Pindah rumah baru Sumber : Shutterstock

Pindah rumah merupakan salah satu proses penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga harus dilakukan secara cermat.

Pasalnya, proses pindahan tidak semudah angkat koper dari rumah lama ke rumah baru, sehingga perlu perhitungan yang matang sehingga rumah pun membawa berkah yang baik.

Tak jarang, pindahan kerap dikaitkan menjadi sesuatu hal yang bersifat sakral, sehingga Tuan rumah harus mempertimbangkan dengan baik.

Adapun, prosesi pindah rumah bisa memakan waktu yang tidak sebentar sehingga harus dilakukan secara efektif dan efisien.

Lantas, apa saja prosesnya? Simak pembahasannya bersama-sama!

Hal-Hal yang Harus Kamu Ketahui saat prosesi Pindah Rumah 

Sebelum kamu melakukan proses pindahan rumah ke tempat baru baik berdekatan maupun berjauhan, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui.

Kamu pun bisa mengetahui hal-hal penting dalam prosesi pindahan sebagai berikut : 

1. Memilih jasa pindah rumah atau melakukannya secara mandiri dan bertahap

Jasa pindah rumah Sumber : Cerpen.co.id

Untuk memudahkan perpindahan rumah, kamu pun harus menentukan apakah proses ini dilakukan secara mandiri maupun bertahap.

Kata mandiri merujuk bahawa semua hal yang akan kamu lakukan sendiri tanpa membutuhkan orang lain, mulai dari sisi pengemasan sampai logistik.

Sementara, kamu juga bisa menggunakan jasa pindah rumah mulai dari pengiriman barang sampai dengan penataan perabot dengan teknisi yang andal.

Jika kamu berencana menggunakan jasa pindahan rumah, ada baiknya mencermati biaya angkut maupun biaya per kilometernya apakah sesuai atau tidak.

Sebagai contoh, biaya jasa angkut per kilometer berkisar mulai Rp200 ribu sampai dengan Rp500 ribu untuk sewa pick up atau truk secara borongan. 

2.  Mempersiapkan barang dan perlengkapan pindah rumah secara cermat 

Packing Rumah Sumber : Beres.id

Setelah menentukan logistik untuk pindah rumah, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan barang dan perlengkapan secara cerdik.

Hal tersebut bertujuan, supaya proses pindahan tidak bikin kamu kerepotan dalam mempersiapkan barang apa saja yang mesti kamu bawa sesuai dengan kebutuhan. 

Pengemasan barang perlu dilakukan secara rapi melalui beberapa perlengkapan mulai kardus atau box, gulungan strecth wrap, kertas koran, gabus, kantong plastik berukuran jumbo, lem selotip tebal, gunting dan spidol.

Selain mempersiapkan berbagai perlengkapan dan barang, kamu juga harus memperhatikan perabot rumah apa saja yang akan dibawa, termasuk furnitur.

Ada baiknya furntur tersebut dilapisi dengan strecth wrap agar tidak kotor atau bergesek dengan barang lain. Bisa juga menggunakan kain berukuran besar sebagai penutup sehingga tetap bersih.

3.  Menata barang pindahan saat diangkut oleh truk maupun pick up 

Fragile Pindahan Rumah Sumber : Amazon.com

Setelah barang dikemas kemudian dikirim, kamu pun bisa menatanya saat berada di dalam truk supaya dapat terisi dengan baik.

Barang semisal piring hendaknya diletakkan dalam kardus dengan posisi vertikal. Kemudian, sisi-sisinya boleh diselipkan kertas koran atau gabus.

Jangan lupa di luar box atau kardus kamu tuliskan: "Barang ini mudah pecah!" untuk mengingatkan orang yang akan mengangkatnya. 

Khusus barang pecah belah diperlukan berlapis-lapis selotip dan kertas koran agar tidak terjadi kebocoran maupun meminimalisir keretakan.

Barang-barang yang sudah berada dalam box atau kardus sebaiknya dilapisi lagi dengan stretch wrap, sehingga dapat melindungi perabotan rumah agar tetap aman.

Saat dipindahkan dalam truk atau pick up, usahakan barang paling besar dulu diangkut dan ditata. Kemudian, barang-barang kecil. 

Untuk barang pecah belah atau elektronik ditempatkan pada posisi paling atas atau jangan ditumpuk dengan benda berat.

4.  Pembersihan rumah baru sebelum ditempati 

Bersih-bersih rumah Sumber : Blibli.com

Setelah perabot dimasukkan, selanjutnya kamu bisa membersihkan rumah baru sebelum ditempati oleh keluarga.

Pembersihan rumah ini bertujuan untuk menjaga kesehatan penghuni rumah maupun menjaga kondisi rumah supaya bebas debu.

Ada baiknya proses pembersihan rumah dilakukan sebelum hari H pindah rumah, sehingga saat kamu masuk rumah tersebut tidak terlalu banyak lagi yang harus dibersihkan.

Jika rumah kamu berukuran besar, sebaiknya bersih-bersih kamu lakukan seminggu sebelum pindahan.

Akan tetapi, jika ukurannya minimalis, tiga hari sebelum pindahan juga bisa kamu lakukan, agar tidak terlalu mengeluarkan tenaga lagi untuk bersih-bersih.

5.  Mengetahui hari baik pindah rumah melalui berbagai pendekatan 

Tanggal pindah rumah Sumber : griyadesain rumah.com

Bagi beberapa orang, pindah rumah merupakan salah satu proses yang simbolik sehingga hari dan waktu yang baik untuk pindahan sangat diperhatikan.

Ada beberapa pendekatan yang bisa kamu lakukan sesuai kepercayaan, yakni berdasarkan weton Jawa, bulan muharram maupun Fengshui.

Sebagai contoh berdasarkan pendekatan agama Islam juga menyesuaikan arah mata angin rumah, mulai Timur, Barat, Selatan, dan Utara.

Jika rumah kamu berada di Timur, maka momentum yang tepat dan memberi keberkahan dilakukan pada bulan Rajab, Sya'ban, dan Ramadhan.

Apabila rumah di posisi Barat, waktu pindahan yang tepat adalah Muharam, Safar, dan Rabiul Awal.

Untuk rumah di Selatan, maka bulan yang tepat adalah Syawal, Zulhijjah, dan Dzulkaidah.

Sementara, jika rumah berada di sisi Utara, maka waktu yang tepat adalah Jumadil Awal, Jumadil Akhir, dan Rabbiul Akhir.

6.  Tata cara pindah rumah menurut Islam 

Tata cara pindah rumah dalam Islam Sumber : mwnucipayung.blogspot.com

Selain menggunakan pendekatan bulan, proses pindahan rumah menurut Islam juga berkaitan dengan adaptasi lingkungan antara tempat yang lama dan baru.

Pastinya, kamu akan mengucap syukur terlebih dahulu atas kepemilikan rumah yang baru ini untuk menghasilkan berkah dan manfaat.

Selanjutnya, setelah kamu bersyukur dan membersihkan rumah ada baiknya jika kamu bersilaturahmi kepada tetangga, dan selalu mendoakan rumah baru.

Adapun, wujud simbolis yang banyak diterapkan pada penghuni rumah dimulai dari proses syukuran bagi pribadi dan tetangga dengan memanjatkan doa dan senantiasa terbebas dari berbagai kepercayaan syirik.

7. Doa pindah rumah untuk memberi keberkahan dan manfaat 

Doa di rumah Sumber : milenialnews.com

Untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi para penghuni rumah, ada beberapa doa yang bisa kamu panjatkan saat menempati rumah baru berikut ini : 

Menurut Hadist Imam Muslim

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ  

A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq.

Artinya : Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan. 

Surat Al Mu’Minun Ayat 28-29 

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ * وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِي مُنزَلاً مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ الْمُنزِلِينَ

Wa qur rabbi anzilnī munzalam mubārakaw wa anta khairul-munzilīn

Artinya:

Bila kamu dan pengikutmu sudah di atas kapal, maka katakanlah, “Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan kami dari kaum aniaya.” Katakanlah, “Tuhanku, tempatkan aku di tempat yang berkah karena Engkau sebaik-baik pemberi tempat.” 

Membaca Surat Al-Ikhlas

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

qul huwallāhu aḥad. allāhuṣ-ṣamad. lam yalid wa lam yụlad. wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad

Artinya:

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.

Itulah beberapa langkah dan hal-hal penting yang perlu kamu ketahui tentang proses pindahan rumah sehingga memberi berkat dan rahmat bagi penghuninya.

Temukan berbagai inspirasi hunian terbaik, selengkapnya di Rumah123

"Berencana untuk investasi? Temukan jawabannya di Kota Baru Parahyangan selengkapnya."

Bagikan:
9998 kali