Cara menanam kaktus menjadi salah satu bagian menarik yang bisa kamu lakukan sembari berlibur di rumah.

Untuk diketahui, tanaman kaktus tidak hanya sekadar menjadi tanaman hias saja, melainkan juga memiliki banyak nutrisi dan serat yang baik pada sisi batangnya.

Selain itu, cara menanam kaktus yang mudah juga menjadi pertimbangan menarik supaya tampil estetis di halaman rumah.

Lantas, seperti apa cara menanam kaktus bagi pemula di rumah? Simak pembahasannya bersama-sama!

Cara menanam kaktus untuk pemula secara step by step 

Bagi para pemula terkadang cara menanam kaktus cenderung sensitif, mengingat teksturnya yang berduri.

Oleh sebab itu, kamu pun diharuskan untuk berhati-hati saat menanam kaktus di rumah berdasarkan langkah-langkah berikut : 

1. Menyiapkan material beserta media tanam 

cara menanam kaktus Sumber: Tokopedia

Sebelum  kamu mengetahui cara menanam kaktus di rumah, pastikan perlengkapan dan media tanaman kaktus sudah dipersiapkan terlebih dahulu.

Ada beberapa perlengkapan yang harus kamu siapkan dengan rincian sebagai berikut :

- Kombinasi tanaman kaktus maupun beserta tanaman komplementernya, baik sukulen, cocor bebek maupun tanaman hias lain yang sesuai dengan karakter kaktus.

- Pot bunga berkarakter lebar dengan diameter 30cm, dan tinggi 20cm. - Kaktus dalam pot kecil. - Sarung tangan untuk berkebun.  - Penjepit  - Kerikil  - Media tanam  - Sendok teh  - Hiasan dekoratif yang kamu inginkan sesuai tema 

Pastikan semua perlengkapan tersebut sudah tersedia untuk mempersingkat waktu, sekalipun mempermudah proses maupun cara menanam kaktus di rumah.

Baca Juga : 8 Tips Merawat Tanaman Kaktus di Dalam Ruangan Agar Tetap Hidup

2. Mencari lokasi yang tepat untuk kaktus 

tanaman kaktus

Ya, cara menanam kaktus selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menentukan lokasi pot tanam yang kamu inginkan sesuai kebutuhan.

Adapun, kaktus memiliki kemampuan yang sangat adaptif, sekalipun dalam kondisi kekeringan karena adanya cadangan air pada sisi dalamnya.

Jika tanaman kaktus yang kamu tanam adalah kaktus gurun, kamu pun tak perlu menanamnya berhadapan langsung dengan matahari

Sementara, apabila kaktus yang ditanam adalah kaktus hutan maka kamu pun diharuskan untuk menanam di dekat matahari, mengingat kaktus ini sangat suka dengan cahaya matahari.

3. Masukkan media tanam ke dalam pot 

cara menanam kaktus Sumber: gardenersworld.com

Pertama, cara yang bisa kamu lakukan adalah meletakkan kerikil ke dasar pot tanam, sekalipun tidak perlu memenuhi permukaan pot.

Kamu pun cukup menanam dengan komposisi ⅓ dari tinggi pot, karena kebanyakan kaktus memiliki akar yang dangkal, lalu taburkan tanah di atasnya.

Selanjutnya, siapkan lubang berukuran diameter tanaman kaktus yang sudah ditanam pada pot sebelumnya.

Supaya tekstur kaktus tetap dalam kondisi hangat, kamu pun bisa menutupnya dengan botol plastik bening atau wadah sejenis selama proses penanaman.

4. Memindahkan kaktus ke dalam pot 

cara menanam kaktus Sumber: gardenersworld.com

Saat memindahkan kaktus maupun sukulen pada pot sebelumnya, kamu pun harus menyiapkan alas untuk mempermudah proses pemindahan supaya tetap steril dan bersih.

Apabila kaktus dan sukulen tersebut sudah bersih dan padat, maka kaktus diberi penjepit untuk menuju lubang yang sudah dipersiapkan.

5. Padatkan permukaan tanah 

cara menanam kaktus Sumber: gardenersworld.com

Setelah kaktus dipindah ke dalam pot dengan sempurna, kamu pun bisa menekannya ke dalam permukaan tanah.

Untuk meningkatkan kepadatan tanah, kamu pun bisa menggunakan sendok teh baik pada kaktus maupun tanaman komplementer pada sisi samping.

6.  Semprotkan dengan air hangat sebagai salah satu cara menanam kaktus 

cara menanam kaktus

Apabila kaktus dan sukulen sudah ditanam secara bersamaan, kamu pun bisa menyemprotkan sedikit air hangat pada permukaan tanah.

Cara menanam kaktus dengan air hangat bertujuan supaya akar dan rongga kaktus agar tidak mudah kering dalam beberapa hari.

7.  Menambah hiasan dalam bentuk ornamen

cara menanam kaktus Sumber: gardenersworld.com

Untuk menghasilkan tema dekoratif pada sisi teras maupun halaman belakang rumah, kamu pun bisa mengutamakan aspek kreativitas sebagai cara menanam kaktus bagi pemula.

Bukan hanya sekadar tampil dengan rapi, cara menanam kaktus secara unik juga bisa kamu terapkan supaya terlihat anti mainstream.

Kamu pun bisa menambah hiasan pasir maupun batu alam, maupun berbagai aksen menarik termasuk diorama dengan iklim seperti berada di gurun.

Baca Juga : 8 Cara Merawat Tanaman Sukulen untuk Menghasilkan Suasana Asri di Rumah

Demikian beberapa cara menanam kaktus yang perlu kamu ketahui supaya tampil secara unik dan estetis di rumah.

Yuk, cari tahu inspirasi menarik seputar cara membangun rumah, selengkapnya di artikel.rumah123.com.

"Sedang mencari rumah 2 tingkat dengan harga terjangkau? Kamu bisa pilih Prima Harapan Regency Bekasi di sini selengkapnya."

Bagikan:
3359 kali