Apa yang akan kamu lakukan untuk membuat rumah sempit milikmu menjadi luas?

rumah sempit - rumah123.com

Mungkin sebagian besar dari kamu akan menjawab renovasi dan ekspansi lahan. Tapi untuk melakukannya, sudah pasti membutuhkan dana besar. Untungnya, banyak trik yang bisa dilakukan dengan mudah, sehingga rumah sempit bisa tampak lapang.

Tentu saja, usaha dan dananya pun minimal. Kenali rumahmu dan terapkan 7 trik tipuan visual bawah ini yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

Cermin

rumah sempit - rumah123.com

Cermin mampu memberi refleksi pantulan dua kali lebih panjang dari ruangan. Tak heran banyak yang meletakkan cermin untuk memberikan efek lapang pada ruang tersebut. Makin besar cermin, maka makin lapang refleksi ruang yang dipantulkan. Tapi, pastikan tata letaknya tepat ya, agar tak mengganggu estetika ruangan. Posisi cermin di depan jendela bisa jadi pilihan tepat, karena bisa membuat kesan lega dan terang lebih maksimal.

Baca juga: Dari Ruang Tamu Hingga Dapur, Ini 5 Trik Supaya Interior Rumah Minimalis Type 36 Terlihat Lapang

Furnitur

rumah sempit - rumah123.com

Furnitur minimalis banyak dipilih untuk mengisi rumah sempit. Bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan karena furnitur bergaya klasik dengan aksen yang detail dan berukuran besar cenderung meninggalkan kesan sempit dan sesak. Pilih furnitur dengan desain simple dan berukuran ramping untuk menyempurnakan rumah sempit yang interiornya mungil.

Dinding dan wallpaper

rumah sempit - rumah123.com

Warna netral dan lembut seperti putih, krem, kuning muda, ataupun abu muda, secara psikologis bisa memberikan kesan ruang yang lapang. Berbanding terbalik dengan cat yang warnanya terlalu terang maupun terlalu gelap. Penggunaan wallpaper dengan siluet garis horizontal dan warna dasar lembut juga memberi kesan ruang lebih besar.

Plafon

  rumah sempit - rumah123.com

Ukuran plafon memang sangat memengaruhi tampak visual sebuah rumah. Plafon yang rendah bisa membuat ruangan seakan lebih pendek dan sempit. Mengingat butuh dana cukup besar untuk meninggikannya. Solusinya, kamu bisa mengganti warna plafon menggunakan cat warna putih atau warna yang lebih lembut dan muda dibandingkan warna cat dinding.

Lampu

rumah sempit - rumah123.com

Semakin terang lampu sebuah ruangan, semakin tampak luas pula ruangan tersebut dibandingkan aslinya.  Pilih lampu dinding bercahaya putih. Selain memberi kesan luas, lampu dinding bisa mengganti standing lamp yang menghabiskan ruang.

Baca juga: 10 Pagar Minimalis dan Modern Ini Bikin Rumahmu Dilirik Orang!

Dinding dan partisi

rumah sempit - rumah123.com

Ruang tanpa sekat atau konsep open space memang efektif menjadi solusi rumah sempit. Gabungkan dua fungsi ruang sekaligus, misalnya seperti ruang tamu dengan ruang makan. Untuk memberi privasi, gunakan tirai sebagai pengganti dinding.

Jendela

rumah sempit - rumah123.com

Elemen jendela memang punya peran penting dalam memperluas ruangan. Pilih jendela dengan bingkai tipis, sehingga pandangan ke arah luar pun menjadi lebih luas ketimbang pandangan dari jendela berbingkai.

Dengan menerapkan trik di atas, rumah sempit milikmu bisa tampak luas. Minim dana dan minim usaha kan?

Informasi lainnya seputar rumah bisa kamu dapatkan di situs Rumah123. Yuk, dibaca!

Bagikan: 2068 kali