Peralatan rumah tangga yang jarang diganti bisa menjadi sumber penyakit bagi para anggota keluarga. Untuk itu, ketahui yuk barang apa saja yang harus rutin diganti secara berkala berikut ini!

Peralatan rumah tangga ini harus sering-sering diganti - Rumah123.com Peralatan rumah tangga ini harus sering-sering diganti - Rumah123.com

Kapan terakhir kali kamu mengganti sikat gigimu? Jika kamu lupa, kemungkinan besar kamu jarang menggantinya. Sebagian besar dari kita tak menyadari (atau lebih parahnya lagi tak tahu) bahwa sejumlah peralatan rumah tangga yang digunakan hampir setiap hari, wajib diganti secara rutin. Apa saja peralatan rumah tangga yang dimaksud? Langsung saja, ini daftarnya!

Peralatan rumah tangga yang wajib diganti rutin

1.  Sikat gigi

Mulut kita merupakan tempat yang kotor, di mana sisa makanan dan bakteri berkumpul di dalamnya. Semakin sering digunakan, bagian bulu akan semakin rentan rusak. Maka dari itu, sebenarnya tak ada jangka waktu khusus dalam mengganti sikat gigi karena semua tergantung dari pemakaian dan kondisi kesehatan mulutmu. Namun supaya lebih gampang, kamu bisa menggantinya setiap 3 bulan sekali. Apabila kamu mulai sering sakit, atau bulu sikat terlihat usang, kamu bisa menggantinya lebih cepat.

2.  Pisau cukur

Banyak dari kita yang keliru mengganti pisau cukur hanya ketika pisau mulai tumpul. Padahal, pisau cukur berbeda dengan pisau lainnya. Bukan hanya ketajamannya saja yang harus diperhatikan, melainkan juga kebersihannya. Ketika pisau cukur sudah membuat kulit kering, artinya bakteri akan lebih cepat tumbuh. Karena itulah para ahli kulit merekomendasikan untuk mengganti pisau cukur setiap lima hingga tujuh kali pencukuran dan tidak pernah menyimpannya lebih dari sebulan.

3.  Spons cuci piring

Tahukah kamu bahwa spons cuci piring merupakan salah satu barang paling kotor yang ada di rumah? Spons cuci piring bisa terkontaminasi bakteri dan kotoran yang dibawa oleh sisa daging, buah, dan sayuran. Spons cuci piring juga sering lembab sehingga bakteri mudah berkembang biak. Itulah kenapa spons cuci piring harus dibuang dan diganti setelah digunakan selama satu minggu.

4.  Shower puff

Shower puff berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati dan kering. Terdengar sangat baik kan manfaatnya? Tapi ketika tak dibersihkan secara berkala, yang terjadi justru kebalikannya. Sel kulit mati yang berada pada shower puff yang basah akan menjadi tempat sempurna untuk berkembang biaknya bakteri. Untuk itu, gantilah shower puff-mu setiap tiga minggu sekali.

5.  Filter air keran

Ternyata, filter air keran juga perlu diganti lebih sering daripada yang diduga. Volume air yang padat dan unsur-unsur lain di dalam air bisa menyebabkan filter tersumbat, sehingga mengurangi kinerja.

Kamu harus mengganti cartridge air setidaknya sekali setahun. Namun jika volume air keran mulai berkurang atau alirannya melemah, sebaiknya segera ganti filter air secepatnya.

6.  Bumbu dan rempah-rempah kemasan

Bumbu dan rempah-rempah yang dikemas memang tak rentan lembab. Karena hal ini, tak sedikit yang menyangka bahwa mereka bisa bertahan selamanya. Padahal, bumbu dan rempah-rempah kemasan juga punya tanggal kadaluarsa. Walau tak tertulis sekalipun pada kemasan, bumbu dan rempah-rempah hanya bisa memberikan rasa yang maksimal pada masakan setelah berusia 2 hingga 4 tahun. 

7.  Sikat kamar mandi

Sikat kamar mandi bertugas untuk membersihkan kotoran-kotoran pada tempat paling kotor di rumah. Jadi, sangat wajar untuk menggantinya secara berkala. Idealnya, sikat kamar mandi dibersihkan setahun sekali. Atau jika kamu mau menghemat anggaran, bisa membersihkan sikat kamar mandi menggunakan cairan pemutih dan air mendidih. Pastikan juga sikat selalu disimpan dalam keadaan kering supaya tak menjadi sarang kuman berkembang biak. 

Yuk, sering-sering ganti peralatan rumah tangga yang jadi sumber penyakit tersebut!

Itu dia 7 peralatan rumah tangga yang harus diganti secara berkala. Jangan sampai karena kamu mengabaikan hal tersebut, penghuni rumah jadi rentan terkena penyakit lantaran terpapar bakteri jahat.

Bagikan: 3406 kali