Merapikan pakaian kusut dengan cara digantung, gak butuh setrika! - Rumah123.com Merapikan pakaian kusut dengan cara digantung, gak butuh setrika! - Rumah123.com

Dari sekian banyak pekerjaan rumah tangga, menyetrika adalah kegiatan yang paling tak disukai hampir semua orang. Butuh konsentrasi dan tenaga lebih untuk membuat pakaian kusut menjadi rapi kembali. Untuk merapikan satu keranjang pakaian saja, butuh waktu berjam-jam. Adakah kira-kira cara ampang untuk melakukan kegiatan satu ini?

Jawabannya, ada! Bahkan, kamu gak memerlukan kehadiran setrika di sini. Dengan 7 cara ini, kamu tak perlu lagi mengeluarkan ekstra tenaga dan waktu, dan pakaian semua anggota keluarga pun bisa rapi dengan cepat!

Gunakan panci logam

Salah satu trik tertua untuk menghilangkan kerutan pada pakaian tanpa setrika adalah dengan menggunakan panci logam yang biasa digunakan untuk merebus mie instan. Yap, cara satu ini mungkin sudah sering kamu dengar, karena sudah diaplikasikan sejak zaman dulu.

Cara menggunakannya, pastikan bagian pantat panci bersih, didihkan dengan air, dan buang air di dalamnya. Gunakan pantat panci selayaknya kamu menggunakan setrika. Penggunaan panci logam menjadi lebih efektif karena uap bekas rebusan air sebelumnya bisa menghilangkan kusut pakaian favoritmu!

Letakkan handuk basah di atas pakaian

Cara satu ini bisa dilakukan jika kamu benar-benar tak memiliki setrika. Siapkan handuk basah dan pakaian yang mau dirapikan. Letakkan pakaian di atas lantai atau permukaan yang datar, seperti meja misalnya. Tutup bagian pakaian yang kusut dengan handuk basah. lalu tekan menggunakan tangan. Apabila bagian yang kusut sudah terlihat rapi, angkat handuk dan biarkan pakaian mengering. 

Baca juga: Cuma Modal Baking Soda, 9 Benda di Rumah Ini Bisa Langsung Bersih!

Gantung pakaian di kamar mandi 

Cara ini telah teruji oleh banyak orang sejak dulu dan terbukti berhasil merapikan pakaian kusut lebih cepat ketimbang setrika. Tutup jendela dan pintu di kamar mandi, lalu gantung pakaian yang kusut pada pintu shower. Lanjutkan rutinitas mandi-mu, dan selesai mandi, dijamin pakaian yang digantung akan rapi dengan sendirinya.

Gulung pakaian dan letakkan di bawah kasur

Mau cara yang lebih gampang lagi? Coba gulung pakaian yang mau dirapikan seperti kamu menggulung burrito. Letakkan di bawah kasur selama satu jam, dan bawa tidur. Setelah kamu bangun, pakaian pun akan rapi dan bebas kusut.

Semprotkan cairan cuka putih

Tahukah kamu, bahwa cuka punya banyak kelebihan lain di samping menjadi bahan masakan? Salah satunya untuk menghilangkan kusut pada pakaian. Campur cuka putih dengan air biasa dengan perbandingan 1:3, semprotkan ke pakaian, dan biarkan mengering.

Baca juga: 8 Cara Gampang Bersihkan Noda Membandel Pada Pakaian Hingga Sepatu

Masukkan es batu pada pengering mesin cuci

Terdengar aneh memang, tapi siapa sangka cara ini terbukti berhasil. Setelah mencuci baju, masukkan beberapa balok es batu ke mesin pengering. Trik satu ini bisa kamu aplikasikan untuk dua sampai lima baju dalam satu kali pencucian. Hindari memasukkan pakaian terlalu penuh karena cara ini tak akan bekerja untuk pakaian yang terlalu banyak. Es batu nantinya akan meleleh dan menghasilkan uap, sehingga pakaian jadi lebih rapi. 

Gunakan hair dryer

Jika kamu berada di hotel dan harus mengantre untuk meminjam setrika, coba saja gunakan hair dryer yang tersedia di kamar. Atur hair dryer dengan mode suhu paling tinggi, dan arahkan ke bagian pakaian yang kusut. Niscaya, pakaianmu akan rapi kembali!

Bagikan: 1882 kali