pencuri rumah kosong

Saat kamu pergi meninggalkan rumah terutama dalam waktu lama, waspada sejumlah modus pencuri rumah kosong. Saatnya lakukan tindakan pencegahan.

Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya atau Polda Metro Jaya menangkap seorang laki-laki berinisial I (41 tahun). Dia pencuri spesialis rumah kosong.

Sebelumnya, pelaku membuka usaha pecel lele. Lantaran tergiur hidup mewah, I berpindah profesi menjadi pencuri rumah kosong.

Laman berita online Kompas.com melansir pernyataan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus menyatakan tersangka I selalu bekerja seorang diri.

Hal ini diungkapkan oleh Yusri dalam memberikan keterangan pers pada Kamis (20/2/2020). Pelaku ditangkap pada 27 Januari 2020 lalu.

Polisi berhasil menangkap tersangka setelah mencuri di sebuah rumah kosong di Jalan Mandong Demong, Kota Bekasi.

Dia mencuri sejumlah perhiasan, tujuh buah telepon seluler (ponsel), dan kartu bank. Lantas dia menjual hasil curian ke penadah di Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Tersangka mengaku kepada polisi kalau dia baru melakukan aksinya satu kali. Namun, polisi tidak percaya dan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kompas.com juga mengutip modus bagaimana tersangka bisa masuk ke dalam rumah.

Situs properti Rumah123.com mengolah sejumlah modus para pencuri rumah kosong alias maling ini dari berbagai media online.

8 Modus Rumah Pencuri Rumah Kosong

1. Melihat Rumput Tinggi dan Tidak Terawat

Tersangka I mengaku kepada polisi kalau dia melakukan survei lokasi pencurian terlebih dulu. Dia melihat kondisi rumah.

Caranya dia mencari rumah kosong yang ditinggal penghuninya pulang kampung. Pencuri rumah kosong melihat rumput halaman yang tinggi dan tidak terawat.

2. Mengaku Petugas Layanan

Pencuri rumah kosong juga sering mengaku petugas layanan listrik, telepon, internet, dan lainnya. Mereka berdalih melakukan pengecekan untuk bisa masuk ke dalam rumah.

Biasanya orang atau tetangga tidak akan merasa curiga dengan kedatangan mereka. Maling ini bisa leluasa masuk dan mengambil barang berharga.

Kompas.com pernah melansir modus pencurian seperti ini di Serpong, Tangerang Selatan pada Maret 2018 lalu.

3. Melihat Lampu Teras Masih Menyala Saat Siang Hari

Salah satu hal yang menjadi pertanda rumah kosong adalah lampu rumah terutama teras atau halaman masih menyala saat siang hari.

Pencuri rumah kosong dengan mudah bisa menandai kalau rumah sedang kosong. Hal ini harus diantisipasi oleh pemilik rumah.

4. Pura-Pura Bertamu

Selain mengaku menjadi petugas layanan, para pencuri rumah kosong sering kali berpura-pura untuk bertamu. Biasanya mereka sudah melakukan survei kapan tuan rumah tidak ada di rumah.

Para penjahat melakukan modus ini di Alam Sutera, Tangerang beberapa waktu lalu. Kalau tuan rumah ada di rumah, mereka mengaku salah rumah.

Jika penghuni tidak ada di rumah, maka para tersangka akan melakukan aksi kejahatannya. Mereka berpakaian rapi dan menyewa mobil bagus.

5. Melihat Pintu Pagar Dikunci Dari Luar

Para maling ini jeli kalau melihat penghuni rumah tidak berada di tempat dengan melihat pintu pagar yang dikunci dari luar.

Kalau penghuni berada di rumah, tentunya tidak mengunci pagar di luar. Bagi kamu pemilik rumah yang ingin pergi, pastikan hal ini tidak terjadi agar tidak dilihat pencuri rumah kosong.

6. Memanfaatkan Momen Saat Pagi Hari

Saat pagi hari, ketika penghuni sedang salat subuh berjamaah, mau berangkat ke kantor, dan lainnya, pencuri rumah kosong mulai melancarkan aksinya.

Banyak aksi pencurian motor yang diparkir di halaman rumah terjadi saat penghuni sedang salat subuh di masjid. Pastikan kamu mengunci pintu rumah saat keluar.

7. Berpura-Pura Bertanya Alamat

Modus ini memang mirip dengan mereka yang pura-pura bertamu. Para pencuri rumah kosong berupaya melakukan survei terkait rumah yang akan dijadikan target.

Pelaku pura-pura bertanya alamat atau nama seseorang kepada pemilik rumah. Para pelaku biasanya berboncengan motor.

8. Membidik Kawasan yang Sepi

Biasanya para maling ini melirik kawasan yang sepi. Para pelaku bisa memantau situasi sambil menaiki motor saat siang hari.

Mereka akan melihat rumah yang lampu teras menyala pada siang hari, pintu pagar dikunci dari luar, halaman tidak terawat, dan lainnya.

Setelah itu, para pencuri rumah kosong akan memutuskan untuk beraksi pada siang hari atau pun malam hari. Mereka melihat situasi dan kondisi sekitar.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuatKamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan 99.co.

Bagikan:
3484 kali