Dikenal sebagai ustazah ternama, Rumah Mamah Dedeh dilapisi emas dan dipenuhi ratusan karung beras. Seperti ini 7 potret rumahnya!

“Curhat dong Mah” 

“Iya dong” 

Dua kalimat ikonik tersebut sepertinya sudah familiar di telinga masyarakat tersebut merupakan ciri khas Mamah Dedeh dalam acara dakwah yang dibawakannya di salah satu stasiun TV Tanah Air. 

Dengan gaya ceramahnya yang unik dalam setiap kesempatan, tak heran kalau julukan “Mama Dakwah Indonesia” pun disematkan padanya. 

Di balik pamornya sebagai seorang ustazah terkemuka, Mamah Dedeh juga punya cerita menarik yang datang dari hunian tempat tinggalnya yang berlapiskan emas dan punya stok 200 karung beras.

Kira-kira bagaimana penampakan rumah Mamah Dedeh tersebut? 

Mari kita saksikan lewat review hunian figur berikut ini!

Tampilan depan yang penuh ukiran

rumah mamah dedeh Sumber: YouTube Prime Show With Ira Koesno

Agaknya pencarian bangunan rumah yang satu ini bisa dibilang mudah karena penampilannya yang khas dengan cat berwarna putih dan emas yang mendominasi bagian luarnya. 

Pilar besar  yang menjulang tinggi pada area depan terlihat kokoh menopang rumah dua tingkat tersebut. 

Pagar depan rumah yang dicat dengan warna emas memikat serta ukiran berwarna senada pada tembok dan pilar berhasil memberikan kesan yang mewah pada bangunan. 

Ditambah dengan kehadiran desain dua pintu kayu sebagai akses utama dan beberapa jendela yang memberikan kesan tradisional bak hunian bergaya Jawa kuno.   

Taman pribadi dengan beragam koleksi tanaman 

rumah mamah dedeh Prime Show With Ira Koesno

Tepat di area samping bangunan yang bisa langsung diakses dari bagian depan terdapat taman pribadi milik Mamah Dedeh yang terlihat rimbun dengan beragam koleksi tanaman dan pohon. 

Tempat yang satu ini bisa dibilang jadi spot favorit wanita bernama asli Dedeh Rosidah tersebut hampir setiap hari. 

Mamah Dedeh mengungkapnya hobinya memelihara berbagai jenis tanaman yang didapatkan dari beberapa daerah di Indonesia saat sedang mengisi ceramah. 

Rasa cintanya pada koleksi tanaman miliknya dibuktikan dengan kehadiran lampu-lampu neon untuk mempermudahnya jika ingin mengontrol taman saat malam. 

Baca juga: 7 Potret Rumah Hary Tanoe, Definisi Crazy Rich yang Sebenarnya!

Langit-langit berhiaskan ukiran indah 

rumah mamah dedeh Prime Show With Ira Koesno

Ketika menghadap ke arah langit-langit rumah Mamah Dedeh dapat terlihat nuansa emas yang hadir dalam bentuk ukiran berbahan gypsum pada latar belakang cat warna putih. 

Lalu pada bagian tengah terdapat lampu gantung berwarna senada dengan desain klasik yang semakin mempercantik keseluruhan ruangan. 

Rumah Mamah Dedeh yang mengkilap dengan emas

rumah mamah dedeh Prime Show With Ira Koesno

Sejak memijakan kaki ke area masuk rumah Mamah Dedeh, nuansa emas yang khas sudah jadi aksen utama di hampir setiap sudutnya. 

Ternyata ada cerita unik di balik pemilihan warna yang menjadi simbol kekayaan ini untuk huniannya.

Dalam beberapa kesempatan dakwah yang ia lakukan di Sumatera Selatan, tepatnya di kota Palembang, Mamah menemukan inspirasi dari para tokoh dan orang-orang kaya di sana. 

Pengalaman menarik tersebut terjadi belasan tahun silam dan kemudian pada suatu kesempatan.

Impian untuk memiliki rumah berlapis emas serupa dapat diwujudkan bersamaan dengan proses renovasi bangunan yang ia lakukan. 

Baca juga: Mengintip Rumah Ayu Ting Ting, Paling Mentereng Satu Gang!

Perabotan dan aksesoris emas

rumah mamah dedeh Prime Show With Ira Koesno

Warna emas yang dominan pada interior rumah bukan hanya terlihat dari cat pada hiasan ukiran dinding dan langit-langitnya semata.

Melainkan juga sampai ke perabotan beserta berbagai aksesoris di dalamnya. 

Ketika masuk ke area ruang tengah, kabinet besar dan meja panjang yang berlapiskan warna emas tampak mencuri perhatian.

Terdapat pula deretan hiasan vas bunga yang dibalut glitter nan mengkilap sukses memperkuat tampilan monokromatik mewah ruangan. 

Beberapa perabotan seperti vas bunga yang ada di rumah Mamah Dedeh bahkan sengaja dibuat khusus oleh pengrajin lokal ketika ia berkunjung ke Bali. 

Ruang tamu mewah 

rumah mamah dedeh Prime Show With Ira Koesno

Pada area ruang tamu, aspek warna emas masih sangat kental pada perabotan seperti jam dinding model pendulum yang bergantung pada sudut ruangan. 

Tamu yang datang akan dijamu dengan cemilan yang tertata rapi di meja kayu, ditambah dengan kursi empuk yang dilapisi bantalan berwarna coklat tua dengan pinggiran berukir warna emas semakin mempertegas kesan mewah. 

Pigura-pigura berukuran besar yang berjejer rapi di dinding turut memperlihatkan koleksi foto keluarga dan pemandangan ka'bah serta kaligrafi Arab. 

Kabinet penuh makanan dan stok 200 karung beras setiap bulannya

rumah mamah dedeh Prime Show With Ira Koesno

Ada hal menarik lain yang ditemukan di rumah Mamah Dedeh, kali ini bukan dari dinding atau perabotan emasnya, tapi isi di dalam kabinet yang ada di ruang tengah. 

Berbagai cemilan dan panganan tradisional tampak memenuhi area kabinet panjang tersebut, yang ternyata digunakan Mamah sebagai jamuan tamu dan para cucu tersayang. 

Sementara di ruang belakang rumah, terdapat tumpukan beras melimpah ruah dengan jumlah mencapai 200 karung.

Setaip bulannya, Mama Dedeh menyetok 200 karung beras untuk dijadikan sedekah bulanan untuk para warga sekitar tempat tinggalnya.

Ia melakukan ini sejak 8 tahun yang lalu.

Bagikan:
31591 kali