Biar asap di dapur tetap mengepul di tengah tantangan ekonomi akibat pandemi ini, kamu harus tahu cara mengatur keuangan rumah tangga berikut!

cara mengatur keuangan

Pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat besar tidak hanya pada sistem kesehatan publik saja, tapi juga kondisi ekonomi.

Banyak orang yang mengalami pemecatan akibat perusahaan yaang bangkrut atau berkurangnya kapasitas bisnis yang dijalankan. 

Kondisi ini merupakan momen yang krusial untuk belajar cara mengatur keuangan rumah tangga agar anggota keluarga tetap bisa bertahan dan terpenuhi kebutuhannya.  

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga 

Berikut beberapa tips terbaik yang bisa kamu coba untuk mengatur keuangan keluarga dengan lebih efektif dan efisien!

1. Buat Daftar Pengeluaran 

Membuat daftar pengeluaran bisa menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga terbaik yang dapat dilakukan. 

Dengan menggunakan daftar ini, kamu bisa mengetahui rincian pembelanjaan berbagai barang kebutuhan yang nantinya bisa digunakan untuk menentukan seberapa banyak uang yang dihabiskan setiap bulannya. 

Informasi ini bisa dimanfaatkan untuk menghitung budget yang bisa dihemat pada jenis pengeluaran tertentu. 

Durasi waktu yang biasa dipakai untuk membuat daftar pengeluaran bisa per minggu dan bulanan tergantung keperluanmu.

2. Kalender Tagihan 

Tak hanya membantu menunjukkan hari dan tanggal saja, kalender juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatur keuangan keluarga. 

Metode ini dikenal dengan istilah kalender tagihan, yaitu jadwal pembayaran berbagai pengeluaran dan pembelian barang kebutuhan yang perlu kamu selesaikan. 

Fungsi kalender tagihan ini adalah mempermudah kamu untuk menyelesaikan kewajiban pembayaran dengan tepat waktu. 

Misalnya kapan kamu harus membayar tagihan listrik, internet, telepon, PDAM, atau membeli sembako dan barang-barang keperluan rumah tangga. 

3. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Budgeting

Kenaikan harga barang dan jasa yang dapat mempengaruhi belanja bulanan dapat disiasati dengan cara menentukan budget

Cara mengatur keuangan yang selanjutnya adalah dengan membatasi nilai maksimum pada setiap budget kebutuhan. 

Gunakan harga rata-rata atau biaya yang biasa kamu keluarkan untuk jenis pengeluaran tertentu, lalu buat batas budget maksimal yang dapat digunakan. 

Langkah ini akan mencegah over budgeting, seperti saat kamu sedang menghitung rancangan anggaran biaya (RAB) untuk membangun atau melakukan renovasi rumah. 

4. Bagi Porsi Gaji 

Saat kamu menerima gaji setiap bulan, tantangan besar yang kerap dihadapi oleh banyak orang adalah melawan godaan untuk menghambur-hamburkan uang ke sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan. 

Agar kamu tidak sampai menyesal di akhir bulan karena kalap menghabiskan uang ke hal-hal yang sifatnya impulsif, penting untuk membuat yang namanya pembagian porsi gaji. 

Sisihkan minimal 30% gaji untuk simpanan darurat yang sifatnya tidak boleh disentuh kecuali untuk sesuatu yang mendesak.

Lalu sisa 40% ditabung atau beli investasi, dan 30% lainnya untuk memenuhi kebutuhan dasar serta hiburan pribadi. 

5. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan 

Di zaman yang serba canggih ini, kamu cukup menggunakan bantuan teknologi yang dapat mempermudah berbagai aktivitas, termasuk dalam manajemen keuangan. 

Sudah bukan zamannya lagi menulis di buku catatan setiap kamu membeli sesuatu, cara mengatur keuangan rumah tangga yang modern tinggal pakai HP saja. 

Banyak sekali aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store yang bakal membantumu untuk mencatat seluruh pengeluaran dengan detail.  

6. Pantau Pengeluaran 

Tidak hanya melakukan pencatatan saja, kamu juga harus rutin memantau pengeluaran yang ada. 

Salah satu cara mengatur keuangan keluarga yang efektif adalah dengan mengakumulasi total pengeluaran dan pendapatan di akhir periode yang sudah ditentukan. 

Misalnya setiap 2 minggu atau di akhir bulan satu kali, tergantung kondisi dan keinginanmu. 

Memantau pengeluaran dapat membantumu melihat pola konsumsi serta mencegah adanya transaksi yang tidak diinginkan. 

7. Cara Mengatur Keuangan dengan Dana Darurat

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, membagi porsi gaji secara rutin sudah jadi suatu kewajiban agar kondisi keuanganmu dapat tetap terjaga dengan baik. 

Dana darurat merupakan simpanan wajib yang pertama kali harus kamu buat karena sifatnya yang universal dan pasti akan berguna untuk semua orang. 

Dalam simpanan darurat ini kamu bisa menyimpan uang yang nantinya akan berguna untuk mengatasi masalah atau kejadian yang tidak diinginkan, seperti sakit atau kecelakaan. 

Temukan berbagai informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di Citra Indah City!

Bagikan:
1523 kali