Foto: Rumah123/Getty
Anak SD juga tau kali ya kalau pengeluaran lebih kecil daripada pendapatan, pasti akan ada saldo-nya. Masalahnya, gimanasupaya bikin saldo itu makin besar biar ada yang beneran ditabung buat beli rumah. 
Ada beberapa poin berikut ini yang bisa kamu lakukan agar saldo tersebut bisa gede, gede, dan makin gede! 
Pertama, Gedein Penghasilan 
Gak usah sinis dulu keles! Harusnya sih, menekan pengeluaran, tapi pasti banyak yang lebih sinis jadinya. Makanya, kalua jelas enggak bisa menekan pengeluaran, ya bikin penghasilan kamu yang makin besar. Klasik sih, tapi, yaaa… apa boleh buat, matematikanya emang gitu. 
Kedua, Sering Main Timbangan 
Ini sambil maen aja deh. Kalau kamu lagi pengen beli barang, coba letakkan barang itu di tangan kiri dan uang atau kartu debit di tangan kanan. Terus, coba kamu timbang-timbang dan pilih, lebih pengen barang yang disebelah kiri ataukan pengen duit atau kartu debit di sebelah kanan. 
Kebanyakan orang sih biasanya lebih memilih yang ada di kanan. Nah, dengan cara ini kamu menyelamatkan kantongmu dari pengeluaran yang labelnya cuma “pengen”, bukan “butuh”. 
Ketiga, Waspadai “Bunga Bangkai” 
Kalau beli suatu barang pake bunga, hati-hati aja! Salah satu biaya terbesar yang harus kamu bayarkan adalah bunga transaksi utang untuk membeli suatu barang. Belanjalah sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Gak semua bunga itu indah, kan! 
Keempat, Jangan Sok Mahal! 
Suka olah raga, gak harus yang berbiaya tinggi kan? Misalnya jalan cepat, lari, bersepeda, jogginghiking, trekking, ketimbang nge-gym. Harus banget pakai sepatu olah raga yang harganya sampe jutaan? Gak kan? 
Kelima, Jangan Baper, Pake Logika! 
Ga usah baperan saat kamu memilih hidup irit. Pakai aja logika. Kalau duit terkumpul kamu bisa beli rumah atau sekadar bayar DP-nya. Peduli amat orang mau ngomong apa. Pas rumah sudah kamu beli, mereka juga pasti bakal takjub kok! 
Keenam, Hindari Spekulasi 
Hindari duit tabunganmu itu untuk berinvestasi pada bisnis atau perusahaan yang kesannya keren dan bagus. Padahal kamu tidak mengerti jenis usahanya dan gak paham apa risikonya. Pelajari dan kenali bisnisnya, kalau kamu ragu, ya jangan mau. Gitu aja!
Bagikan: 3029 kali