Buah kersen harganya bisa mencapai Rp500 ribu per kilogram. Ternyata, ada segudang manfaat fantastis di dalamnya. Wajar mahal!

buah kersen

Pernahkah kamu melihat pohon kecil berbuah bak ceri di pinggir jalan yang dikenal dengan nama kersen? 

Si kecil yang bernama latin Muntingia calabura L memang sedang menjadi topik hangat pembicaraan lantaran harga jualnya yang mencapai Rp500 ribu per kilogram. 

Apa itu buah kersen? 

Ditelusuri dari asalnya, kersen merupakan pohon asli dari wilayah Amerika Selatan, hingga akhirnya mulai menyebar dan dapat ditemukan di hampir semua negara tropis, termasuk Indonesia. 

Memang benar, saat kamu pertama kali melihat bentuknya mungkin akan mengira kalau buah ini adalah ceri. 

Tak heran kalau panggilan seperti jamaica cherry, strawberry tree, panama cherry, hingga cotton candy berry turut disematkan pada buah ini. 

Di Indonesia sendiri, beberapa daerah menyebutnya dengan istilah keres dan talok di Jawa, ceri oleh masyarakat Sunda, dan baleci di Madura. 

Si kecil dengan sejuta manfaat 

Ukurannya yang kecil tidak boleh dianggap remeh, karena harga jualnya yang fantastis merupakan salah satu bukti akan manfaat yang ditawarkan oleh buah yang mudah tumbuh di berbagai tempat ini. 

Kamu dapat dengan mudah menanam sendiri bibit kersen di pekarangan rumah

Atau menemukan pohonnya bertebaran di berbagai area karena ketahanannya yang tergolong tinggi dari segala macam lingkungan. 

Jadi, apa saja manfaat buah kersen yang membuatnya jadi mahal? 

Ini dia ulasan selengkapnya! 

1. Meredakan pilek dan flu 

Kandungan utama berupa vitamin C dalam buah ini dapat membantu meredakan penyakit ringan seperti flu dan pilek. 

Apalagi di musim pandemi yang membuat banyak orang menjadi rentan terserang virus dan bakteri yang memicu beragam masalah kesehatan. 

Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin, kekebalan tubuh akan terjaga dengan baik agar kamu tidak mudah sakit.

2. Menjaga gula darah 

Berdasarkan hasil penelitian dari Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2011 yang dilansir dari Medical Daily, ekstrak 500 mg buah kersen terbukti ampuh menurunkan kadar gula darah. 

Baca juga: 11 Manfaat Daun Pepaya untuk Mengobati Berbagai Penyakit

3. Mengatasi masalah pencernaan 

Sekarang kamu tak perlu lagi tergantung pada obat-obat pencahar untuk mengatasi masalah pencernaan, cukup dengan makan kersen saja. 

Efek yang serupa dengan obat omeprazole ditemukan lewat studi Clinical & Experimental Pharmacology pada tahun 2012 yang dapat membantu menetralkan asam lambung untuk mengatasi sakit perut, maag, sampai GERD. 

4. Mengurangi asam urat

Pengen makan sup daging favoritmu, tapi takut asam urat naik? 

Sifat antiinflamasi pada ekstrak kersen merupakan obat yang efektif untuk mengurangi endapatan asam urat pada persendian. 

5. Melawan infeksi bakteri

Penggunaan obat-obatan dari bahan alami untuk mengatasi kesehatan seperti infeksi bakteri memang dipercaya lebih baik karena minim efek samping. 

Antibiotik yang ada dalam produk farmasi bisa dengan membuat bakteri menjadi bermutasi sehingga kebal dan sulit diatasi oleh obat-obatan modern. 

Oleh sebab itu, kamu dapat memilih alternatif alami seperti buah kersen yan mengandung zat antiobiotik alami untuk melawan bakteri susu, difteri sepsis, dan infeksi staph.

6. Alternatif antiseptik alami 

Tak hanya kaya akan kandungan antibiotik, si kembar buah ceri ini juga dapat dimanfaatkan sebagai zat alternatif antiseptik alami.

Cukup rebus bagian daunnya dan gunakan air rebusan untuk menyingkirkan mikroba seperti C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. rhizophil.

7. Merawat kecantikan kulit 

Bagi kaum pria dan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dari dalam, buah kersen dapat menjadi sumber antioksidan tinggi.

Kandungannya dapat membantu menjaga elastisitas kulit serta melawan tanda-tanda penuaan dini. 

Baca juga: 7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Tangkal Corona!

8. Suplemen kesehatan 

Si buah kecil ini punya banyak kandungan nutrisi kompleks dalam jumlah tinggi, seperti fosfor, serat, protein, vitamin, kalsium, vitamin B, dan zat besi. 

Maka tak heran di beberapa negara ada yang mengolah buah kersen menjadi komoditas jual-beli dalam bentuk selai atau suplemen kesehatan dengan nilai ekonomis tinggi. 

Apakah kamu tertarik untuk mulai mengonsumsinya? 

Terus temukan informasi bermanfaat dan menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com

Bagikan:
3134 kali