OK

8 Tol Milik Astra Sepanjang Hampir 400 Kilometer, Total Aset Tembus Rp20 Triliun!

01/05/2022 by Reyhan Apriathama

tol-milik-astra1

Selain Jasa Marga, ada beberapa Tol Milik Astra yang siap melayani arus mudik lebaran 2022. Simak daftarnya di sini selengkapnya.

Dikenal sukses membangun industri otomotif di Indonesia, Astra juga ternyata turut fokus dalam mengembangkan diversifikasi bisnis.

Salah satu industri yang cukup menarik adalah bidang infrastruktur jalan tol yang kini bisa dimiliki oleh pihak swasta.

Sebelum pembangunan Jalan Tol Trans Jawa dilakukan secara masif dengan kepemilikan konsesi, tol milik astra ternyata sudah ada yang berusia lebih dari 30 tahun.

Jauh sebelum adanya sistem kepemilikan tol di era Jokowi, Astra ternyata menjadi pemilik tol swasta terlama di Indonesia sejak 1984.

Dengan adanya sistem kerjasama yang menguntungkan, ada beberapa tol milik Astra yang siap melayani arus mudik lebaran di wilayah Trans Jawa.

Untuk diketahui, kini Astra telah mengelola jalan tol sepanjang hampir 400 kilometer di empat provinsi berbeda, dengan total aset senilai Rp20 triliun. 

Apa saja daftar tol yang dikelola Astra untuk wilayah Trans Jawa saat ini? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Tol Milik Astra Total Rp20 Triliun, Semuanya Ada di Pulau Jawa 

Kamu bisa cari tahu beberapa daftar tol milik Astra yang melayani Pulau Jawa di empat provinsi, secara lengkap berikut ini :

1. Tol Tangerang Merak : 72,5 Kilometer

Tol Cikupa Tangerang Merak

Sumber : Wikipedia

Menjadi pembuka dari ruas Tol Trans Jawa, Tol Tangerang Merak sepenuhnya dikelola oleh Astra Infra melalui anak perusahaannya PT Marga Mandalasakti sebanyak 79,03%.

Tol milik Astra sepanjang 72,5 kilometer ini melintasi wilayah Banten Raya yang meliputi Tangerang, Lebak, Serang, dan Cilegon.

Keunggulan dari Tol ini ada pada teknologi deteksi ODOL secara otomatis, sehingga beban jalan tol dapat terdistribusi dengan baik.

2. Tol Kunciran Serpong : 11,1 Kilometer 

Tol Milik Astra

Sumber : Jasamarga.com

Tol milik Astra berikutnya adalah ruas Kunciran Serpong yang menjadi rangkaian dari JORR 2 yang masih belum terkoneksi penuh dari Cilincing hingga Bandara Soekarno Hatta.

Melalui entitas PT Marga Trans Nusantara, Astra Infra memiliki kepemilikan jalan tol sebanyak 40% yang telah beroperasi sejak Desember 2019.

3. Tol Ulujami – Kebon Jeruk : 7,6 Kilometer 

Tol Kebon Jeruk Ulujami

Sumber : Intersport.id

Berada di jalur lingkar luar barat Jakarta, Astra juga memiliki konsesi jalan tol di ruas Ulujami – Kebon Jeruk sepanjang 7,6 kilometer.

Kepemilikan jalan tol ini juga merupakan bagian dari kerjasama dengan PT Jasa Marga sebanyak 49% melalui PT Marga Lingkar Jakarta.

4. Tol Cikopo – Palimanan : 116 Kilometer 

Gerbang Tol Palimanan

Sumber : Thomasarie.com

Pada 2019 silam, Astra berhasil mengakuisisi sebanyak 55% kepemilikan saham dari Tol Cikopo – Palimanan sepanjang 116 kilometer dari PT. Saratoga Investama Sedaya.

Jalan ini juga menjadi ruas tol milik Astra paling krusial, bahkan menjadi penghubung dari Jawa Barat ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

5. Tol Semarang – Solo : 72,6 Kilometer 

Tol Semarang Solo_Gunung Kelud

Sumber : Wikipedia

Ruas Semarang – Solo merupakan tol milik Astra yang menjadi bagian dari kerjasama dengan PT Jasa Marga.

Tol yang menghubungkan dua kota besar di Jawa Tengah ini dikelola oleh PT Trans Marga Jateng.

Bagi para pemudik maupun banyak orang, ruas ini menjadi salah satu tol terindah di Indonesia karena memiliki pemandangan Gunung Kelud.

6. Tol Jombang – Mojokerto : 40,5 Kilometer 

Tol Mojokerto Jombang

Sumber : Inilahmojokerto

Tol milik Astra berikutnya ada di ruas Jombang – Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer yang sudah beroperasi penuh sejak 2018 silam.

Ruas tol ini memiliki tiga pintu tol yakini pintu Jombang, Bandar, dan Mojokerto Barat, dan terhubung dengan ruas tol Solo – Kertosono.

7. Tol Surabaya – Mojokerto : 36.3 Kilometer 

Kendaraan melintas di jalan tol Pejagan-Pemalang

Sumber : Alinea.id

Ruas Tol Surabaya – Mojokerto terhubung dengan ruas Jombang – Mojokerto dengan panjang 36,3 kilometer yang dioperasikan bersama PT Jasamarga Surabaya Mojokerto.

Pada operasinya, Astra memiliki beberapa bagian mulai dari ruas Waru – Sepanjang, Sepanjang – Lingkar Barat, Lingkar Barat – Driyorejo, Driyorejo – Krian, dan Krian – Mojokerto Kota.

8. Pandaan – Malang : 38,5 Kilometer 

Tol Pandaan Malang

Sumber : Pontas.id

Tol milik Astra ini baru saja diakuisisi dari Jasa Marga sebanyak 49% yang menghubungkan Surabaya dan Malang.

Ruas tol ini menghubungkan kabupaten Pasuruan, kabupaten Malang, hingga kota Malang yang juga menjadi akses ke Taman Safari Indonesia Pasuruan.

Itulah beberapa daftar ruas tol milik Astra yang beroperasi untuk menyambut pemudik lebaran di pulau Jawa.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Wujudkan hunian idaman kamu seperti Gateway Park of LRT City, selengkapnya di Rumah123.com dan dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Reyhan Apriathama

Reyhan Apriathama

Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.