Para calon orang tua, ngaku deh. Ketika datang ke toko perlengkapan bayi, pasti rasanya kamu ingin membeli segalanya.

perlengkapan bayi - rumah123.com

Nggak heran sih, memang terdapat 1001 macam jenis perlengkapan bayi baru lahir hingga usia balita di sana. Tapi mengingat harganya nggak murah, dan masih banyak kebutuhan lainnya yang berbiaya besar, tentu para orang tua nggak boleh lapar mata.

Untuk itu, kamu wajib mengetahui perlengkapan apa saja yang harus diprioritaskan untuk dibeli. Ketahui juga bujet yang harus disiapkan supaya keuanganmu nggak boncos. Yuk, disimak!

1. Baju bayi

perlengkapan bayi - rumah123.com

Perlengkapan pertama yang harus dipikirkan adalah baju bayi khusus new born. Mulai dari baju lengan pendek, lengan panjang, dan tanpa lengan. Baju berlengan pendek biasanya dipakai saat bayi dibedong. Pada malam hari, biasanya bayi memakai baju lengan panjang supaya lebih hangat.

Sebaliknya di siang hari yang terik, baju tanpa lengan bisa membuat bayi merasa lebih nyaman. Merek yang bisa dipilih adalah Fluffy, Nova, Libby, Arella, Baby Kermit, atau Little Owl memiliki bahan yang adem, lembut, dan nyaman, dan yang terpenting, sudah berlabel SNI.

Harga baju bayi dengan merek-merek di atas bervariatif.  Baju lengan pendek dibanderol Rp12 ribu – Rp14 ribu/ helai. Baju lengan panjang mulai dari Rp13 ribu – Rp15 ribu/helai, dan baju tanpa lengan dibanderol mulai dari Rp10 ribu – Rp12 ribu/helai.

2. Popok kain

perlengkapan bayi - rumah123.com

Lantaran kulit bayi masih sangat sensitif, pilih popok kain ketimbang popok sekali pakai untuk menghindari iritasi pada bayi. Siapkan popok kain dalam jumlah banyak sekaligus, mengingat bayi bisa buang air lebih dari lima kali dalam sehari. Popok kain biasanya dibanderol mulai dari Rp 70 ribu per lusin.

Baca juga: Para Orang Tua, Ini 10 Desain Kamar Anak yang Bikin Mereka Betah Di Rumah

3. Celana bayi

perlengkapan bayi - rumah123.com

Walaupun sudah menggunakan popok, siapkan juga celana bayi untuk berjaga-jaga. Biasanya celana bayi berfungsi ketika bayi diajak bepergian. Cukup siapkan 3-5 helai celana. Harga celana bayi tak mahal, dengan kocek Rp 30 ribu, kamu bisa mendapatkan 3 helai celana bayi.

4. Kain bedong

perlengkapan bayi - rumah123.com

Supaya lebih aman saat menggendong bayi, sebaiknya gunakan kain bedong. Terdapat beberapa jenis kain bedong yang dijual di pasaran. Biasanya kain bedong biasa dibanderol mulai dari Rp70 ribu untuk setengah lusin. Sedangkan bedong instan bisa mencapai Rp50 ribu per helainya.

5. Sarung tangan, kaus kaki, bib

perlengkapan bayi - rumah123.com

Sarung tangan, dan kaus kaki berfungsi untuk menghangatkan bayi. Sedangkan bib sangat berguna untuk melindungi baju bayi agar tidak terkena air liur mereka sendiri. Sarung tangan dan kaus kaki biasanya dijual dalam satu set. Satu lusinnya dijual mulai dari Rp28 ribu. Bib, dijual mulai dari Rp5 ribu hingga ratusan ribu per helai, tergantung dari bahan dan mereknya.

Baca juga: Hati-Hati! Warna Cat Mencolok Pada Kamar Anak Ternyata Berbahaya

6. Perlengkapan mandi

perlengkapan bayi - rumah123.com

Perlengkapan mandi bayi juga wajib dibeli. Beberapa di antaranya adalah sampo, sabun, bak mandi khusus bayi, handuk, dan washlap. Supaya nggak ribet, kamu bisa langsung membeli satu set perlengkapan mandi bayi. Harganya bervariasi, mulai dari Rp80 ribu per set-nya.

7. Perlengkapan tidur

perlengkapan bayi - rumah123.com

Bayi juga membutuhkan perlengkapan tidur seperti kasur, bantal, dan guling. Ketiga benda ini juga biasa dijual dalam satu set, yang bisa dibeli dengan  kocek mulai dari Rp120 ribu/set. Jangan lupa juga selimut bayi. Pilihlah yang berbahan handuk karena selain hangat, selimut berbahan handuk juga nggak menimbulkan alergi.

Itu dia perlengkapan bayi yang wajib dibeli oleh para orang tua. Memang, masih banyak perlengkapan lainnya seperti box bayi, stroller, bouncer, car seat hingga pompa ASI, yang juga nggak kalah penting. Tapi barang-barang tersebut akan lebih murah jika disewa lho. Jadi kamu nggak perlu memasukkannya ke dalam daftar belanjaan perlengkapan bayi-mu.

Bagikan: 934 kali