Kehadiran lalat bukan cuma mengganggu, melainkan juga membahayakan kesehatan. Untuk itu, ketahui ca mengusir lalat yang mudah dan terbukti ampuh berikut ini!

cara mengusir lalat - rumah123.com

Ada beberapa hewan yang sangat tidak diinginkan kehadirannya di dalam rumah. Salah satunya adalah lalat. Bukan cuma mengganggu karena terbang ke sana ke mari, lalat juga menjadi sumber berbagai penyakit karena datang dari tempat-tempat kotor seperti tempat sampah, makanan basi, hingga kotoran hewan lainnya.

Ketika hewan tersebut masuk ke dalam rumah dan hinggap di makanan, tentu dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan anggota keluarga. Belum lagi jika lalat yang hinggap bertelur. Wah, bisa-bisa anggota keluarga di rumah. 

Dengan menggunakan cara mengusir lalat berikut ini, mereka dijamin tak akan datang lagi!

Ketika kamu mendapati kehadiran lalat di rumah, jangan biarkan dan segera usir lalat tersebut. Mungkin akan sulit, karena lalat terbang dengan sangat cepat. Tapi, masih banyak cara mengusir lalat yang mudah dan dijamin ampuh. Penasaran bagaimana? Simak artikel selengkapnya berikut  ini!

Buang sampah secara rutin

cara mengusir lalat - rumah123.com

Sampah selalu mengundang hewan-hewan kotor seperti lalat, kecoa, dan tikus. Untuk itu, penting sekali menjaga kebersihan rumah. Sapu seluruh bagian rumah hingga bersih secara rutin. Pastikan tidak ada sedikitpun sampah yang tersisa. Kalau bisa, jangan biarkan sampah rumah tangga menumpuk. Setor secara rutin hasil sampah rumahmu kepada petugas kebersihan yang mendatangi rumah.

Baca juga: 5 Cara Mengusir Kecoa Hingga Pergi dan Tak Kembali Lagi

Bersihkan kotoran binatang peliharaan

cara mengusir lalat - rumah123.com 

Lalat juga suka hinggap di kotoran binatang lain. Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, pastikan kotoran mereka dibersihkan setiap hari. Gunakan juga pasir wangi menggumpal, sehingga bau kotoran bisa sedikit tertutupi dan tak mengundang lalat untuk datang.

Gunakan bahan-bahan alami dari dapur

cara mengusir lalat - rumah123.com

Bahan-bahan alami yang ada di dapur selalu bisa diandalkan, termasuk untuk mengusir hewan-hewan kotor seperti lalat. Lalat tidak menyukai aroma beberapa bahan seperti daun pandan, kulit jeruk, garam, dan bawang putih. Kamu cukup meletakkan salah satu bahan tersebut di tempat yang kira-kira akan didatangi oleh lalat.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dengan Ampuh Menggunakan 9 Bahan Dapur

Pelihara tanaman karnivora

cara mengusir lalat - rumah123.com

Untuk kamu yang nggak mau repot membuat jebakan untuk lalat lalu membersihkannya, bisa membeli tanaman karnivora. Misalnya seperti tanaman kantong semar, atau venus fly trap. Tanaman-tanaman tersebut akan memakan serangga yang hadir. 

Gantung plastik berisi air 

cara mengusir lalat - rumah123.com

Cara satu ini memang bisa dibilang aneh, tapi masih banyak juga loh yang menggunakannya karena memang efektif mengusir lalat. Kamu bisa mengisi plastik dengan air hingga menggembung, dan gantungkan pada area yang sering didatangi lalat. Air yang membiaskan cahaya akan membuat lalat pergi dan takut untuk datang lagi.

Gunakan minyak kayu putih

cara mengusir lalat - rumah123.com

Punya minyak kayu putih di rumahmu? Manfaatkanlah untuk mengusir lalat. Aroma kayu putih yang kuat membuat lalat kabur. Cukup tuangkan sedikit minyak kayu putih di sekitar tempat yang kerap didatangi lalat, atau buka tutup botol kayu putih dan letakkan di tengah ruangan.

Jangan bersihkan sarang laba-laba

Mungkin sebagian dari kamu akan merasa terganggu dengan adanya sarang laba-laba di rumah. Tapi ternyata, laba-laba juga bisa membantu mengusir lalat dengan cara memangsanya. 

Itu dia 7 cara mengusir lalat yang mudah dan dijamin efektif. Yuk, coba sendiri di rumah dan buktikan sendiri keampuhannya!

Bagikan: 2682 kali