Liebian International Building, China Memiliki Tinggi 121 Meter, Sementara Air Terjun Buatan Mempunyai Tinggi 108 Meter (Foto: Rumah123/Dezeen)

Jewel Changi Airport akan diresmikan sebentar lagi. Bandara ini memiliki air terjun indoor tertinggi di dunia. Sebenarnya, banyak bangunan yang memasukkan fitur air terjun besar, salah satunya di Indonesia lho.

Biro arsitek asal Israel, Moshe Safdie Architects mendesain air terjun di Jewel Changi Airport setinggi bangunan tujuh lantai. Air terjun ini akan menjadi pusat perhatian di bandara.

Sebelumnya, sudah ada sederetan bangunan lainnya yang memasukkan fitur air terjun berukuran besar. Bangunan apa saja yang masuk daftar?

Baca juga: Wow Dahsyat, Rumah Ini Dijual dengan Bonus Water Park!

Pertama, Liebian International Building, China. Kantor dari perusahaan Ludi Industry Group ini memiliki air terjun pada fasadnya. Gedung ini mempunyai tinggi 121 meter, sementara air terjun memiliki ketinggian 108 meter.

Kedua, Fallingwater, Amerika Serikat. Rumah ini didesain oleh arsitek legendaris Frank Lloyd Wright dan menjadi karya terbaik arsitektur di AS sepanjang sejarah. Rumah ini mempunyai air terjun setinggi sembilan meter.

Ketiga, Gedung Air Terjun, Indonesia. Gedung ini berada di Taman Wisata dan Buah Mekarsari, Bogor. Ada air terjun setinggi tujuh lantai yang mengalir ke danau. Gedung ini merupakan bangunan pengelola taman.

Gardens by The Bay, Singapura Memiliki Air Terjun Buatan Setinggi 30 Meter. Taman Tropis Ini Didesain oleh Arsitek Inggris, Wilkinson Eyre (Foto: Rumah123/Dezeen)

Baca juga: Gedung Pencakar Langit Ini Punya Air Terjun Setinggi 108 Meter

Keempat, Tugu Peringatan 9/11. Kawasan ini didesain oleh arsitek Michael Arad dan arsitek lansekap Peter Walker untuk mengenang peristiwa 11 September 2001. Ada air mancur yang masuk ke dalam, lokasinya berada di bekas World Trade Center.

Kelima, Waterfall, Prancis. Seniman keturunan Denmark-Islandia, Olafur Eliasson memasang air terjun di Grand Canal di Istana Versailles, Paris, Prancis. Instalasi berukuran besar ini dirancang untuk memberikan impresi air terjun dari kolam ke udara.

Keenam, Casa Cascada, Kosta Rika. Casa Cascada berarti Rumah Air Terjun berlantai empat yang didesain oleh Laboratory Sustaining Design. Ada air terjun dari kolam renang yang berada di lantai pertama ke taman yang berada di lantai dasar.

Baca juga: Bandara Singapura Miliki Air Terjun Indoor Tertinggi di Dunia, Wah Kalah Nih Indonesia

Ketujuh, Gardens by the Bay, Singapura. Taman tropis berukuran besar ini didesain oleh arsitek Inggris, Wilkinson Eyre dan arsitek lansekap Grant Associates. Ada air terjun buatan setinggi 30 meter.

Dari sederetan bangunan dengan air terjun ini, kamu pernah mengunjungi yang mana? Mungkin kamu pernah ke Gardens by the Bay, tetapi belum pernah ke Mekarsari nih.

Gedung dengan Air Terjun Ini Berada di Taman Wisata dan Buah Mekarsari, Bogor. Kamu Pernah Berkunjung ke Sini Ga? (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1201 kali