Selain digunakan sebagai kendaraan mengangkut keluarga, mobil MPV terbaik juga bisa digunakan untuk kegiatan sosial di masyarakat.

Seperti pada masa pandemi seperti saat ini, kebutuhan ambulans yang sangat tinggi menjadikan kendaraan multiguna sebagai kebutuhan primer.

Oleh sebab itu, mobil MPV terbaik kian layak digunakan sebagai kendaraan yang mampu memenuhi bala bantuan untuk kebutuhan rakyat di masa pandemi COVID-19.

Meski demikian, tidak semua mobil MPV bisa mengakomodir pasien untuk kebutuhan darurat, bahkan ada beberapa ketentuan yang harus dimiliki.

Sebagai contoh, sebuah mobil ambulans diharuskan untuk memiliki lebar sekitar 1,5 meter dengan panjang ke belakang minimal 2,5 meter.

Adapun, panjang dan lebar tersebut juga harus memperhatikan dek bawah yang dimana mobil ambulans harus memiliki lantai rendah untuk mempermudah keluar masuk pasien.

Lantas, mobil MPV apa saja yang sangat layak untuk dijadikan ambulans? Simak pembahasannya bersama-sama!

Rekomendasi Mobil MPV Terbaik yang Bisa Kamu Beli Secara Baru dan Bekas untuk Ambulans

Untuk memenuhi kebutuhan bala bantuan dan kemanusiaan, ada beberapa rekomendasi mobil MPV terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai ambulans berikut ini.

1. Daihatsu Luxio (Mulai Rp125 juta - Rp195 jutaan) 

daihatsu luxio Sumber: Karoseri Ambulance

Kerap memiliki citra mobil katering, Daihatsu Luxio juga kerap digunakan sebagai ambulans untuk bala bantuan.

Mobil ini memiliki syarat minimum untuk dijadikan sebagai ambulans yang sangat andal dengan kepraktisan tinggi.

Sebagai ambulans darurat, mobil ini juga memiliki harga yang kompetitif yakni sekitar Rp125 juta dalam kondisi seken, kemudian harga barunya kurang lebih di bawah Rp200 juta.

Keunggulan dari mobil ini ada pada bentuknya yang mengotak dengan ruang kepala yang sangat tinggi, sehingga praktis dimanfaatkan sebagai ambulans.

2. Hyundai H-1 (Mulai Rp100 juta - Rp546 jutaan) 

Tak hanya digunakan sebagai mobil MPV terbaik nan mewah, Hyundai H-1 kerap digunakan sebagai mobil ambulans darurat 118.

Keunggulan mobil ini ada pada sisi ruangan yang sangat luas untuk menolong pasien, sehingga tim medis dapat melakukan tindakan dengan cepat

Selain ukuran mobil yang besar, Hyundai H-1 juga memiliki mesin andal dan lincah untuk proses penanganan pasien.

Adapun, harga Hyundai H-1 di pasar mobil bekas ditawarkan mulai Rp100 jutaan sampai dengan Rp400 jutaan. 

Sementara, untuk Hyundai H-1 dalam kondisi baru, bisa diperoleh dengan harga mulai Rp500 jutaan.

Harga mobil yang tertera belum termasuk karoseri dan perlengkapan medis lengkap.

3. Toyota Hiace (Mulai Rp300 juta - Rp550 jutaan) 

toyota hiace Sumber: mobilkomersial.com

Kerap digunakan sebagai armada travel, Toyota Hiace juga banyak digunakan sebagai ambulans rumah sakit karena ukurannya yang besar.

Mobil mpv terbaik ini tidak hanya sekadar untuk menampung pasien dengan pertolongan reaksi cepat.

Melainkan juga bisa digunakan untuk tindakan medis yang lebih layak dan memadai.

Pasalnya, mobil ini memiliki panjang 5 meter dengan lantai rendah dan beratap tinggi, sehingga seluruh perlengkapan medis bisa terakomodir dengan baik.

Dalam kondisi bekas, Toyota Hiace dijual dengan harga mulai dari Rp300 jutaan, sementara dalam kondisi baru ditawarkan kurang lebih Rp550 jutaan.

4. Nissan Serena (Mulai Rp130 juta - Rp490 jutaan) 

Memiliki lantai rendah dan fungsional menjadikan Nissan Serena merupakan mobil MPV yang sangat layak untuk dijadikan ambulans.

Untuk diketahui, mobil ini memiliki panjang 4,6 meter dan sangat mampu mengakomodir pasien COVID-19 bergejala sedang dengan andal.

Tak hanya digunakan sebagai ambulans, Nissan Serena juga banyak dimodifikasi sebagai kendaraan ramah disabilitas.

5. Toyota Nav1 (Mulai Rp155 juta - Rp210 jutaan) 

Toyota Nav1 Sumber: ambulance-pintar.weebly.com

Mengotak dengan kepraktisan tinggi menjadikan Toyota Nav1 layak dipilih sebagai mpv terbaik untuk ambulans pasien COVID-19.

Ada beberapa keunggulan dari mobil ini yang bisa ditilik yakni ukurannya ringkas namun besar, dan juga joknya yang bisa diputar untuk membantu dokter saat menangani pasien.

Keunggulan lainnya juga terdapat pada konsumsi bahan bakarnya yang cukup hemat dan cenderung andal saat memerlukan tindakan medis secara cepat. 

Harga Toyota Nav1 di pasar mobil bekas memiliki rentang mulai Rp155 juta hingga Rp210 juta untuk produksi terakhir pada 2015 silam.

6. Mazda Biante (Mulai Rp145 juta - Rp230 jutaan) 

Jika kamu ingin membeli mobil mpv terbaik untuk ambulans yang terlihat manusiawi, Mazda Biante layak menjadi referensi pilihan.

Pasalnya, mobil ini memiliki desain yang cukup menarik sehingga tidak terlihat menakutkan sebagai ambulans yang berguna untuk membawa pasien.

Selain bentuknya yang menarik, ambulans ini bisa dirancang dengan lantai rendah secara sangat mudah. 

Harga yang ditawarkan oleh Mazda Biante ada pada rentang Rp145 juta sampai dengan Rp230 jutaan.

7. Suzuki APV (Mulai Rp80 juta - Rp238 jutaan) 

apv ambulance Sumber: Promo Suzuki Mobil APTM

Seperti Daihatsu Luxio, Suzuki APV juga merupakan salah satu mobil MPV terbaik yang banyak digunakan untuk ambulans.

Pertimbangan faktor kelegaan ruang dan kelincahan mobil menjadi referensi penting dalam membawa bala bantuan hingga daerah pelosok dengan karakter jalan sempit.

Ambulans ini bisa memasuki berbagai perlengkapan medis dengan baik, khususnya tabung oksigen yang menjadi skala prioritas bagi pasien COVID-19.

Itulah beberapa rekomendasi mobil MPV yang bisa kamu jadikan ambulans untuk bala bantuan COVID-19.

Harga dalam kondisi baru dan bekas yang tertera tersebut belum termasuk pembangunan karoseri untuk kendaraan, maupun peralatan medis yang melekat.

Temukan berbagai referensi menarik seputar inspirasi properti, selengkapnya di Rumah123.

"Berencana mencari rumah idaman? Ayo tilik Samira Regency Bekasi."

Bagikan:
387 kali