Dari berbagai makanan yang kita konsumsi setiap hari, ternyata ada beberapa jenis yang didapuk sebagai tanaman pangan terpenting di dunia, ini daftarnya!

tanaman pangan beras

Bukan orang Indonesia namanya kalau tidak makan nasi meski hanya sehari, jadi tak heran kalau padi jadi komoditas pangan utama yang paling banyak diproduksi secara nasional. 

Tapi kalau secara dunia, ternyata masih ada beberapa jenis tanaman pangan lain yang jauh lebih penting dan diproduksi hingga miliaran ton. 

Apa saja tanaman pangan terpenting di dunia tersebut? 

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini! 

Jenis-Jenis Tanaman Pangan yang Paling Banyak Diproduksi 

Setiap tahunnya, Food and Agricultural Organization (FAO) yang merupakan badan khusus di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengatur seputar urusan pangan dan pertanian dunia merilis statistik mengenai produksi bahan makanan global. 

Di dalam statistik tersebut dapat diketahui jumlah produksi jenis tanaman pangan paling penting yang merupakan akumulasi dari berbagai negara. 

Berikut ini kami sajikan 10 jenis tanaman pangan dengan jumlah produksi tertinggi secara global berdasarkan data dari FAO

1. Tebu

tebu Sumber: Grid.id

Bertahta di urutan pertama adalah bahan dasar penghasil gula yang diambil dari beberapa jenis tanaman pangan dalam keluarga tebu atau Saccharum

Dengan total akumulasi panen mencapai lebih dari 1,9 miliar ton, tebu menjadi komoditas yang paling banyak diperjualbelikan dengan dua negara pemasok utama, yaitu Brazil dan India yang menyumbang lebih dari 70% kebutuhan dunia. 

2. Jagung 

Menikmati jagung bakar di tengah dinginnya udara malam atau renyahnya popcorn sambil nonton film kesayangan memang jadi hal yang kerap dilakukan banyak orang. 

Selain dikonsumsi langsung, jagung juga diolah menjadi produk makanan lainnya seperti tepung maizena, sirup, pakan ternak, sampai bahan dasar etanol alami. 

Jadi tidak heran kalau produksi jagung secara globa bahkan melebihi beras dengan total lebih dari 1,147 miliar ton yang didominasi oleh Amerika Serikat, Tiongkok, Brazil, dan Ukraina. 

3. Beras 

cara menghilangkan kutu beras - Rumah123.com

Walau tidak berhasil menempati urutan pertama sebagai jenis tanaman pangan nomor satu dunia secara produksi, beras (Oryza sativa) tetap didapur sebagai bahan makanan paling penting di hampir seluruh negara Asia, termasuk Indonesia. 

Apalagi mengingat budaya yang kuat di Tanah Air dengan ungkapan kalau makan itu belum lengkap rasanya jika tidak ada sepiring nasi. 

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar yang dikenal dengan sektor pertaniannya, Indonesia sukses masuk ke daftar produsen beras terbesar ke-3 dunia di bawah Tiongkok dan India, dengan total panen global mencapai lebih dari 782 juta ton.  

4. Gandum

Masih berkerabat dekat dengan beras, gandum yang merupakan bagian dari keluarga serealia dari suku padi-padian juga menjadi salah jenis tanaman pangan paling penting yang jumlah produksinya hanya sedikit berada di bawah beras. 

Walau secara konsumsi gandum paling banyak didominasi negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Eropa, produsen terbesarnya justru adalah Tiongkok yang memberikan kontribusi sebesar 21% dari total 734 juta ton panen dunia. 

5. Kentang 

kentang Sumber: Isaaa

Bahan dasar segudang makanan lezat yang juga masuk dalam kategori jenis tanaman palawija ini memiliki jumlah produksi global mencapai 368 juta ton yang mayoritas berasal dari negara seperti Tiongkok, Rusia, India, dan Ukraina.  

6. Kacang Kedelai 

Tanaman pangan paling penting dengan sejuta manfaat ini pastinya sudah sangat akrab di kalangan masyarakat Indonesia, apalagi kalau bukan bahan dasar tempe dan tahu, yaitu kacang kedelai. 

Berada di posisi ke-6, FAO mencatat sejumlah 348 juta ton panen kacang kedelai dari seluruh gabungan produksi dunia yang dikuasai oleh Amerika Serikat, Argentina, Tiongkok, dan Brazil.

7. Singkong

singkong Sumber: The Jakarta Post

Satu lagi jenis tanaman pangan palawija yang banyak dikonsumsi di Indonesia dan ternyata juga diproduksi secara masal di dunia. 

Dari 277 juta ton hasil panen singkong, Nigeria menjadi produsen terbesar disusul Thailand, dan Indonesia di urutan ketiga. 

8. Tomat

Si buah merah yang juga merupakan keluarga sayuran ini termasuk ke dalam jenis tanaman pangan terpenting dengan 182 juta ton produksi secara global.  

Tomat (Lycopersicon esculentum) paling banyak dijadikan sebagai bahan utama saus tomat atau campuran salad.  

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga properti terbaru di Citra Garden Puri Mas!

Bagikan:
941 kali