Sebanyak 7 dari 10 Konglomerat Properti Dunia Ternyata Berasil dari China. Sisanya Datang dari Thailand, Amerika Serikat, dan Inggris (Foto: Rumah123/Carbon Brief)

Sebanyak tujuh dari sepuluh konglomerat properti dunia ternyata berasal dari China. Wow, siapa saja sih yang masuk daftar

Lembaga riset Hurun merilis Hurun Global Real Estate Rich List 2019 alias daftar para orang tajir melintir yang merupakan konglomerat di bidang properti.

Tujuh dari sepuluh orang super kaya di bidang properti ini berasal dari China. Bahkan mereka menguasai posisi empat besar. Siapa saja sih mereka ini?

Baca juga: Jeff Bezos Masih Jadi Orang Terkaya di Dunia, Truz Duitnya Bisa Buat Beli Rumah Kayak Apa Ya

Pertama, Xu Jiayin (61 tahun). Pria asal China ini merupakan pemilik dari perusahaan Evergrande. Xu Jianyin memiliki kekayaan hingga USD 37 miliar (Rp527 triliun).

Kedua, Li Ka Shing (91 tahun). Konglomerat asal China memiliki sejumlah perusahaan lain seperti properti. Owner dari Cheung Kong ini punya kekayaan hingga USD 29 miliar (Rp413 triliun).

Ketiga, Lee Shau Kee (91 tahun). Pengusaha dari China ini mempunyai kekayaan hingga USD 27 miliar (Rp384 triliun) berkat perusahaan pengembang Henderson Land.

Baca juga: 1 dari 56 Penduduk Kota Ini Ternyata Orang Super Kaya!

Keempat, Yang Huiyan (38 tahun). Wanita asal China berusia 38 tahun ini mewarisi sebagian besar saham Country Garden. Dia mempunyai kekayaan hingga USD 23 miliar (Rp327 triliun).

Kelima, Tos Chirathivat (65 tahun). Pria asal Thailand ini memiliki kekayaan hingga USD 19 miliar (Rp270 triliun). Sebenarnya, dia dan keluarganya yang mempunyai perusahaan properti Central.

Keenam, Donald Bren (86 tahun). Bren adalah raja properti asal Amerika Serikat. Pemilik tunggal developer Irvine Company ini memiliki kekayaan USD 17 miliar (Rp242 triliun).

Baca juga: Orang Super Kaya Incar Hunian Karya Arsitek Ternama

Ketujuh, Wang Jialin (65 tahun). Pria asal China ini adalah pemilik Wanda dengan kekayaan USD 17 miliar (Rp242 triliun). Nama perusahaannya menjadi nama stadion di Madrid, Spanyol.

Kedelapan, Hugh Grosvenor (28 tahun). Pria lajang asal Inggris ini mewarisi tanah dan properti dari ayahnya. Grosvenor memiliki perusahaan dengan nama sama. Bangsawan Inggris ini mempunyai kekayaan USD 17 miliar (Rp242 triliun).

Kesembilan, Henry Cheng Kar Sun (71 tahun). Henry dan keluarganya menguasai saham developer New World. Pria asal China ini memiliki kekayaan USD 17 miliar (Rp242 triliun).

Baca juga: Gaes, Kamu Tau Ga di Mana Orang Super Kaya Tinggal

Kesepuluh, Joseph Lau Luen Hung (68 tahun). Dia dan keluarganya memiliki perusahaan Chinese Estates. Pria asal China ini mempunyai kekayaan USD 16 miliar (Rp228 miliar).

Hmm, belum ada nama konglomerat properti asal Indonesia ya. Atau kamu bakal masuk daftar suatu saat nanti?

Bagikan: 515 kali