Cara merawat kaktus Sumber : Shutterstock

Cara merawat kaktus menjadi hal yang sangat menarik untuk diperhatikan, baik sebagai hobi baru maupun aktivitas rumah terbaik. Pasalnya, tanaman kaktus mempunyai kemampuan beradaptasi yang sangat baik, sekhingga sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar bercocok tanam Bukan hanya sekadar meningkatkan estetika, kaktus juga dapat menambah keindahan ruang, baik di dalam rumah maupun di luar rumah sekalipun dengan cahaya samar-samar.  Jika kamu adalah seorang yang sedang belajar menanam tanaman kaktus di rumah dalam mengisi waktu, ada beberapa cara yang bisa kamu aplikasikan supaya lebih indah. Penasaran? Simak pembahasannya bersama-sama!

Tips merawat tanaman kaktus bagi pemula, yang hobi bercocok tanam wajib tahu supaya kaktus hias maupun kaktus sukulen terlihat menarik  

Untuk memudahkan kamu saat bercocok tanam, ada beberapa cara merawat kaktus yang bisa kamu lakukan sebagai berikut

1. Kenali jenis spesies tanaman kaktus yang kamu miliki

Jenis kaktus Sumber : Tokopedia
Saat kamu membeli tanaman kaktus, pastikan kamu mengetahui jenis tumbuhan kaktus maupun kaktus sukulen yang kamu beli untuk kebutuhan hunian. Jenis tersebut bisa merujuk pada nama kaktus tersebut sekalipun varietas kaktus, supaya ia bisa beradaptasi dengan lingkungan secara cepat. Hal ini pastinya akan sangat membantu kamu saat ingin menanam kaktus supaya terlihat indah dipandang oleh mata. 

2.  Memilih pot dengan lubang di bawahnya 

Lubang pot bawah Sumber : Google
Agar tumbuhan kaktus tersebut bisa disimpan di dalam rumah, sekalipun di dekat kamar tidur cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih pot dengan baik. Perlu diketahui, memilih jenis pot tidak bisa dilakukan secara sembarang, sekalipun berpengaruh dalam cara merawat kaktus di rumah. Sebab, cara ini dibutuhkan untuk memastikan air siraman bisa merembes keluar dan tidak menggenang di dalam pot. Jika hal tersebut terjadi, maka tanaman kaktus yang ditanam akan membusuk, sehingga hal tersebut bisa membahayakan tumbuh kembangnya.

3. Perhatikan media tanam pada tumbuhan kaktus 

Media tanam Sumber : Google
Cara merawat kaktus selanjutnya yang bisa kamu perhatikan adalah mengetahui jenis media tanam di rumah. Kebutuhan media tanam berbagai jenis kaktus pastinya berbeda-beda, sekalipun tidak boleh asal menggunakan media yang bisa menyimpan air terlalu lama.  Kamu pun bisa memadukan pasir malang, campuran tanah maupun pupuk kandang maupun sekam bakar.

3.  Sinar Matahari yang cukup dalam menanam kaktus hias 

Kaktus dekat matahari Sumber : Google
Meski tersimpan di dalam ruangan, kaktus hias maupun berbagai jenis kaktus lainnya tetap harus memperoleh sinar matahari dengan baik supaya terlihat lebih hidup. Pasalnya, tanaman kaktus tersebut memerlukan sinar matahari dalam jumlah yang cukup supaya berkembang dengan baik. Walaupun membutuhkan sinar matahari, namun tidak diperkenankan untuk terpapar langsung karena dapat membuatnya menjadi menguning.

4.  Menyiram tanaman kaktus tidak berlebihan 

Menyiram kaktus Sumber : Antara
Air memang menjadi bagian penting sebagai cara merawat kaktus rumah, namun hal tersebut tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Pasalnya, kadar air pada kaktus harus mempunyai komposisi pas sekalipun bisa kamu lakukan secara berkala, setidaknya satu hingga dua minggu sekali. Cara menyiram kaktus dengan baik bisa kamu lakukan tanpa harus terkena media tanam, apabila bagian daun mengering dan berkerut, sebaiknya dipotong dan disemprot seperti biasa.

5.  Gunakan moisture meter pada tanaman kaktus 

Moisture Meter Sumber : Google
Jika kamu adalah seorang pemula, rasanya menggunakan moisture meter sebagai cara merawat kaktus merupakan pilihan yang cukup penting.  Alat ini merupakan bagian yang berfungsi untuk mengetahui kadar tanah, kelembapan sekalipun intensitas cahaya masuk ke dalam permukaan tanah. Hal tersebut akan sangat membantu untuk memastikan tumbuh kembang tanaman kaktus dengan baik.

6. Memberi pupuk sebagai cara merawat kaktus

Pupuk Sumber : Google
Selain unsur air yang sesuai, pemberian pupuk juga menjadi aspek penting yang harus diperhatikan secara mendalam.  Adapun, jenis pupuk yang bisa kamu pilih adalah pupuk NPK, dengan komposisi yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Berikan sebanyak 2 sampai 3 butir ke setiap tanaman, sebisa mungkin tidak memberikan secara berlebih karena dapat mengakibatkan panas yang merusak tanaman.

7.  Memindahkan posisi tanaman kaktus 

Kumpulan Kaktus Sumber : Google
Pastikan tanaman kaktus tidak hanya disimpan dalam satu tempat saja, melainkan juga berbagai tempat lainnya secara berkala. Hal tersebut bukan hanya berpindah tempat, melainkan juga berkaitan dengan sinar matahari yang baik untuk perkembangan kaktus. Pemindahan posisi kaktus akan sangat membantu adaptasi lingkungan baru, sekalipun mereka menjadi lebih kebal. Itulah beberapa cara merawat kaktus bagi pemula supaya tanaman terlihat lebih indah dan terawat.  Yuk, temukan referensi hunian idaman terbaik, selengkapnya di Rumah123. "Sedang cari rumah idaman? Kamu bisa cari tahu Serpong Natura City selengkapnya." 
Bagikan:
8706 kali