Gimana kalau kamu tinggal di rumah kecil, sehingga luas ruang tamu terbatas? Tenang, manfaatkan trik desain ruang tamu berikut ini!

Desain ruang tamu punya peran penting untuk setiap rumah. Ketika bertemu dengan orang lain untuk pertama kalinya, kamu mungkin membangun first impression tentang orang tersebut dengan melihat cara berpakaiannya. Sama halnya dengan desain ruang tamu. Ruangan inilah yang akan dilihat pertama kali oleh orang yang berkunjung ke rumahmu.

Tapi gimana kalau tinggal di rumah berukuran kecil, sehingga luas ruangan pun terbatas? Tenang, dengan memanfaatkan trik cerdas untuk mendesain ruang tamu kecil seperti ini, kamu bisa kok membuat ruang tamu tetap terlihat modern dan kekinian.

Gunakan warna-warna netral

desain ruang tamu - rumah123.com Sumber: Instagram.com/ratihrat

Kamu bisa menggunakan warna-warna netral seperti putih gading, coklat, atau abu-abu untuk warna dasar dinding ruang tamu. Warna-warna netral dan hangat mampu membuat ilusi ruangan yang lebih luas pada rumah kecilmu. Selain itu, warna-warna tersebut juga bisa membaur dengan warna furnitur apapun.

Baca juga: Menjadikan Ruang Tamu Sekaligus Galeri Seni

Elemen kayu memberikan kesan bersih

desain ruang tamu - rumah123.com Sumber: Instagram.com/sanovisetyowati

Meskipun elemen kayu sering menjadi material yang identik digunakan pada rumah bergaya klasik, gak dipungkiri material satu ini juga bisa jadi perpaduan sempurna untuk rumah bergaya modern. Penggunaan lantai motif kayu menghasilkan nuansa modern dengan baik. Ditambah dengan sejumlah furniture seperti sofa dan rak bernada sama, menambah kesan ruang tamu yang bersih dan hangat.

Ruang tamu monokrom untuk membentuk kesan mewah

desain ruang tamu - rumah123.com Sumber: Instagram.com/mahenshome

Perpaduan warna dasar hitam dan putih memang banyak diimplementasikan dalam rumah minimalis. Gak heran, karena warna-warna tersebut memang mampu menciptakan kesan mewah dan modern. Sofa kecil dan meja bundar seperti di atas membuat ruangan terlihat sederhana namun tetap elegan. Ditambah lagi lampu gantung dengan warna yang senada, bisa mempermanis desain ruang tamu minimalismu.

Baca juga: Tips Desain: Warna Terbaik untuk Ruang Tamu yang Kecil

Aturan sepertiga untuk rumah berplafon tinggi

desain ruang tamu - rumah123.com Sumber: Pinterest

Beruntunglah kamu yang punya rumah dengan plafon tinggi. Tanpa banyak usaha, plafon tersebut sudah memberikan kesan luas dan lega pada rumah. Jika rumahmu sudah punya plafon yang tinggi, kamu tinggal lebih cermat dalam medekornya. Gunakan aturan sepertiga pada dinding. Isi dasar dinding dengan ornamen menarik seperti sofa yang warnanya berbeda dari warna dinding. Lalu baian tengah dinding bisa diisi lukisan. Sisakan bagian teratas dinding tanpa ornamen apapun untuk memberikan kesan bebas dan tidak menumpuk.

Bata ekspos serba putih untuk rumah minimalis bergaya Skandinavia

desain ruang tamu - rumah123.com Sumber: Pinterest

Dinding bata ekspos yang dicat putih memberikan kesan hangat, bersih, dan lapang. Desain ruang tamu dengan bata ekspos putih seperti ini cocok untuk rumah bergaya interior Skandinavia milikmu. Supaya gak terlihat membosankan, tambahkan dekorasi mencolok, misalnya sarung bantal warna-warni dan karpet bermotif seperti gambar di atas.

Baca juga: Rumah Mungil yang Punya Ruang Tamu Luas

Satukan ruang tamu dan ruang makan sekaligus

desain ruang tamu - rumah123.com Sumber: Pinterest

Keterbatasan ruang gak melulu bikin rumah terlihat sumpek dan padat. Salah satu cara untuk membuat rumah mungilmu terlihat luas adalah dengan menyatukan dua fungsi ruangan sekaligus tanpa memberikan sekat. Kamu bisa menyatukan ruang tamu dengan ruang keluarga atau ruang makan sekaligus seperti di atas untuk memberikan kesan lebih luas. Bukan cuma itu, konsep rumah tanpa sekat seperti ini juga bisa membangun karakter para anggota keluarga untuk lebih terbuka satu sama lain.

Manfaatkan jendela untuk pencahayaan alami

desain ruang tamu - rumah123.com Sumber: Pinterest

Pencahayaan yang tepat juga bisa memunculkan efek luas bagi ruang tamu kecil. Susun furniture untuk menciptakan zona yang lebih fungsional. Perbanyak sumber pencahayaan, baik itu dari lampu maupun cahaya alami. Andalkan jendela besar untuk mendapatkan pencahayaan matahari alami sehingga rumah terlihat lebih lega.

Mau baca tips lain tentang hunian minimalis? Baca artikel-artikel lain di Rumah123.com!
Bagikan: 14735 kali