membersihkan noda membandel pada pakaian dan sepatu ternyata gampang - Rumah123.com Membersihkan noda membandel pada pakaian dan sepatu ternyata gampang - Rumah123.com

Membersihkan noda membandel di pakaian hingga sepatu pastinya membutuhkan usaha lebih. Apalagi jika kamu kebagian tugas mencuci pakaian seluruh anggota keluarga. Tentu kegiatan satu ini akan sangat menyita waktu dan tenagamu.

Karena itu, di sini Rumah123.com ingin berbagi tips gampang membersihkan noda pada pakaian dan sepatu. Gak perlu banyak usaha, gak perlu memakan banyak waktu, bak cucianmu dijamin lebih cepat habisnya! Penasaran gimana caranya? Langsung aja yuk, simak cara-caranya di artikel ini.

Menghilangkan noda minyak menggunakan kapur

Makanan berlemak memang sangat lezat. Sayangnya ketika makanan tersebut jatuh ke pakaian, nodanya sangat susah hilang. Jangan buang waktumu dengan mencucinya berkali-kali menggunakan deterjen biasa. Sebagai gantinya, kamu bisa coba gunakan kapur. Gosok kapur ke noda minyak, biarkan selama beberapa menit hingga minyak terserap oleh kapur, baru sikat dan cuci seperti biasa. 

Mengeringkan sepatu lembab dengan koran

Di musim hujan seperti ini, sepatu sangat rentan terkena air hujan atau air yang tergenang di jalan. Alhasil, sepatumu pun jadi lembab. Kalau kamu punya sepatu cadangan sih tak jadi masalah besar. Tapi kalau sepatu tersebut hanya satu-satunya, dijamin panik setiap hujan! Tapi jangan khawatir lagi, karena ternyata ada cara gampang untuk mengeringkan sepatu yang lembab. Cukup bungkus sepatu dengan beberapa lembar koran bekas dan biarkan semalaman. Sisa-sisa air yang ada di dalam sepatu akan terserap ke dalam koran!

Menghilangkan noda keringat dengan baking soda

Keringat basah yang mengering kerap meninggalkan bercak kuning di pakaian. Noda tersebut biasanya susah hilang jika dicuci hanya menggunakan deterjen biasa. Gunakan campuran baking soda dan ¼ cangkir air hangat, dan oleskan ke area yang ternoda. Rendam selama satu jam, lalu cuci dan bilas seperti biasa. 

Mempercepat proses pengeringan dengan memasukkan handuk ke mesin cuci

Sebagian besar mesin cuci punya opsi cuci cepat. Tapi hampir jarang yang memiliki opsi pengeringan cepat. Kamu bisa mengakalinya dengan memasukkan handuk kering ke dalam mesin cuci. Angkat setelah 15 menit agar air dari pakaian terserap ke dalam handuk. Dengan begitu, proses pengeringan juga otomatis menjadi lebih cepat.

Menghapus noda di pakaian dengan kekuatan sinar matahari

Mau membersihkan noda pakaian tanpa banyak usaha? Sinar matahari adalah jawabannya! Gantungkan pakaian bernoda milikmu di bawah sinar matahari. Kekuatan cahaya akan mengangkat noda dan mencerahkan pakaian. Cara ini adalah yang paling mudah dan paling murah! 

Mempercepat proses menyetrika pakaian katun

Pakaian berbahan katun memang sangat nyaman untuk digunakan. Tapi selamat bersusah payah saat menyetrikanya! Bahan pakaian satu ini membutuhkan waktu lama untuk disetrika. Triknya, setrika ketika pakaian katunmu berada dalam keadaan setengah basah. Air dan panasnya setrika akan menghasilkan uap, dan membuat hasil setrika sempurna tanpa cela dalam hitungan detik.

Anti bau kecut pada pakaian dengan menambahkan cuka

Pakaian yang lembab kerap menghasilkan bau kecut tak sedap yang susah hilang. Apabila kamu mau memastikan pakaian menghasilkan wangi yang segar pasca keluar dari mesin cuci, campurkan setengah cangkir cuka ke dalam cucianmu.

Merapikan pakaian tanpa setrika

Berada dalam keadaan darurat dan tak memiliki alat setrika? Tak perlu panik! Segera jemur pakaian basah seketika setelah pakaian diangkat dari cucian. Cara ini bisa mendorong kerutan terlepas dari pakaian, sehingga kamu bahkan tak membutuhkan setrika lagi. 

Bagikan: 1622 kali