Menjadi seorang politisi terkemuka sekaligus Presiden ke-6 Republik Indonesia dengan masa jabatan 2004-2014 tentu membuat sosok Susilo Bambang Yudhoyono sangat disegani oleh masyarakat luas. 

Walau kini beliau sudah pensiun, masih selalu ada cerita menarik yang bisa diangkat dari pria kelahiran 9 September 1949 tersebut. 

Banyak orang mungkin sudah akrab dengan hunian beliau yang dikenal dengan nama Puri Cikeas di Bogor, beliau juga memiliki sebuah rumah yang tak kalah mewah dan baru saja ditempati sejak 2017 kemarin. 

Potret Rumah SBY di Mega Kuningan, Super Megah! 

Yuk simak penampakan tempat tinggal megah dan mewah milik SBY berikut!

1. Harga Rp300 Miliar

rumah sby Sumber: Merdeka.com

Terletak di Jalan Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan tak pelak membuat harga hunian yang ditempati Presiden ke-6 Republik Indonesia tersebut selangit. 

Dilansir dari Kompas.com, estimasi nilai properti mencapai Rp300 miliar dengan luas tanah mencapai 5.000 meter persegi. 

Jadi bisa dibayangkan betapa luasnya bangunan yang hampir mencakup kawasan kompleks perumahan kecil. 

2. Hunian Pemberian Negara 

rumah sby Sumber: Merdeka.com

Rumah SBY yang baru saja ditempati sejak pertengahan tahun 2017 silam merupakan pemberian negara sebagai bukti tanda jasa ketika menjabat sebagai presiden. 

Hadiah hunian pribadi ini sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/ Administratif Presiden dan Wakil Presiden. 

Ditambah lagi dengan Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pengadaan dan Standar Rumah bagi Mantan Presiden dan atau Mantan Wakil Presiden. 

3. Eksterior Rumah SBY Tampak Mewah 

rumah sby

Penampilan luar bangunan terlihat menawan dengan fasad rumah minimalis mewah yang dibalut kombinasi warna coklat muda dan tua. 

Atap berwarna hitam semakin memperkuat kesan hunian mewah dan modern. 

Tak ketinggalan sebuah tiang dengan bendera merah putih yang jadi penanda kalau ini adalah rumah petinggi negara. 

4. Dijaga Ketat oleh Tim Pengaman Khusus 

rumah sby

Layaknya tempat tinggal para mantan presiden dan wakil presiden lainnya, rumah SBY juga dilengkapi dengan sistem pengamanan khusus dan diawasi oleh penjaga yang bertugas 24 jam nonstop setiap harinya. 

Makanya tidak sembarangan orang yang bisa masuk ke dalam rumah tanpa membuat izin terlebih dahulu dan mesti melalui proses pengecekan identitas di pos penjagaan yang terletak di pojok dekat pagar. 

5. Interior Perpaduan Klasik dan Modern 

rumah sby Sumber: Instagram.com/aniyudhoyono

Pada umumnya sebuah interior hunian dirancang menggunakan satu tema desain khusus. 

Uniknya, di rumah SBY kamu bisa melihat interior yang merupakan perpaduan gaya klasik dan modern. 

Terlihat jelas perabotan kayu berwarna gelap yang kontras dengan cat tembok berwarna coklat krem selaras dengan eksterior rumah. 

Tak hanya itu saja, dindingnya juga terbuat dari material marmer berkualitas tinggi dengan lantai yang ditutupi karpet berwarna senada dengan interior ruangan. 

6. Ruangan Khusus di Rumah SBY 

rumah sby Sumber: Instagram.com/aniyudhoyono

Sebagai seorang tokoh penting yang selalu sibuk menerima tamu-tamu VIP baik dari dalam maupun luar negeri, rumah SBY juga dilengkapi dengan sebuah ruang khusus. 

Di ruangan yang dipenuhi koleksi buku pribadi beliau inilah Pak SBY biasa menerima tamu-tamu penting seperti presiden, wakil presiden, menteri, dan para pejabat tinggi negara.   

7. Ada Lift Pribadinya

rumah sby Sumber: Instagram.com/aniyudhoyono

Fasilitas yang paling menonjol dan jarang ditemui dari hunian lainnya dan mungkin bisa dibilang satu dari sedikit yang ada di Indonesia, lift pribadi. 

Jangan bilang rumah SBY kurang mewah dengan fasilitas yang biasa hanya ada di kantor-kantor atau pusat perbelanjaan saja. 

Meski dapat berfungsi dengan normal untuk digunakan para tamu maupun penghuni rumah, ada juga tangga lebih sering dipakai untuk naik dan turun antara lantai. 

8. Halaman Belakang yang Luas 

rumah sby Sumber: Instagram.com/aniyudhoyono

Di bagian belakang rumah SBY terdapat sebuah halaman yang ditumbuhi rumput hijau membuat pemandangan terasa asri. 

Halaman belakang ini juga terbilang cukup luas hingga bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan pesta kecil. 

Intip potret hunian para figur lain di Rumah123.com!

Bagikan:
76969 kali