ruang kerja minimalis

Ada sejumlah cara mengubah sudut ruangan di rumah menjadi ruang kerja minimalis, tentunya cocok untuk beraktivitas selama WFH di masa pandemi.

Pandemi Covid-19 memang bisa mengubah segalanya, termasuk cara kerja yang biasa di kantor, kini kerja dilakukan di rumah atau work from home (WFH) sejak awal 2020 lalu.

Hampir semua kantor, terlebih yang termasuk dalam penyebaran tinggi virus corona menutup kantor mereka, dan memberlakukan kerja dari rumah.

Masalahnya, tidak semua orang memiliki tempat yang nyaman untuk dijadikan ruang kerja di rumah, apalagi kalau rumah mereka hanya rumah type 36.

Meskipun kecil, sebenarnya ruang kerja minimalis dapat memberikan kenyamanan saat melakukan tugas-tugas kantor selama WFH.

Situs properti Rumah123.com akan memberikan sejumlah tips cara mengubah sudut rumah menjadi ruang kerja minimalis yang nyaman.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruang kerja di rumah nyaman dengan memanfaatkan setiap sudut atau ruangan yang ada di rumah kamu.

Tips Memanfaatkan Sudut Ruangan Menjadi Ruang Kerja Minimalis di Rumah

1. Memaksimalkan di Bawah Tangga

Bawah tangga menjadi salah satu tempat yang bisa kamu coba untuk membuat ruang kerja minimalis, area ini bisa digunakan untuk apa saja asalkan luas.

Kamu cukup memberikan meja dengan ukuran yang disesuaikan dengan ruang yang tersisa, ditambahkan dengan kursi dan beberapa perlengkapan kantor lainnya.

Jangan lupa, memilih furnitur yang tepat sehingga kamu bisa lebih nyaman dalam bekerja di rumah.

Meja lipat multifungsi bisa menjadi pilihan, jika ruanan yang kamu miliki tidak terlalu besar, atau kamu pun bisa memilih meja kerja yang bisa dilipat ke dinding.

Jadi, jika kamu sudah selesai bekerja, tinggal melepas penyangganya dan meja tersebut akan menyatu dengan tembok, tentunya menghemat tempat bukan?

2. Memanfaatkan Sudut kamar

Jika kamu memiliki kamar yang tidak terlalu besar, kamu bisa memanfaatkan meja rias sebagai meja kerja kamu.

Kamu hanya perlu merapikan semua perlengkapan make up dan skin care yang kamu miliki di dalam laci, dengan begitu, kamu bisa menggunakan meja rias untuk menaruh laptop.

Namun, jika kamu memiliki sudut kamar yang kosong, tempat tersebut bisa menjadi tempat kerja yang paling baik. Cukup letakkan meja beserta kursi yang tidak terlalu besar.

3. Memanfaatkan Ruang Tamu 

Kamu bisa memanfaakan ruang tamu sebagai ruang kerja minimalis, apalagi kalau rumah memang berukuran kecil.

Sudut ruangan bisa dimanfaatkan dengan menaruh meja dan kursi, tentunya memang tidak ideal, namun bisa menjadi alternatif pilihan.

4. Menggunakan Ruang Makan 

Area dapur dan ruang makan yang menyatu di rumah type 36 juga bisa dimanfaatkan, rapikan dan bersihkan meja makan.

Jika kamu tidak memiliki alternatif pilihan, banyak lo, orang yang memanfaatkan meja makan sebagai meja belajar dan juga meja untuk bekerja.

5. Memiliki Meja dan Kursi 

Saat kamu ingin memiliki ruang kerja minimalis, setidaknya kamu memiliki meja dan kursi, tentunya agar kamu nyaman saat bekerja.

Kamu bisa memanfaatkan meja dan kursi makan, pastinya menjadi pilihan minimalis lantaran meja kerja dan kursinya memang berharga mahal.

6. Mempunyai Peralatan Pendukung yang Lengkap 

Jika kamu memang ingin bekerja di rumah dengan baik, setidaknya kamu melengkapi dengan peralatan pendukung seperti colokan listrik, kabel, dan lainnya.

Pastinya, kamu harus memiliki akses listrik untuk laptop, telepon pintar, atau peralatan elektronik lainnya.

7. Perhatikan cahaya dan ventilasi

Memanfaatkan ruangan di rumah untuk membuat ruang kerja minimalis, bukan berarti tidak memperhatikan faktor lainnya.

Misanya saja seperti pencahayaan yang baik serta ventilasi udara yang cukup, tentunya agar ruang kerja menjadi lebih nyaman, segar.

Sejumlah faktor ini menjadi hal yang dapat membuat kamu nyaman dan sehat selama bekerja di rumah, apakah ruang kerja di rumah kamu sudah cukup nyaman?

Cari tahu beberapa tips tentang desain interior ruangan di situs properti di Rumah123.com.

Pilihan terbaik untuk memiliki rumah tapak di kawasan Tangerang, Banten adalah Provence Suites BSD City.

Bagikan:
272 kali