Kepolisian Daerah Metro Jaya Akan Memasang 81 Kamera CCTV ELTE di 25 Titik Persimpangan. Mereka yang Melanggar Akan Terkena Tilang Elektronik (Foto: Rumah123/Jhony Hutapea)

Kepolisian Daerah Metro Jaya menargetkan untuk memasang 81 kamera CCTV (Closed Circuit Television). Hal ini dilakukan terkait rencana penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada 2019.

Sebanyak 81 kamera CCTV ETLE ini akan dipasang di 25 titik persimpangan. Keduapuluhlima titik persimpangan itu adalah Kota, Olimo, Ketapang atau Gajah Mada, Harmoni, dan Istana Negara.

Selanjutnya, Bundaran Patung Kuda, Kebon Sirih, Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia, Bundaran Senayan, Al Azhar, CSW, Monalisa, Simpang Pancoran, Simpang Kuningan, Simpang Slipi, Simpang Tomang, dan Simpang Grogol.

Baca juga: Sampe Kamis Ini Tol Jakarta-Cikampek Diprediksi Macet, Masih Milih Beli Mobil?

Tempat lainnya yang akan dipasangi CCTV ETLE adalah Simpang Asia Afrika, Halim Baru, Halim Lama, Rawamangun, Pramuka, Rawasari, dan Cempaka Putih.

Penerapan tilang ini dilakukan setelah adanya uji coba pada 1 Oktober 2018 selesai dilakukan. Sistem ini mengandalkan kamera CCTV berteknologi canggih.

“CCTV tersebut bisa merekam, meng-capture pelanggaran, pelat nomor kendaraan di lapangan kemudian terkoneksi di back office TMC Polda Metro Jaya,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusuf seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Ganjil-Genap Gak Berlaku Lagi Lho!

“Nanti dari back office, ada petugas dari Gakkum dan Regident yang akan mengecek database tersebut,” lanjut Yusuf.

Saat ini, kamera CCTV ETLE sudah terpasang di Simpang Patung Kuda dekat Monumen Nasional (Monas) dan juga Simpang Sarinah, Jakarta Pusat. Area yang diawasi oleh kamera CCTV diberi rambu khusus berupa plang portable yang ditaruh dekat lampu lalu lintas atau traffic light.

Nah, buat kamu pengendara motor atau mobil yang sering melanggar peraturan lalu lintas, hati-hati ada CCTV ETLE. Kalau kamu pusing nggak mau kena tilang, patuhi rambu lalu lintas. Atau kamu sudah terpikir untuk naik transportasi massal. Pada Maret 2019 nanti, Mass Rapid Transit (MRT) sudah resmi beroperasi lho.

Baca juga: Biar Gak Kena Tilang di Ganjil-Genal Tol Cikampek, Catat Nih!

Bagikan: 988 kali