang keliru dalam mencuci baju. Jangan sampai kamu mengulangi 9 cara yang masih keliru berikut ini ya!

Mencampur baju dengan berbagai warna dalam satu mesin cuci

Karena kemudahannya, kamu biasanya akan terbuai dan langsung menaruh semua pakaian kotor ke dalam mesin cuci tanpa mempedulikan perbedaan warna setiap baju. Ternyata, jika baju dengan banyak warna dicampur sekaligus, dapat menyebabkan ada salah satu baju kelunturan dengan warna yang lebih dominan. Akibatnya baju kamu akan menjadi kusam dan rusak sehingga tidak layak untuk dipakai lagi. Jadi, kamu harus memperhatikan warna baju yang akan kamu cuci, mana yang akan digabungkan dan mana yang harus dipisah.

Tidak membaca aturan pakai

Biasanya setiap baju memiliki petunjuk seputar cara pencucian yang dibutuhkan berdasarkan dari bahan pakaian tersebut. Pakaian dari bahan katun, rajut, wool dan yang lainnya tentunya memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Bahkan ada beberapa bahan pakaian yang tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Kebanyakan orang sering mengabaikan petunjuk seputar cara perawatan ini. Padahal menerapkan petunjuk perawatan mencuci tidak susah dan merupakan salah satu cara ampuh supaya pakaian kamu semakin awet.

Baca juga: 7 Cara Gampang Merapikan Pakaian Kusut Tanpa Setrika

Tidak memisahkan pakaian bahan berat dan bahan tipis

Ternyata mencampurkan berbagai macam jenis bahan juga akan membuat pakaian terlihat lebih kusut dan jelek. Bahkan biasanya serat-serat yang ada pada pakaian tipis dapat rusak parah bahkan robek karena adanya gesekan dari pakaian yang berbahan berat. Untuk itu, kamu jangan malas untuk memisahkan pakaian yang berbahan berat dan pakaian yang berbahan tipis.

Menggunakan banyak deterjen

Banyak orang yang berfikir jika menggunakan banyak deterjen akan membuat cucian semakin bersih. Padahal kenyataannya tidak begitu. Pemakaian deterjen secara berlebih ternyata dapat menimbulkan banyaknya busa yang mengumpulkan kotoran lebih banyak dan menempel pada baju yang sedang dicuci. Tidak hanya itu, banyaknya deterjen yang dipakai akan membuat mesin cuci cepat rusak. Kamu dapat menggunakan deterjen sesuai dengan yang dibutuhkan saat pemakaian, atau sesuai dengan takaran yang sudah ada di bungkus deterjen.

Tidak membersihkan noda terlebih dahulu

Biasanya, ada pakaian yang terkena noda banyak atau parah sehingga membutuhkan tenaga ekstra saat mencucinya. Pakaian tersebut tentunya tidak bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Kamu harus membersihkan dan menghilangkan noda tersebut secara manual, baru dimasukkan atau dicuci dengan mesin cuci. Sebab, mesin cuci tidak dapat membersihkan noda secara optimal, hanya dapat membantu beberapa noda yang tidak membandel.

Membiarkan resleting terbuka

Banyak orang yang membiarkan resleting terbuka saat ingin dicuci di mesin cuci. Nyatanya, jika resleting terbuka dapat menimbulkan kerusakan pada pakaian lain, contohnya dapat membuat pakaian lain sobek atau serat-seratnya kendor. Resleting yang terbuka juga dapat membuat pakaian lain akan nyangkut dengannya. Selain itu juga, resleting yang terbuka akan menggores bagian dalam mesin cuci sehingga membuat mesin cuci cepat rusak. Untuk itu jangan biarkan resleting pakaian terbuka saat hendak dicuci menggunakan mesin cuci.

Lupa mengosongkan kantong pakaian

Adanya benda yang tertinggal didalam kantong pakaian yang akan dicuci ternyata merupakan kesalahan fatal. Contohnya adalah tisu yang dibiarkan tidak dikeluarkan dari kantong saat pakaian tersebut ingin dicuci. Nantinya, tisu yang telah ikut tercuci akan hancur menjadi serpihan dan akan menempel ke seluruh pakaian yang sedang dicuci secara bersamaan. Bukannya menjadi bersih, pakaian-pakaian tersebut nantinya malah akan terlihat kotor sehingga mengharuskanmu kerja dua kali karena harus membersihkan pakaian dari tisu-tisu yang menempel.

Tidak menutup keran setelah menggunakan mesin cuci

Biasanya karena keasikan telah menyelesaikan cucian, lupa akan keran air yang telah dipakai untuk mencuci sebelumnya. Jika keran selalu dinyalakan, akan menimbulkan kebocoran pada pipa atau selang mesin cuci karena tekanan air yang mengalir secara terus menerus. Nantinya, kebocoran tersebut akan membuat kerusakan terhadap mesin cuci. Untuk itu, jangan sampai kamu kelupaan menutupnya yang akan membuat mesin cuci tidak bisa digunakan lagi.

Itulah beberapa hal yang biasanya diabaikan oleh orang-orang saat mencuci baju menggunakan mesin cuci. Jangan sampai kamu merasakannya  ya!

Bagikan:
8123 kali