Beli rumah pertama Sumber : Shutterstock

Rumah pertama merupakan salah satu idaman bagi kaum milenial kekinian yang selalu aktif dan dinamis, mengingat rumah adalah kebutuhan primer.

Pasalnya, banyak sekali orang yang menganggap bahwa kaum milenial yang serba cepat dan praktis memiliki peluang yang lebih rendah untuk beli rumah.

Meski demikian anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, kaum milenial pun tetap bisa mewujudkan rumah idaman mereka sebagai inspirasi terbaik. 

Untuk diketahui, rumah milenial saat ini kerap dikaitkan dengan simbol kematangan sehingga tidak membeli rumah pertama di usia muda.

Lantas, seperti apa cara membeli rumah pertama bagi fresh graduate berpenghasilan Rp6 jutaan? Untuk itu simak pembahasannya bersama-sama!

Tips membeli rumah pertama bagi milenial, wajib tahu supaya kamu melek investasi 

Untuk mewujudkan rumah pertama, ada beberapa langkah yang perlu kamu ketahui secara lebih lanjut.

Kamu bisa melakukan beberapa tips dan inspirasi menarik bagi fresh graduate dengan cara sebagai berikut : 

1. Pentingnya menabung sebagai cara membeli rumah

Cara membeli rumah Sumber : bprpundi.co.id

Masih muda sudah punya rumah itu keren banget! Meski baru lulus kuliah bukan berarti kamu belum bisa memikirkan masa depan maupun berinvestasi.

Oleh sebab itu, penting bagi kita menabung sejak dini khususnya bagi kaum milenial yang ingin menjajaki karir di dunia pekerjaan.

Menabung untuk membeli rumah pertama artinya kamu sudah memiliki itikad baik untuk menghasilkan kehidupan yang lebih baik.

Meski menabung bagi fresh graduate dengan penghasilan menengah tergolong berat, alangkah baiknya jika kamu sudah merencanakan keuangan secara cermat.

Sebagai contoh, kamu bisa menabung sedikit demi sedikit, yakni menabung mulai Rp100.000 atau Rp200.000 per bulan, lama-lama juga bisa mencapai jumlah yang besar.

Seiring berjalannya waktu, pastinya penghasilan akan menyesuaikan sehingga nominal yang kamu tabung menjadi lebih besar, sehingga DP rumah dan cicilan bisa diraih.

2.  Tips beli rumah dengan mengalokasikan gaji secara efektif 

Tips Membeli Rumah Sumber : qubiz.net

Saat ini banyak milenial yang memiliki mindset gaji yang masih kecil, namun hal tersebut secara tidak langsung berpengaruh terhadap standar hidup.

Oleh sebab itu, tips beli rumah pertama yang baik dan bisa kamu lakukan adalah mengalokasikan gaji secara efektif, khususnya fresh graduate dengan penghasilan level junior.

Apabila kamu sudah mempunyai pekerjaan tetap, ada baiknya jika kamu sudah menetapkan besaran jumlah uang yang ditabung setiap bulannya, misal Rp500 ribu, Rp1 juta, dan seterusnya. 

Kamu pun bisa menabung dengan sistem ini secara bertingkat dan tetap berkomitmen untuk melaksanakannya.

Saat kamu menerima gaji sesuai tanggal yang berlaku, ada baiknya kamu sisihkan terlebih dahulu kemudian dihabiskan untuk kebutuhan operasional.

3.  Memilih rumah milenial sesuai bujet 

Rumah Milenial Sumber : masandy.com

Rumah pertama pastinya adalah rumah yang menunjang kebutuhan primer secara nyaman dan fungsional.

Oleh sebab itu, sebelum mewujudkan rumah pertama ada baiknya kamu mengetahui besaran budget harga rumah yang tersedia.

Dalam memilih rumah milenial, selain memperhatikan bujet kamu juga harus menghitung kebutuhan jangka panjang terlebih jika kamu akan berkeluarga.

Saat kamu sudah mengambil keputusan, pastikan anggaran cicilan tidak melebihi angka 30% dari total penghasilan bulanan.

4.  Menabung lebih mudah apabila kamu masih tinggal dengan orang tua 

Tinggal dengan orang tua Sumber : Bridestory.com

Apabila kamu sudah bekerja, namun masih tinggal di rumah orang tua maka hal ini akan sangat menguntungkan kamu.

Pasalnya, cara beli membeli rumah idaman yang ingin kamu kehendaki akan semakin mudah, terlebih kamu tidak perlu membayar sewa kontrak maupun bayar indekos. 

Hal ini bisa menjadi pertimbangan penting, sehingga kamu pun bisa menambahkan anggaran tabungan untuk beli rumah pertama dengan mudah, sehingga rumah idaman yang kamu inginkan semakin cepat dibeli.

5.  Mengatur biaya konsumsi dan gaya hidup 

Gaya hidup milenial Sumber : Sehatq.com

Tanpa kamu sadari, gaya hidup dan konsumsi berlebih ternyata sangat berpengaruh terhadap cara membeli rumah. 

Untuk diketahui, gaya hidup milenial kerap menjadi masalah yang sangat penting bahkan kerap melakukan pemborosan uang demi menghasilkan pengalaman tak terlupakan.

Sebagai contoh, kaum milenial rela membayar hingga jutaan rupiah demi kesenangan mereka, mulai dari santap makan, nongkrong hingga berlibur.

Oleh sebab itu, kamu pun harus mengatur gaya hidup maupun biaya konsumsi secara efektif dan efisien, sehingga anggaran untuk beli rumah dapat tercapai lebih dahulu. 

Terkait dengan hal ini, kamu bisa menganggarkan gaya hidup sebagai salah satu indikator pengeluaran bulanan. 

6.  Mempunyai usaha sampingan 

bisnis rumahan

Selain menabung, kamu pun harus berpikir cerdas dan kreatif supaya dapat memutar uang dengan nominal yang lebih besar.

Dalam hal ini, tak ada salahnya jika kamu memiliki usaha sampingan sesuai kemampuan maupun passion kamu.

Sebagai contoh, kamu bisa menjadi fotografer maupun sebagai makelar dan pedagang kecil-kecilan untuk menambah pundi-pundi keuangan maupun tabungan.

Dengan adanya usaha sampingan, membeli rumah pertama pun rasanya akan semakin mudah sehingga kamu pun akan termotivasi dan percaya diri.

7.  Menghitung biaya transportasi secara cermat 

moda transportasi

Tak hanya sekadar membeli rumah, biaya transportasi merupakan salah satu hal penting yang wajib kamu ketahui.

Biaya transportasi bukan hanya beban operasional saat kamu masih tinggal bersama orang tua, melainkan juga terkait dengan aspek keterjangkauan antara rumah dan tempat kerja.

Ada dua pendekatan yang bisa kamu lakukan, yakni menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi umum.

Jika kamu memilih transportasi pribadi, pastikan kamu menghitung pengeluaran bensin maupun parkir untuk memastikan faktor efektif dan efisiensinya secara baik.

Sementara, jika memilih transportasi umum kamu juga harus mengetahui jarak keterjangkauan dengan stasiun maupun halte dekat rumah, sehingga dapat menunjang produktivitas kerja sehari-hari.

8.  Selain kesehatan finansial, pastikan kesehatan jasmani menjadi perhatian penting

Olahraga di Taman Sumber : insidejakarta.com

Tak hanya sekadar kesehatan finansial dengan nominal tabungan yang berlimpah, kamu juga harus memperhatikan kesehatan jasmani.

Untuk diketahui, kesehatan jasmani merupakan hal yang penting untuk merencanakan keuangan dengan baik, terlebih biaya rumah sakit pastinya mahal untuk saat ini.

Oleh sebab itu, kamu pun diharuskan untuk berolahraga untuk memastikan kekuatan badan kamu dalam menjalani aktivitas.

Meski demikian, banyak orang yang berolahraga dengan melakukan gym, sehingga hal ini jadi perhatian yang serius.

Jika biaya nge-gym menjadi biaya tetap yang sangat mahal, alangkah baiknya kamu bisa berlari maupun berenang dengan harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan membayar gym setiap bulannya.

Itulah beberapa cara terbaik dalam mewujudkan rumah pertama untuk kamu sebagai fresh graduate dengan penghasilan rata-rata Rp6 jutaan. 

Yuk, cari tahu inspirasi seputar tips properti menarik, selengkapnya di Rumah123.

"Sedang mencari lokasi investasi properti? Temukan jawabannya bersama SQ Res Jakarta Selatan."

Bagikan:
3722 kali