Mulai terganggu dengan suara mendengkurmu sendiri? Coba deh, simak cara mengatasi ngorok yang dijamin ampuh berikut ini!

Ada banyak cara mengatasi ngorok yang mudah untuk diikuti - Rumah123.com Ada banyak cara mengatasi ngorok yang mudah untuk diikuti - Rumah123.com

Mendengkur alias ngorok merupakan kondisi di mana seseorang mengeluarkan suara keras ketika tidur. Biasanya mendengkur terjadi karena saluran pernapasan yang menyempit. Ruang pernapasan menyempit ini lah yang mencegah pergerakan udara bebas di mulut dan tenggorokan, sehingga jaringan di sekitarnya bergetar. Akhirnya, timbul lah suara dengkuran. 

Ngorok bisa dialami setiap orang, dan tak perlu terlalu dikhawatirkan. Bahkan menurut hasil penelitian, sekitar setengah dari populasi dunia pernah mendengkur, baik itu untuk sementara maupun seumur hidup. The American Academy of Sleep Medicine (AASM) juga mengatakan bahwa sebanyak 40% laki-laki memiliki kebiasaan mendengkur, dan wanita hanya 20%. 

Walaupun sangat umum terjadi, suara ngorok tetaplah mengganggu. Orang yang berada di kamar yang sama bisa saja terbangun karena suara ngorokmu. Kadang ketika kamu tertidur di tempat umum, suara dengkuran tersebut juga bisa membuatmu malu. Nah, sebenarnya, ada loh berbagai cara mengatasi ngorok yang bisa kamu lakukan di rumah. Walaupun tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, paling tidak intensitas mendengkurmu bisa berkurang. Seperti apa sih cara mengatasi ngorok? Langsung saja, simak tips selengkapnya di bawah ini!

Kurangi berat badan

Salah satu penyebab ngorok adalah kelebihan berat badan. Jaringan lemak yang berlebih di area leher akan meningkatkan peluangmu untuk tidur mendengkur. Apabila kamu merasa kelebihan berat badan, coba deh kurangi sedikit demi sedikit. Satu kilogram saja bisa sangat berpengaruh!

Hindari alkohol dan rokok

Alkohol, rokok, dan obat-obatan yang punya efek menenangkan memang bisa membuat tubuh lebih rileks. Mungkin kamu merasa lebih baik karena tubuh terasa lebih enteng. Tapi, efeknya akan memperparah ngorok-mu. Sebab otot-otot yang rileks akan meningkatkan risiko saluran udara yang tersumbat. Apabila kamu benar-benar sedang mencari cara mengatasi ngorok, segera tinggalkan alkohol da rokok.

Perbaiki pola tidur

Pola tidur yang buruk akan menyebabkan tubuh kelelahan. Tubuh yang kelewat lelah akan menimbulkan suara ngorok ketika tidur karena otot akan lebih rileks dari biasanya. Salah satu solusinya adalah dengan memperbaiki pola tidurmu. Melatih tubuh untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya akan mencegah kelelahan pada tubuh.

Ubah posisi tidur

Orang yang tidur dengan posisi telungkup cenderung lebih sering ngorok. Sebab, posisi tidur tersebut membuat lidah jatuh ke arah mulut, sehingga udara yang masuk pun akan tersumbat. Coba ubah posisi tidur dengan berbaring rata atau menyamping, sehingga pernapasan pun akan jadi lebih lancar. 

Mandi air hangat

Hidung tersumbat juga jadi penyebab mendengkur saat tidur. Cara mengatasi ngorok selanjutnya yang bisa diikuti adalah mandi air hangat. Saat kamu menggosok tubuh, uap panas akan bertindak sebagai dekongestan, membersihkan dan membuka saluran hidung. 

Minum banyak air

Ketika kamu kurang minum dan mengalami dehidrasi, mulut menjadi kering, dan lendir di mulut menjadi lengket. Ini membuat jaringan lunak lebih mudah bergetar, sehingga suara dengkuran menjadi semakin kuat. Untuk itu, pastikan tubuhmu berada dalam kondisi terhidrasi sebelum pergi tidur. 

Bernyanyi ketika mandi

Akhirnya, ada alasan untuk bernyanyi di kamar mandi! Sebab, bernyanyi bisa membantu memperkuat otot-otot di tenggorokan. Pemanasan sederhana bahkan memberikan efek dramatis pada pengurangan intensitas ngorok!

Bagikan: 1651 kali