Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
 

Kaya itu butuh perjuangan. Kalau kamu berpikir setiap orang kaya mau apa tinggal beli aja, kamu keliru. Pasalnya, orang kaya sejati kalau mau beli sesuatu justru berpikir panjang. Mereka seringnya bersikap hemat karena sadar susahnya mengumpulkan uang jadi banyak.

Berikut ini 8 resep orang-orang kaya yang perlu kamu tahu kalau mau jadi sekaya mereka seperti dikutip dari Intisari-Online.com, Senin (8-10-2018):

Ke-1. Gak menghabiskan uang = mengamankan uang.

Orang kaya bisa aja beli tiket pesawat kelas bisnis yang harganya Rp20 juta. Tapi, mereka justru memilih beli tiket biasa seharga Rp2 juta. Penghematan Rp18 juta dari langkah sederhana ini menyelamatkan uang mereka. Prinsipnya, "Tidak beli barang mahal karena masih bisa beli barang yang murah, itu sama dengan memberi hadiah buat diri sendiri."

Baca juga: Punya Kekayaan Rp10 Triliun, Pengeluaran Cuma Rp1 Jutaan Sebulan. Kalau Kamu?

Ke-2. Ke ATM seminggu sekali aja dan bayar-membayar secara tunai.

Kalau berpatokan pada uang tunai aja, maka kamu terpaksa harus membuat anggaran yang tepat dan menghargai uang receh. Ambillah uang sesuai anggaran mingguan kamu sekali aja, sementara uang di ATM bisa dihemat dan tidak dikeluarkan sama sekali. Kalau kamu membayar dengan kartu debit atau kredit, kamu bisa tak menyadari kalau pengeluaranmu sudah melebihi batas.

Ke-3. Gak belanja fashion mahal!

"Saya membeli tiga setelan mahal hanya setiap lima tahun sekali," kata T.Boone Pickens, seorang miliarder di bidang bisnis minyak dalam sebuah wawancara dengan Majalah Kiplinger.

Baju emang perlu. Setiap tahun kita baiknya beli pakaian baru minimal sekali. Tapi beli pakaian mahal? Gak perlu banyak! Kamu bisa jauh lebih berhemat dengan mengurangi belanja produk fashion termasuk tas, sepatu, dan pakaian.

Baca juga: Tips Kaya Sekaya ‘Crazy Rich Asians’

Ke-4. Gak menyia-nyiakan barang.

Tau gak kamu, August Turak, seorang pengusaha perangkat lunak yang sukses, kalau pake sabun sampe bener-bener habis dengan cara memencet botol pasta gigi hingga isinya benar-benar habis bis. Kalau kamu gimana?

Orang kaya sejati (bukan orang kaya baru ya) sebenarnya sangat menghargai barang dan mereka tak suka membuang-buang barang yang masih bisa berguna, atau hal-hal mubazir lainnya.

Ke-5. Senang mendonasikan uang untuk bantu orang lain.

Orang kaya sungguhan justru seringnya menjadi filantrop, orang yang suka mendonasikan duitnya untuk membantu banyak orang. Mereka percaya, apa yang mereka beri untuk membantu orang lain akan ada balasannya dari Tuhan. Gak heran kan, kalau orang kaya macam Bill Gates (pendiri Microsoft) bikin yayasan kemanusiaan, Bill & Melinda Gates Foundation.

Baca juga: Hemat Listrik, Pangkal Kaya Juga, Lho!

Ke-6. Kadang gak kelihatan kayak orang kaya.

Miliarder atau orang yang benar-benar kaya biasanya malah bukan orang yang tampil dengan baju termahal di dunia atau menenteng tas miliaran rupiah atau mengendarai mobil mewah yang mencolok mata.

Banyak orang kaya yang kelihatannya biasa aja, tapi saldo tabungannya jangan ditanya, luaaar biasa! Intinya, mereka gak menghamburkan duitnya buat hal-hal yang disebut gaya. Ingat Mark Zuckerberg, pendiri Facebook yang berpakain sama setiap tampil, gaya kasual dengan T-shirt warna abu-abunya.

Ke-7. Lebih memilih harga diskon.

Suka diskon, bukan berarti mereka pelit. Tapi, buat mereka, itu salah satu cara melakukan penghematan. Orang kaya akan sering menggunakan kupon diskon yang mereka dapat dari toko atau supermarket untuk menekan anggaran mingguan mereka.

Ke-8. Berani ambil risiko.

Prinsip ekonomi “high risk, high return” sangat mereka pegang. Pasalnya, semakin tinggi risiko yang mereka hadapi, maka semakin besar pula pemasukan yang bisa mereka dapatkan. Kalau kamu berani gak?

*

Bagikan: 851 kali