Desain ruang tamu yang tepat akan membuat lahan kecil tampak besar - Rumah123.com Desain ruang tamu yang tepat akan membuat lahan kecil tampak besar - Rumah123.com

Dengan desain ruang tamu yang tepat, ruangan kecil juga bisa tampak besar. Seperti apa caranya? Yuk, simak bersama-sama!

Lahan yang semakin sempit membuat harga rumah semakin mahal. Gak heran, banyak orang yang memilih rumah berukuran kecil sebagai tempat tinggal. Walaupun demikian, lahan sempit tentu bukan alasan untuk mendesain hunian dengan maksimal. Apalagi, saat ini ada banyak trik yang bisa diaplikasikan untuk membuat hunian tampak lebih besar.

Jika kamu baru memiliki hunian dan baru mau mulai mendesain satu per satu ruangannya, kamu bisa mulai dari merombak desain ruang tamu. Bagaimana pun, ruang tamu merupakan ruangan yang paling pertama dilihat ketika orang datang ke rumah kita. Nah, untuk kamu yang mau membuat ruang tamu kecil tampak besar, seperti ini 23 trik pintarnya!

Gunakan tirai tipis dan ringan

Tirai yang tebal memang bisa menyerap cahaya, namun sayangnya, bisa membuat ruangan tampak kecil. Jadi tak heran konsep ini hanya bekerja di ruangan yang berukuran besar. Untuk itu, pilihlah tirai yang berbahan ringan seperti kain linen agar ruangan terasa lapang. 

Keramik lantai bergaris

Jika kamu suka dengan konsep yang tak biasa, pertimbangkan untuk menggunakan keramik lantai bergaris. Sebab, desain garis akan membuat ilusi ruangan tampak lebih panjang dari yang sebenarnya. Gunakan warna putih dan hitam untuk efek yang lebih mencolok.

Pilih warna-warna dengan cool tone 

Warna putih memang bisa membuat segalanya tampak lebih besar. Tetapi jika kamu bosan dengan warna putih, bisa memilih warna dengan cool tone alias warna dingin seperti biru muda dan hijau muda. Warna tersebut bisa menciptakan kesan ruang terasa luas.

Pilih tirai dan dinding dengan warna yang sama

Metode cerdas lain untuk membuat ruang menjadi luas secara maksimal adalah dengan memilih warna yang sama untuk tirai dan dinding. Dengan cara ini, tirai seakan menyatu dengan dinding. Hindari warna yang bertabrakan karena akan membuat ruang tamu terlihat semakin kecil.

Cat warna gelap di bagian bawah dan warna terang di bagian atas

Jika warna lantai gelap maka pilih cat langit-langit dengan warna terang. Ini akan memberikan ilusi ruang karena mata akan ditarik ke atas.

Jauhi sofa dari dinding

Jika kamu memiliki sedikit ruangan, tarik sofa menjauhi dinding. Ini akan menciptakan ruang tambahan dan membuat ruang tampak lebih besar dari bayangan yang dibuat di belakangnya.

Pasang cermin pada dinding

Kebanyakan orang tahu bahwa cermin akan membuat ruang terlihat lebih besar, namun ada beberapa cara berbeda untuk menerapkan strategi ini di ruang tamu. Kamu bisa menggunakan cermin besar, atau jika terlalu mahal, gabung beberapa cermin yang lebih kecil di dinding, dan cat bingkai senada dengan warna dinding untuk menciptakan keseragaman. 

Furnitur multifungsi

Lantaran ruang yang tersedia cukup minim, sebisa mungkin perlihatkan dinding dan lantai yang kosong. Artinya, pilih furnitur multifungsi supaya tak makan banyak tempat. Misalnya seperti lemari yang sekaligus mencakup tempat duduk. 

Bagikan: 4686 kali