Setiap negara memiliki ciri khas dalam mendesain interior rumah. Begitu pula desain rumah Timur Tengah yang memiliki karakteristik yang khas. Secara umum desain rumah Timur Tengah memiliki kesan elegan dan mewah. Hal itu dikarenakan, interior rumah ala Timur Tengah menggunakan sejumlah furnitur mewah dan hiasan bernuansa tradisional Arab. Selain itu, melihat sejumlah rumah bernuansa Timur Tengah, kita akan melihat paduan warna-warni menghiasi ruangan. Kolaborasi warna cerah tersebut juga menjadi ciri khas yang sering ditemui pada interior bangunan Timur Tengah. Paduan antara warna, kemewahan, hiasan etnik, membuat banyak orang tertarik menata interior rumahnya ala Timur Tengah. Melansir berbagai sumber, berikut sejumlah tips yang bisa kamu ikuti untuk menerapkan desan rumah Timur Tengah.

Tips Menerapkan Desain Rumah Timur Tengah

1. Furnitur yang Terkesan Mewah

perabot timur tengah sumber: hooperprojects.com
Untuk menampilkan kesan mewah, kamu bisa menggunakan furnitur berwarna cokelat, emas, atau perak. Tampilan mewah juga bisa semakin ditonjolkan dengan penggunaan karpet berbahan beludru. Kombinasi furnitur mewah dengan karpet ini bisa digunakan di ruang tamu. Selain itu, kamu bisa memadatkan ruangan dengan sejumlah dekorasi di sisi-sisi kursi.

2. Desain Rumah Timur Tengah dengan Bantal Warna-warni

bantal sumber: homedoo.com
Desain rumah Timur Tengah biasanya menggunakan dekorasi warna-warni. Dekorasi tersebut dapat berupa bantal, kain penutup sofa atau tempat duduk, dan pajangan. Gunakanlah beberapa bantal dengan warna berbeda yang mencolok. Hal ini dapat mempertajam nuansa ruangan ala Timur Tengah Kombinasikanlah bantal warna-warni tersebut dengan karpet yang juga berwarna cerah.

3. Material Furnitur

perabot sumber: fabiia.ae
Tidak hanya warna, material furnitur pada rumah ala Timur Tengah juga sangat khas. Biasanya rumah ala Timur Tengah menggunakan furnitur dari material kayu jati, gading, besi tempa, dan keramik. Pada beberapa rumah bergaya Timur Tengah juga ada yang menggunakan furnitur berbahan anyaman rotan. Kursi yang terbuat dari anyaman ditambah bantal duduk sederhana memberikan kesan klasik.

4. Tenda di Rumah ala Timur Tengah

Desain rumah Timur Tengah juga identik dengan keberadaan tenda. Kain untuk membuat tenda ini bisa dipasang di dalam dan luar rumah. Namun disarankan memasang tenda ini di luar ruangan agar interior rumah tidak terlihat sempit dan gelap. Kamu bisa memasang tenda ini di halaman belakang rumah. Tentu menyenangkan sesekali bersantai di bawah tenda di belakang rumah.

5. Kamar ala Timur Tengah

sumber: craftster.org
Desain kamar ala timur tengah juga memiliki ciri khas. Gunakanlah seprai berbahan sutra untuk melapisi kasur. Untuk dekorasi, gunakanlah cermin dengan ukiran khas Timur Tengah pada sisinya.

6. Kursi Ottoman

karpet timur tengah sumber: arabianandmoroccantenthire.com
Salah satu furnitur khas pada interior ala Timur Tengah adalah kursi Ottoman. Kursi ini bisa kamu taruh di ruang tamu. Pilihlah kursi ottoman berwarna cokelat atau emas untuk menampilkan kesan mewah khas Timur Tengah.

7. Ruang Tamu Lesehan

Beberapa rumah khas timur tengah juga tidak menggunakan furnitur di ruang tamunya. Kamu bisa menghadirkan nuansa Timur Tengah dengan membuat ruang tamu lesehan. Pilihlah karpet dengan corak khas Timur Tengah yang berwarna cerah. Kombinasikanlah dengan beberapa bantal berwarna-warni untuk membuat tamu nyaman saat duduk. Selain itu, kamu juga bisa menghias ruang tamu dengan lampu hias yang terbuat dari kuningan atau tembaga.

8. Kamar Mandi ala Timur Tengah

kamar mandi sumber: decorola.com
Kamu juga bisa menerapkan gaya desain rumah Timur Tengah pada kamar mandi. Gunakanlah tegel dan keramik bermotif khas Timur Tengah pada kamar mandi. Corak khas tradisional Timur Tengah tersebut akan memberikan kesan elegan pada kamar mandi. Kamu bisa mengombinasikan corak tersebut dengan lampu gantung dan cermin khas Timur Tengah. Itulah 8 tips yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan desain rumah Timur Tengah. Semoga artikel ini menginspirasi kamu dalam mendesain interior rumah. Jangan lewatkan informasi menarik lainnya di blog Rumah123. Kamu sedang mencari apartemen atau rumah? Cek saja di Rumah123.com untuk menemukan rumah dan apartemen idamanmu!
Bagikan:
1257 kali