Tren model rumah 30 tahun lalu, tentu berbeda dengan model rumah terbaru di masa sekarang.

Kalau dulu, mungkin rumah gedongan selalu menjadi kebanggaan. Tapi semakin menyempitnya lahan dan semakin mahalnya harga tanah, compact house menjadi rumah masa depan yang populer di Indonesia, terutama di daerah perkotaan.

Compact house yang sering disebut dengan istilah rumah terpadu memiliki tujuan meminimalisasi ruang dengan skala prioritas ruang mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak. Biasanya, pasangan yang baru menikah atau masyarakat urban yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja lah yang menyukai rumah model terbaru ini.

Penasaran dengan bentuk rumah compact house? Rumah123.com telah merangkum 8 compact house dengan desain yang super keren. Ssst, semua gambar model rumah terbaru ini berlokasi di Indonesia lho!

AHouse, Surabaya, Jawa Timur

model rumah terbaru - rumah123.commodel rumah terbaru - rumah123.com Sumber: instagram.com/studiopapa.id

Dibangun di atas lahan seluas 250 meter persegi, rumah yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini memiliki bentuk dasar kotak yang ditumpuk. Rumah ini merupakan project bersama KOMA living dengan Studio Papa.

MO House, Tangerang Selatan

model rumah terbaru - rumah123.com Sumber: twitter.com/mondododo

Rumah milik arsitek Mande Austriono ini didesain oleh dirinya sendiri. Lantaran memiliki dana yang terbatas, Mande akhirnya menemukan ide untuk mencoba mengembangkan konsep cohousing sebagai alternatif bagaimana masyarakat Indonesia bisa memiliki rumah tanpa harus tergantung dengan pilihan yang ditawarkan developer.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Dapur Mungil Ini Bikin Rumah Kecil Jadi Gak Membosankan

Bandung, Jawa Barat

model rumah terbaru - rumah123.com Sumber: twitter.com/udoudoo

Berlokasi di Bandung, rumah satu ini sempat viral di media sosial setelah diposting oleh pemilik akun @udoudoo. Menurut akun tersebut, kurang lebih habis sekitar Rp 365 juta untuk merenovasi rumah ini.

Kiri's House, Bintaro, Tangerang Selatan

model rumah terbaru - rumah123.com Sumber: instagram.com/atelier_riri

Dibangun di atas tanah seluas 90 meter persegi, rumah yang dinamakan "Kiri" ini dibuat sefungsional mungkin. Nama Kiri sendiri diambil sebagai bentuk representasi bentuk rumah yang memberikan kesan seolah-olah condong ke kiri.

Baca juga: 4 Rekomendasi Gedung Pernikahan di Bawah Rp 20 Juta Buat Intimate Wedding

Bandung, Jawa Barat

model rumah terbaru - rumah123.com Sumber: instagram.com/erwin_regina

Rumah cantik satu ini dirancang oleh pasangan arsitek Erwin Kusuma dan Regina Winarni. Rumah minimalis ini berlokasi di Bandung, Jawa Barat,

Bandung, Jawa Barat

model rumah terbaru - rumah123.commodel rumah terbaru - rumah123.com Sumber: instagram.com/arsitag

Rumah berukuran 4x6x6 ini merupakan hasil karya Dua Studio. Di tengah lingkungan padat penduduk, rumah kecil ini tetap memberikan privasi bagi penguninya. Alih-alih menggunakan partisi, sang arsitek memilih untuk membuat ruang lapang dan fleksibel, yang menciptakan keintiman.

The BB House, Bandung, Jawa Barat

model rumah terbaru - rumah123.commodel rumah terbaru - rumah123.com Sumber: instagram.com/mondododo

Rumah tipe 45 yang berlokasi di Bandung ini merupakan hasil karya Mande Austriono. Berlokasi di permukiman padat, sang arsitek membuat jendela besar di lantai dua agar penghuni rumah bisa memiliki pemandangan ke arah gunung.

Citra House, Jakarta

model rumah terbaru - rumah123.commodel rumah terbaru - rumah123.com Sumber: instagram.com/modulastudio

Berlokasi di Jakarta, bangunan cantik memiliki luas 150 meter persegi.

SN House, Jagakarsa, Jakarta Selatan

model rumah terbaru - rumah123.commodel rumah terbaru - rumah123.com Instagram.com/snhouse_id

Terletak di Jakarta Selatan, rumah satu ini juga hasil karya Mande Austriono. Bentuk kotak seakan menjadi ciri khas karya Mande.

Itu dia sejumlah model rumah terbaru dengan konsep compact house yang bisa kamu tiru. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sangat disarankan untuk menggunakan jasa desain rumah profesional. Butuh tips lain seputar rumah? Cek terus artikel-artikel Rumah123.com lainnya!

Bagikan: 1207 kali