Jakarta Utara terkenal sebagai daerah "kepala naga", alias penuh keberuntungan bagi siapapun yang menjalani bisnis. Benarkah demikian?

jakarta utara

Memiliki hunian di kota Jakarta pastinya menjadi impian semua orang, tak hanya kaum milenial sekalipun kaum yang sudah mapan setidaknya akan berinvestasi di jantung perekonomian Indonesia ini.

Hampir seluruh wilayah di kota Jakarta menawarkan nilai investasi properti yang sangat menjanjikan, terlebih dalam beberapa tahun belakangan harga tanah di Jakarta terus melonjak seiring terbatasnya lahan. 

Salah satu peluang investasi properti maupun memiliki hunian yang sangat menjanjikan adalah wilayah Jakarta Utara. 

Hal tersebut sudah menjadi fakta, terlebih harga properti di wilayah Jakarta Utara akan tumbuh dengan sangat pesat baik saat ini maupun di masa mendatang.

Beberapa wilayah di utara Jakarta pun kerap menjadi hunian idaman bagi banyak orang seperti Kelapa Gading, Pluit, Sunter maupun Pantai Indah Kapuk. 

Apakah pemilihan investasi properti di utara Jakarta ini hanya sekadar membeli untuk dihuni saja atau ada faktor pendukung lain yang memperkuat alasan tersebut?

Oleh sebab itu, simak pembahasannya berikut ini!

Jakarta Utara, fengshui dan filosofi “Kepala Naga” 

Kalau kita berbicara Jakarta Utara, hal pertama yang terlintas di kepala banyak orang adalah filosofi kepala naga dan juga arah mata angin. 

Sebab, wilayah utara Jakarta ini kerap berkaitan dengan unsur keberuntungan dan kemakmuran menurut fengshui saat melakukan aktivitas bisnis. 

Pemahaman kepala naga berdasarkan fengshui tersebut disebabkan adanya pusat energi yang baik berdasarkan lokasi, yakni naga gunung, naga datar, dan naga sungai.

Khusus untuk wilayah Jakarta adalah naga sungai, mengingat beberapa wilayah Jakarta seperti Jakarta Pusat dan Utara dilintasi oleh 13 sungai dan dua banjir kanal. 

Dalam hal ini, Jakarta Pusat sangat diuntungkan mengingat aliran arus air yang berkelok untuk menyemprotkan energi, kemudian bertemu pada muara utama yakni kali ciliwung.

Untuk menghasilkan energi dan filosofi yang maksimal, kualitas irigasi maupun sungai di wilayah ini pun harus dibersihkan dengan baik supaya memberikan energi positif. 

Keuntungan memilih hunian di Jakarta Utara 

Pemilihan lokasi adalah hal yang penting untuk hunian pribadi maupun sebuah instrumen investasi.

Oleh sebab itu, ada beberapa keuntungan dalam memilih hunian di Jakarta Utara yang dideskripsikan sebagai berikut.

1. Fasilitas hunian yang sangat lengkap

Wilayah utara Jakarta memang sudah dibangun sejak lama dan terus berkembang seiring berjalannya waktu dan relevansi.

Tak hanya bentuk hunian dalam satuan cluster saja, hunian non cluster dalam kondisi bekas pun tetap diminati oleh investor maupun pemburu rumah. 

Sebab, fasilitas vital hunian seperti rumah sakit, pendidikan, maupun lokasi kuliner sudah tergolong sangat lengkap untuk satu lokasi tersebut.

Tak ayal jika hampir seluruh investor melirik Jakarta Utara sebagai salah satu destinasi utama mereka. 

Baca juga: Rawan Banjir, Kenapa Rumah di Kelapa Gading Tetap Banyak Diburu?

2. Lokasi yang cukup strategis 

Meski bukan di tengah kota seperti Jakarta Pusat dan Selatan, wilayah Utara sebenarnya masih tergolong sangat strategis. 

Sebab, akses keluar masuk Jakarta Utara tergolong sangat mudah dari wilayah Jakarta yang lainnya. 

Kemudahan akses tersebut disebabkan adanya beberapa jalur arteri maupun jalan protokol yang menghubungkan utara Jakarta dengan bagian Jakarta yang lainnya. 

Perlu diingat, wilayah utara Jakarta berbatasan langsung dengan Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat.

3. Akses jalan tol yang sangat berlimpah 

Tak hanya diapit oleh jalan protokol yang sangat melimpah, akses jalan tol dari dan menuju Jakarta Utara juga sangat berlimpah.

Sebab, kemudahan akses jalan tol menjadi salah satu pertimbangan pertimbangan yang cukup penting dalam memilih properti. 

Untuk menunjang kemudahan akses mereka, ada beberapa jalan tol utama berada di wilayah ini, mulai dari tol layang, akses tol dalam kota maupun Jakarta Outer Ring Road (JORR).

4. Pusat perbelanjaan yang sangat lengkap

Selain Jakarta Pusat, dan selatan, bagian utara pun juga memiliki beberapa pusat perbelanjaan yang sangat memadai dan berfasilitas lengkap. 

Tak hanya sekadar supermarket berskala besar saja, ada beberapa mal di Jakarta Utara yang sangat favorit untuk dikunjungi orang.

Salah satunya adalah Mal Kelapa Gading yang kerap dikunjungi oleh banyak warga Jakarta. 

Baca juga: Padahal Sering Dibully, Rumah di Depok Ternyata Dicari Sampai 2 Juta Kali, Ini Alasannya!

Yang harus diperhatikan saat memilih hunian di Jakarta Utara

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika berencana memilih tinggal di utara Jakarta. 

Hal yang harus kamu perhatikan pun bisa kamu ketahui berikut ini.

1. Mudah terkena banjir, termasuk air pasang

Sejak dulu, utara Jakarta kerap mengalami kebanjiran mengingat wilayah ini tergolong sangat rendah dari permukaan laut.

Tak ayal, jika wilayah ini kerap menjadi langganan banjir lima tahunan sejak dulu. 

Meski demikian, saat ini risiko banjir tersebut sudah mulai diminimalisir sebaik mungkin agar tidak mengganggu aktivitas warga.

Selain banjir yang diakibatkan curah hujan, risiko lainnya yang harus diperhatikan adalah risiko banjir air pasang. 

Beberapa wilayah di utara Jakarta pun kerap mengalami banjir air pasang seperti di wilayah Penjaringan maupun Ancol.

Penyebab utama banjir air pasang tersebut dikarenakan naiknya gelombang air laut yang berimbas pada aktivitas warga. 

2. Kualitas air yang cenderung asin 

Perlu diingat, Jakarta Utara  tak hanya berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta yang lain saja, tapi juga berbatasan dengan Laut Jawa dan Pantai Utara. 

Oleh sebab itu, sistem irigasi dan air tanah di wilayah ini juga kerap menjadi perhatian penting, mengingat kadar garam pada air pun cenderung lebih tinggi dibandingkan wilayah lainnya.

Supaya kualitas air lebih terjaga, umumnya penghuni cenderung memilih penggunaan jet pump untuk kebutuhan air sehari-hari mereka. 

Dapat disimpulkan jika wilayah utara Jakarta tidak hanya sekadar hunian yang nyaman, namun juga memiliki kelengkapan yang sangat memadai. 

Wajar saja jika harga hunian di lokasi ini tumbuh dengan cukup pesat, mengingat peminatnya juga sangat tinggi. 

Yuk, cari tahu inspirasi menarik seputar hunian selengkapnya di artikel.rumah123.com.

Bagikan:
3297 kali