Ini dia beberapa alat rumah tangga yang harus rutin dijemur biar ga lembab dan jamuran!

Handuk adalah alat rumah tangga yang harus rutin dijemur - Rumah123.com Handuk adalah alat rumah tangga yang harus rutin dijemur - Rumah123.com

Ketika memasuki musim hujan, banyak barang-barang rumah yang akan lembab. Ditambah lagi jika hujan seharian, ruangan hunian kamu akan terasa dingin terus-terusan. Saat matahari muncul, segeralah untuk membereskan semua barang-barang yang lembab tadi supaya tidak jamuran dan dapat digunakan kembali. Berikut beberapa barang yang harus kamu jemur supaya tidak lembab.

Kasur, bantal, guling

Peralatan tidur ini harus kamu jemur secara rutin. Banyak orang yang tidak menyadari jika kasur, bantal, guling yang digunakan untuk tidur setiap harinya mengandung banyak bakteri. Ditambah lagi saat musim hujan, barang-barang tersebut akan mengalami kelembaban yang dipengaruhi ruangan yang dingin secara terus-menerus. Untuk itu, kamu harus menjemurnya sering-sering jika tidak ingin menimbulkan penyakit akibat dari bakteri-bakteri yang menumpuk pada peralatan tidur.

Handuk

Peralatan mandi satu ini merupakan alat rumah tangga yang paling sering digunakan dan tentunya menghasilkan bakteri jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Setelah menggunakannya, kamu harus menjemur handuk di bawah paparan sinar matahari. Sifat handuk yang berbulu dan akan lembab setelah digunakan akan membuat terkumpulnya bakteri jika kamu tidak langsung menjemurnya. Jika kamu mengabaikannya, yang akan kamu rasakan nantinya adalah mendapatkan penyakit kulit yang membuat kulitmu menjadi jelek. Dan jangan lupa untuk mengganti handuk mu maksimal seminggu sekali  supaya kulit tidak terpapar penyakit dari bakteri yang menempel di handukmu.

Karpet

Alat rumah tangga yang hampir selalu ada di hunian ini ternyata tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Bakteri-bakteri atau kuman yang berada di karpet hunian kamu biasanya disebabkan karena banyaknya kaki atau barang lain yang melewati karpet tersebut dan menyebabkan bakteri hinggap di karpet kamu. Beda hal nya dengan handuk, karpet bisa dicuci sebulan sekali tetapi dengan diimbangi dengan menjemur karpet tersebut. Tujuannya untuk mematikan bakteri-bakteri yang berada di dalam karpet tersebut.

Boneka

Selanjutnya, boneka merupakan salah satu barang yang sering ada di hunian kamu. Khususnya jika kamu mempunyai anak perempuan pasti banyak memiliki banyak koleksi boneka. Boneka sering dimainkan oleh anak perempuan, dengan begitu terkadang boneka banyak bakteri yang disebabkan oleh tempelan dari biskuit yang berhamburan, minuman yang tumpah ataupun makanan yang jatuh. Ditambah lagi dengan debu-debu yang menempel dari kotornya sebuah ruangan. Dengan begitu kamu harus sering-sering menjemur boneka-boneka tersebut supaya tidak menimbulkan bakteri dan tidak menyebabkan anak kamu menjadi sakit karena debu-debu yang menempel pada bonekanya.

Helm

Lalu barang selanjutnya yang perlu sering-sering untuk dijemur adalah helm. Salah satu barang yang wajib untuk dijemur. Pasalnya, helm yang sering digunakan biasanya banyak menumpuk banyak bakteri. Terlebih lagi jika helm tersebut sering terkena hujan dan menyebabkan kelembapan yang tidak hanya menimbulkan bakteri tetapi juga menimbulkan bau apek yang sangat mengganggu. Untuk itu, saat sudah sering dipakai atau sehabis kena hujan ada baiknya kamu segera menjemur helm kamu atau bahkan mencuci helm kamu supaya lebih enak lagi saat dipakai.

Baca juga: Seberapa Sering Selimut, Handuk, Seprai dan Kain di Rumah Lainnya Dicuci?

Jaket

Untuk kamu yang sering berkendara, biasanya kamu tidak hanya memerlukan helm sebagai pelindung dan pelengkap saat berkendara. Tetapi kamu juga membutuhkan jaket sebagai pelengkap berkendara. Terkadang, jika sehabis sering dipakai, kamu akan lupa untuk menjemur atau bahkan lupa untuk mencucinya. Hal tersebut merupakan hal yang salah karena dapat menimbulkan bakteri tertumpuk di jaket kamu. Bahkan lebih parahnya, akan menimbulkan penyakit kulit karena terpapar dari jaket yang tidak sering dijemur atau dicuci. Untuk itu kamu harus sering-sering menjemurnya ya supaya jaket kamu tetap nyaman saat dikenakan.

Tanaman hias indoor

Bagi kamu pecinta tanaman hias indoor, ternyata tidak bagus jika membiarkannya secara terus-terusan berada didalam rumah. Nyatanya, tanaman hias indoor juga butuh asupan sinar matahari loh. Jika tidak, biasanya tanaman hias kamu akan layu dan tidak segar seperti semula. Selain itu, nantinya akan menimbulkan kelembaban pada tanaman yang menyebabkan timbulnya bau pada tanaman tersebut. Untuk itu, kamu harus sering menjemurnya dibawah paparan sinar matahari untuk menghasilkan tanaman yang tetap segar.

Nah, itu lah beberapa alat rumah tangga ada di hunianmu dan awamnya barang-barang tersebut memerlukan paparan sinar matahari langsung untuk tetap menjaga kualitas barang-barang yang kamu cintai.

 

Bagikan:
3225 kali