Bayam, tanaman sayuran yang membutuhkan waktu panen sangat singkat - Rumah123.com Bayam, tanaman sayuran yang membutuhkan waktu panen sangat singkat - Rumah123.com

Sayuran memiliki segudang manfaat untuk tubuh setiap orang. Mulai dari meningkatkan sistem imun hingga mencegah kanker, mengonsumsi sayuran sangatlah penting. Tak heran, bahan makanan satu ini hampir selalu ada di setiap rumah. Mengingat kehadiran sayuran sangat penting bagi kesehatan setiap anggota keluarga, maka tak ada salahnya untuk menanam tanaman sayuran di rumah! Selain lebih hemat, tentu kualitasnya lebih terjamin jika kamu menanamnya sendiri. 

Apalagi, ada banyak tanaman sayuran yang tak membutuhkan waktu lama untuk dipanen. Bahkan, beberapa hanya membutuhkan waktu 30 hari saja! Apabila kamu punya taman belakang rumah, maka tak ada salahnya untuk menanam 11 jenis tanaman sayuran yang cepat panen berikut ini!

Kangkung

Bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan, kangkung merupakan tanaman sayuran yang mudah ditanam di segala musim. Waktu panennya kurang lebih selama 3 minggu dari penanaman biji. Ditambah lagi, kangkung dapat ditanam di lahan sempit dengan cara budidaya hidroponik. Jadi jangan khawatir untuk kamu yang punya lahan minim! 

Wortel bayi

Wortel bayi merupakan salah satu varietas sayuran yang bisa dipanen hanya dalam waktu 30 hari. Kamu cukup menanam benih wortel bayi dalam wadah atau langsung ke dalam tanah. Tak butuh banyak perawatan dan perhatian, cukup siram selama 2 hingga 3 hari sekali. Dalam 30 hari, kamu bisa menikmati hasil panen wortel bayi sendiri!

Mentimun

Jika kamu memiliki ruang lebih untuk menanam sayuran, maka mentimun bisa jadi pilihan tepat. Tanaman sayuran yang banyak ditemukan sebagai topping segala jenis masakan khas Indonesia seperti ayam bakar atau nasi goreng ini bisa tumbuh di musim apapun sepanjang tahun. Yang ia butuhkan hanyalah ruang yang cukup luas. Waktu panennya pun sangat singkat, hanya 3 hingga 4 minggu saja!

Selada

Selada adalah salah satu sayuran yang sangat kaya akan nutrisi. Bukan hanya itu, selada juga mudah tumbuh dan bisa ditanam dengan cara konvensional maupun hidroponik. Selada bisa tumbuh di berbagai musim, bahkan di bawah suhu rendah sekalipun. Dengan waktu panen yang hanya memakan sekitar 30 hari, volume panen yang dihasilkan juga sangat baik!

Bayam

Sayuran favorit tokoh kartun Popeye ini tak cuma menyimpan banyak manfaat, tapi juga mudah dibudidayakan. Kamu bisa memanfaatkan bagian akar bayam untuk ditanam di lahan yang sudah disiapkan. Jangan lupa perhatikan sinar matahari yang cukup. Sebab, bayam bisa tumbuh subur jika berada di bawah sinar matahari dan pada daerah yang teduh. Maka dari itu, sebisa mungkin tanam bayam di ruangan di dekat jendela. Sirami juga tanaman sayuran tersebut setiap hari. Dalam waktu 4-5 minggu, bayam berwarna hijau yang rimbun siap dipanen!

Daun bawang

Daun bawang merupakan bahan makanan yang sering dipakai di berbagai jenis masakan. Jika kamu mau menanam sayuran ini sendiri di rumah, kamu hanya memerlukan bibit daun bawang dan lahan kosong. Daun bawang bisa dipanen setelah 2,5 bulan sejak bibit ditanam. Apabila sebagian daun sudah menguning, artinya daun bawang sudah siap dipanen. 

Cabe

Bagi kebanyakan orang Indonesia, mkan akan terasa kurang lengkap tanpa sambel. Mengingat harga cabe di pasaran seringkali mengalami perubahan, maka lebih baik jika kamu menanam tanaman sayuran ini sendiri di rumah! Cara menanam cabe ternyata mudah. Masa panennya pun singkat, hanya 2-3 bulan. 

Bawang putih

Sama dengan cabe, harga bawang putih juga fluktuatif. Menanamnya di rumah bisa menjadi solusi untuk menghemat keuanganmu. Untungnya, budidaya bawang putih mudah dilakukan sendiri di rumah. Masa panen bawang putih pun hanya memakan waktu 90-120 hari saja. 

Bagikan:
92590 kali