Cara menghemat listrik ternyata tak sesulit itu kok! Namun siapa sangka, sekecil apapun aksi kita, hasilnya sangat signifikan.

cara menghemat listrik - rumah123.com

Kebutuhan akan listrik di rumah memang susah untuk dikurangi. Sebab, hampir seluruh kegiatan yang dilakukan, akan memerlukan listrik. Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa sembarangan menggunakan sumber daya listrik seenaknya. Selain boros energi, secara tak sadar pengeluaranmu pun ikut boros. Padahal, dengan mengubah gaya hidupmu, dari hal yang paling kecil sekalipun, kamu bisa menghemat listrik secara signifikan. 

Lalu, bagaimana cara menghemat listrik yang paling efektif? Berikut penjelasan selengkapnya!

Mencabut saklar ketika tidak digunakan

Coba cek saklar di rumahmu. Pernahkah kamu lupa mencabut kabel di sana dan meninggalkannya begitu saja? Hal ini bukan hanya berbahaya karena memicu terjadinya korsleting listrik. Tapi juga bisa membuat tagihan listrik di rumah membengkak. Sebab, listrik mengalir terus menerus dan terbuang dengan percuma. 

Menggunakan lampu LED

Lampu LED, mengonsumsi daya lebih kecil dibandingkan lampu biasa. Lampu LED 3 Watt, setara dengan lampu pijar 40 Watt. Memang sih, harganya lebih mahal daripada lampu pijar. Namun lantaran konsumsi dayanya lebih kecil, lampu LED jauh lebih hemat ketimbang lampu pijar biasa. 

Gunakan barang elektronik yang hemat listrik

Cara menghemat listrik yang paling mudah selanjutnya adalah memilih merek barang elektronik yang hanya memakan sedikit daya listrik. Misalnya, pilih AC dengan teknologi inverter, kulkas yang watt-nya kecil namun ruang penyimpanannya besar, atau mesin cuci dengan fitur pembersih noda. 

Manfaatkan ventilasi udara

Untuk mengurangi penggunaan AC atau kipas angin, kamu bisa manfaatkan ventilasi udara yang terbuka. Untuk kamu yang baru mau mencari rumah, sebaiknya pilih rumah dengan ventilasi udara yang proporsional penempatannya. Walaupun sepele, hal ini bisa menghemat tagihan listrik dalam jumlah banyak loh!

Gunakan listrik prabayar

Penggunaan listrik prabayar alias listrik dengan sistem pulsa juga akan membantumu menghemat pengeluaran. Sebab, kamu bisa menyesuaikan jumlah pulsa listrik yang dibeli dengan kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu akan kesulitan ketika menggunakan listrik di luar kapasitas yang dibeli. Sehingga akhirnya mau tak mau kamu jadi lebih bijaksana saat menggunakan listrik!

Hindari menggunakan dispenser listrik

Ternyata, daya konsumsi listrik dispenser lebih besar ketimbang AC dan kulkas. Untuk itu, daripada menggunakan dispenser listrik hanya untuk satu fungsi, lebih baik kamu menggunakan dispenser manual, dan memasukkan air minum ke dalam kulkas jika ingin menyajikannya secara dingin. 

Menggunakan air mendidih saat memasak nasi di rice cooker

Cara menghemat listrik yang satu ini mungkin belum banyak diketahui. Memasak nasi dengan air mendidih, ternyata jauh lebih hemat daripada kamu menggunakan air dingin atau pun air dengan suhu ruang. Beras yang dimasak menjadi lebih cepat matang, sehingga penggunaan listrik berkurang.

Bagikan: 13533 kali