Tol Milik Jusuf Hamka

Dikenal sebagai pengusaha di media sosial. Simak daftar jalan tol milik Jusuf Hamka senilai Rp15 triliun di sini!

Dikenal akan kebaikannya, sosok Jusuf Hamka merupakan salah satu pemilik konsesi jalan tol terbesar di Indonesia dari pihak swasta.

Bagaimana tidak, pria 63 tahun ini merupakan pemilik saham mayoritas dari PT Citra Marga Nusaphala Persada yang mengoperasikan beberapa jalan tol besar di Indonesia.

Untuk diketahui, perusahaan tersebut juga merupakan salah satu pemilik konsesi jalan tol milik swasta terbesar di Indonesia saat ini.

Adapun, kepemilikan jalan tol Jusuf Hamka juga berkolaborasi dengan beberapa perusahaan dengan keuntungan cukup besar. 

Karena kepemilikan jalan tol tersebut, ia juga sempat menuai kontroversi karena pernyataannya tentang bank syariah yang lebih kejam dari bank konvensional.

Dengan julukan sebagai salah satu raja jalan tol, lantas ada berapa jumlah jalan tol yang ia kelola saat ini dan di masa mendatang? 

Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Jalan Tol Milik Jusuf Hamka, Total Aset Capai Rp15 Triliun di Pulau Jawa 

Total aset capai triliunan rupiah, praktis kekayaan pria 63 tahun ini juga berlimpah ruah bahkan layak dijuluki sebagai salah satu sultan di Indonesia.

Kamu bisa cari tahu beberapa ruas yang ia miliki sebagai berikut : 

1. Ruas Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang - Tanjung Priok 

Ruas Tol Wiyoto Wiyono (1) Sumber : Flickr

Untuk diketahui, Jusuf Hamka merupakan pemilik konsesi dari ruas Tol Cawang - Tanjung Priok atau Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono.

Jalan tol ini memiliki panjang hampir 15 kilometer yang melintasi ruas Jalan Bypass yang melintasi wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara.

Adapun, ruas Tol Ir. Wiyoto Wiyono juga merupakan tol di Indonesia pertama yang menggunakan sistem layang dengan Teknik Sosrobahu.

2. Tol Pelabuhan 

Jalan Tol Pelabuhan (1) Sumber : Flickr

Ruas Tol ini merupakan rangkaian lanjutan dari Tol Ir. Wiyoto Wiyono sepanjang 13 kilometer yang melintasi Jakarta Utara.

Bagi orang Jakarta, ruas tol ini cukup familiar disebut Tol Ancol atau Pluit, karena menjadi jantung wilayah perbatasan.

Ruas Tol Pelabuhan yang sudah beroperasi ini nantinya juga akan disambung oleh Tol Pelabuhan II, yang juga dibangun oleh Jusuf Hamka.

3. Ruas Tol Bogor Outer Ring Road 

Tol Bogor Outer Ring Road (1) Sumber : Pojoksatu

Selain menguasai ruas tol di wilayah Jakarta, beliau juga menjadi salah satu pemilik konsesi ruas Tol Bogor Outer Ring Road sepanjang 11 kilometer.

Adapun, konsesi jalan tol dimiliki oleh PT Marga Sarana Jabar dengan komposisi saham mencapai 30%. 

Total investasi dari ruas jalan tol ini mencapai Rp1,6 triliun, dan rampung pada 2009 silam.

4. Jalan Tol Depok Antasari 

Tol Depok Antasari Sumber : Trenasia.com

Ruas Tol Depok Antasari juga menjadi salah satu portofolio kepemilikan jalan tol milik Jusuf Hamka, melalui entitas PT Citra Waspphutowa, 

Jalan tol yang kerap disebut Jalan Tol Andara ini memiliki panjang 21 kilometer, dan menjadi salah satu ruas yang sangat penting di koridor selatan.

Pasalnya, tol ini nantinya juga akan terkoneksi langsung hingga Kabupaten Bogor, maupun ruas JORR II yang dalam tahap konstruksi.

5. Tol Soreang - Pasirkoja 

Ruas Tol Soroja Terkini Sumber : cmlj.co.id

Infrastruktur jalan tol milik Jusuf Hamka ini memiliki panjang total 10,55 kilometer yang menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Ruas Tol Soroja ini telah beroperasi sejak 2017 silam, dengan kemudahan akses yang sangat luar biasa, terlebih dapat mempersingkat perjalanan hanya 10 menit saja sampai dengan Soreang.

Kepemilikan konsesi jalan tol ini melalui anak perusahaan CMNP, yakni PT Citra Marga Lintas Jabar sebesar 69,32%.

6. Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan 

Tunnel Tol Cisumdawu (1) Sumber : Media Indonesia

Ruas tol yang segera rampung ini juga tak luput dari kepemilikan Jusuf Hamka sebagai salah satu penguasa Jalan Tol Indonesia. 

Jusuf Hamka melalui PT Citra Karya Jabar Tol menguasai konsesi lahan sebesar 51% di ruas tol sepanjang hampir 60 kilometer ini. 

Adapun, jalan Tol Cisumdawu akan segera rampung pada awal 2022, terlebih masih mengalami kendala pembebasan lahan. 

7. Jalan Tol Waru - Juanda 

Selain di Jabodetabek dan Jawa Barat, kepemilikan tol Jusuf Hamka juga berada di wilayah Jawa Timur. 

Pasalnya, ia juga merupakan pemilik konsesi Jalan Tol Waru - Juanda sebesar 96,83% yang menjadi akses utama dari Bandar Udara Juanda Surabaya.

Selain Bandara Juanda, tol sepanjang 12 kilometer ini juga menghubungkan Kawasan Industri Rungkut.

Itulah beberapa ruas tol yang dimiliki oleh Jusuf Hamka, seorang pengusaha sukses yang dikenal sangat dermawan.

Temukan informasi menarik seputar inspirasi gaya hidup, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Wujudkan hunian idaman kamu seperti Gateway Park of LRT City, selengkapnya di Rumah123.com dan dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!
Bagikan:
4165 kali