Berdasarkan tingkatan IQ, ini dia urutan negara-negara paling pintar di dunia. Kira-kira Indonesia ada di posisi berapa yah? 

tingkatan iq

Sayangnya, Indonesia berada jauh di posisi ke-79 di bawah Myanmar dan beberapa negara Asia Tenggara lain seperti Vietnam, Brunei, Laos, Kamboja, dan Malaysia. 

Lantas, negara manakah yang berhasil mendapatkan “juara satu” sebagai yang terpintar?

Negara Terpintar Berdasarkan Tingkatan IQ

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Singapura 

Walaupun hanya memiliki luas wilayah yang terbilang minimalis dan jumlah penduduk yang cukup kecil, satu-satunya negara maju di kawasan Asia Tenggara ini menduduki peringkat teratas sebagai negara tercerdas di dunia. 

Tingkatan IQ rata-rata para warga Negeri Singa tersebut adalah 108.

Soal dana untuk urusan pendidikan, Singapura juga memiliki pengeluaran per kapita tak main-main jumlahnya

Estimasinya mencapai sekitar $905 per kapita atau sekitar Rp12.000.000 per individu. 

Dana yang dikeluarkan untuk pendidikan per kapitanya ini relatif seimbang mengingat pendapatan rata-rata warganya yang menyentuh angka $25.407 per tahun. 

2. Hongkong 

Total luas wilayah sebuah negara memang tidak banyak membawa berpengaruh terhadap capaian tingkatan IQ rata-rata warganya.  

Mepet di posisi selanjutnya setelah Singapura, Hongkong menyusul di peringkat kedua sebagai negara paling pintar berdasarkan tingkatan IQ.

Persis seperti Negeri Singa sebelumnya, rata-rata IQ masyarakat di kawasan Asia Timur ini adalah sebesar 108. 

Untuk urusan pendidikan pun rata-rata pengeluaran per kapitanya mencapai $915 dengan pendapatan rata-rata penduduknya sebesar $25.419. 

Berdasarkan data tersebut, posisi Hongkong kokoh bertengger di nomor dua yang membuatnya lebih unggul dari negara tetangga seperti Taiwan dan Tiongkok.

3. Taiwan

taiwan Sumber: Global Times

Satu lagi negara di kawasan Asia Timur yang menyandang intelejensi tinggi berikutnya, yaitu Taiwan. 

Taiwan berhasil menempati posisi ketiga sebagai negara paling pintar di dunia berkat perolehan rata-rata tingkatan IQ warganya yang mencapai 106. 

Negara dengan luas wilayah yang terbilang kecil ini tergolong sangat maju dari segi pendapatan per kapita penduduknya.  

Tak heran jika pengeluaran untuk pendidikannya pun cukup tinggi sehingga kebanyakan penduduknya berhasil mengenyam pendidikan yang sangat mumpuni. 

4. Korea Selatan 

Berada tepat di bawah Taiwan, Korea Selatan menempatkan diri di posisi keempat dengan tingkatan IQ rata-rata warganya yang mencapai 106. 

Negeri Ginseng ini memiliki rata-rata pengeluaran untuk pendidikan per kapitanya sebesar $502. 

Tentu saja angka tersebut lebih kecil jika dibandingkan Hongkong atau Singapura. 

Meski demikian angka pengeluaran pendidikan tersebut berbanding lurus dengan pendapatan rata-rata penduduknya yang mencapai angka $13.710.

5. Jepang 

jepang Sumber: Climate Home News

Bukan hal yang mengherankan lagi melihat Negeri Matahari Terbit ini ada di dalam daftar negara paling pintar di dunia. 

Rata-rata penduduknya memiliki tingkatan IQ sebesar 105 dengan pengeluaran pendidikan per kapita sebesar 1.242 dengan rata-rata pendapatan penduduknya sebesar $36.785.

6. Tiongkok 

Masih berada di Benua Asia, inilah negara dengan jumlah penduduk terbanyak yang mencapai 1,4 miliar di tahun 2019. 

Meskipun jumlah penduduknya melimpah, sumber daya manusia di Negeri Tirai Bambu ini tergolong sangat cerdas dengan capaian tingkatan IQ 104. 

Uniknya, pengeluaran untuk bidang pendidikannya justru hanya $27 saja, selisih yang sangat jauh bahkan dari negara-negara seperti Jepang atau Taiwan. 

7. Swiss 

swiss Sumber: Expatica

Sebagai negara paling cerdas di kawasan Eropa, Swiss terkenal dengan sistem pendidikannya yang sangat maju. 

Tak heran jika mayoritas warganya mampu mengenyam pengalaman belajar sampai ke bangku kuliah. 

Rata-rata tingkatan IQ warga Swiss adalah 102 dengan pengeluaran untuk pendidikan sebesar $2.465 yang berbanding dengan pendapatan penduduk kebanyakannya mencapai $50.004.

8. Belanda 

Bergeser sedikit ke tetangga sesama negara Uni Eropa, Belanda jadi negara paling pintar berikutnya dengan tingkatan IQ warganya yang rata-rata berada di angka 102. 

Berbeda dengan Swiss, pengeluaran untuk pendidikan di Belanda relatif lebih kecil sekitar $1.683 dengan pendapatan per kapita yang menyentuh $33.401.

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di The Boulevard Bogor!

Bagikan:
29236 kali