Walaupun sering bersih-bersih rumah, 12 titik ini sering terlupakan - Rumah123.com Walaupun sering bersih-bersih rumah, 12 titik ini sering terlupakan - Rumah123.com/Getty Images

Ketika bersih-bersih rumah, kamu pasti tak pernah lupa untuk membersihkan bagian-bagian yang esensial seperti meja, lantai, jendela. Tapi, bagaimana dengan bagian yang kecil dan mudah dilewatkan?

Di setiap ruangan di rumah, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, hingga dapur, ada bagian yang sering terlupakan untuk dibersihkan. Padahal, titik-titik tersebut merupakan titik paling kotor di rumah. Titik mana sajakah itu? Di artikel ini, Rumah123.com akan membagikan informasi selengkapnya!

Laci meja

Bagian permukaan meja sudah pasti jadi titik yang dibersihkan. Namun, seringkali kamu lupa dengan bagian bawahnya, seperti bagian laci meja misalnya. Walaupun posisinya vertikal, bukan berarti pintu laci tak bisa terkena debu. Serpihan makanan yang diletakkan di atas meja bisa jatuh tanpa disadari dan meninggalkan kotoran pada bagian laci. Debu yang dilap dari bagian permukaan juga bisa berpindah ke bawah. Untuk itu, pastikan untuk membersihkan laci meja seminggu sekali menggunakan kain yang dibasahi air panas dan cairan pembersih. 

Gagang pintu kulkas

Sebagian besar dari kita pasti membersihkan isi kulkas secara rutin. Tapi lain halnya dengan bagian luar, khususnya bagian gagang pintu. Bakteri yang berada di dapur sangat mudah berpindah. Ketika kamu baru datang dari luar rumah, pasti sering refleks memegang gagang pintu kulkas.

Saat itulah kuman akan menempel di sana. Belum lagi, bahan makanan sendiri mengandung banyak bakteri. Saat makanan dimasukkan ke dalam kulkas, otomatis kuman ikut berpindah ke gagang pintu kulkas. Lakukan desinfeksi secara rutin pada gagang pintu kulkas agar dapur bebas dari kuman. 

Sisi belakang furnitur

Pernahkah kamu menemukan tumpukan debu ketika membersihkan lemari atau furnitur berat lainnya? Yap, ini terjadi karena kamu kerap melupakan bagian ini untuk dibersihkan. Untuk masalah ini, kami sarankan kamu untuk pindahkan furnitur dan bersihkan setiap beberapa bulan.

Keset kamar mandi

Kapan terakhir kali kamu membersihkan keset kamar mandi? Mungkin, kamu berpikir bahwa benda satu ini hanya berfungsi untuk diinjak, jadi tak masalah jika tak dibersihkan secara rutin. Padahal, keset kamar mandi yang kondisinya hampir selalu basah bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri. Sebaiknya, cuci dan ganti keset kamar mandimu seminggu sekali. 

Mainan anak

Para orang tua wajib tahu! Mainan anak-anak merupakan salah satu sumber bakteri. Kecuali kamu disiplin untuk memastikan anakmu cuci tangan selama 10 menit sekali, sebaiknya kamu mencuci mainan anak tiap satu minggu sekali untuk memastikan kebersihannya. 

Keyboard laptop/komputer

Selama ini mungkin kamu hanya fokus untuk membersihkan layar, karena noda kotor sedikit akan sangat mengganggu penglihatanmu ketika bekerja. Tapi coba lihat ke arah keyboard laptop atau komputer. Kotor sekali kan? Apalagi jika kamu bekerja sambil makan, pasti serpihan makanan ada di sela-sela tombol. Bersihkan keyboard dengan rutin menggunakan kuas agar partikel kotoran terkecil pun bisa ikut hilang. 

Bagikan: 2262 kali